Sukses

William Tanuwijaya Kini Jadi co-Chairman GoTo, Lepas Jabatan CEO Tokopedia

Melalui pesannya pada karyawan Tokopedia, Gojek, dan GoTo, William Tanuwijaya mengumumkan kini akan lebih fokus pada grup perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - William Tanuwijaya mengumumkan dalam waktu dekat akan mulai melepas perannya sebagai CEO Tokopedia. Sebagai gantinya, tongkat kepemimpinan perusahaan akan diserahkan pada Melissa Siska Juminto.

Informasi ini diketahui dari pesan William berjudul Back to the board yang ditujukan pada karyawan Tokopedia (Nakama), Gojek (GoTroops), dan GoTo (GTF Makers), serta diunggah melalui akun LinkedIn-nya.

Mengutip pesan tersebut, Kamis (9/2/2023), William kini akan mengambil peran aktif dan lebih besar di grup perusahaan dengan menjadi co-Chairman GoTo. Sementara di Tokopedia, ia akan mengambil peran sebagai Chairman.

Di samping itu, William juga menuliskan, Agus Martowardojo yang saat ini menjadi Presiden Komisaris Tokopedia turut bergabung menjadi Dewan Komisaris GoTo.

"Lewat peran baru saya selaku co-Chairman GoTo dan Chairman Tokopedia, saya akan membantu Andre Soelistyo, Group CEO GoTo untuk menyelesaikan pekerjaan rumah jangka pendek, menengah dan panjang," tulisnya melanjutkan.

Co-founder Tokopedia itu menuturkan, dengan peran baru ini, ia akan berfokus membangun GoTo menjadi salah satu perusahaan paling bermakna di dunia, yang akan terus hadir berkontribusi.

"Institusi yang diingat karena kualitas manusianya dan dampak organisasinya, ibarat sebuah universitas," tulisnya.

Dengan peran baru ini, ia juga ingin bisa menjadi guru sekaligus murid para pemimpin-pemimpin masa depan GoTo, Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.

"Karena saya yakin, ada banyak pelajaran kepemimpinan dan kehidupan yang dapat saya pelajari dari setiap pribadi kalian. Dan, saya tidak sabar untuk menemukan itu semua," tulis William menutup pesannya tersebut.

Sebelumnya, GoTo memang telah mengumumkan jajaran kepemimpinan yang lebih kuat untuk meningkatkan tata kelola Perseroan sekaligus menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat untuk mendorong bisnis menuju profitabilitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rombak Jajaran Pengurus, Analis Sebut GOTO Bakal Dapat Sentimen Positif

Perlu diketahui, GoTo bakal merombak jajaran komisaris dan direksi. Hal itu menjadi sentimen positif bagi GOTO.

GOTO menunjuk Mantan Gubernur Bank Indonesia 2013-2018 Agus Martowardojo dan Co-founder Northstar Group Patrick Walujo. Selain itu, ada nama Marjorie Lao untuk menjabat sebagai komisaris independen dan Winato Kartono sebagai komisaris.

Senior Investment Information Mirae Asset, Nafan Aji Gusta menilai perubahan jajaran pengurus memberikan sentimen positif bagi GOTO.

"Kalau dari sisi track record itu masih positif, tapi yang diharapkan investor itu mudah-mudahan membawa perubahan yang lebih baik. Harapannya membawa hal baik terhadap manajemen GOTO," kata Nafan kepada awak media, Kamis (9/2/2023).

3 dari 4 halaman

Dampak Perubahan Komisaris dan Direksi

Dia menuturkan, dengan adanya perubahan komisaris maupun direksi akan membuat pendapatan dan laba menjadi lebih baik.

"Harapannya kinerja dari top line performa baik sehinggga dari sisi bottom line profitable," kata dia. 

Selain itu, kinerja fundamental GoTo Gojek Tokopedia diharapkan akan membaik ke depannya. Hal tersebut bisa dilihat dari pergerakan harga sahamnya.

"Supaya ke depannya investor berharap kinerja fundamental membaik. Hal tersebut bisa tercermin dari pegerakan harga sahamnya," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Gelar RUPSLB, GOTO Ajukan Agus Marto dan Patrick Walujo Masuk Jajaran Komisaris

Perlu diketahui, GoTo mengumumkan perubahan komirasi dan direksi yang dilakukan merupakan bagian dari Pemanggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 2 Maret 2023.

Salah satu agenda dalam RUPSLB tersebut adalah pengajuan perubahan jajaran dewan komisaris, direksi, serta penunjukan komisaris independen baru.

Dengan persetujuan para pemegang saham pada RUPSLB, GOTO akan memperkuat serta memperkaya keberagaman dewan komisarisnya. 

Perseroan akan mengajukan Agus D. W. Martowardojo untuk menjabat sebagai Komisaris Perseroan. Agus Martowardojo memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang perbankan dan keuangan.

Direktur Utama GoTo Andre Soelistyo megatakan, sebuah kehormatan bagi perusahaan menyambut pencalonan Agus Martowardojo sebagai Komisaris GoTo. 

Selain itu, ada Marjorie Lao untuk menjabat sebagai Komisaris Independen. Ia dikenal sebagai anggota Direksi di Logitech dan anggota Dewan Penasihat Eropa di Harvard Business School.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.