Sukses

Unboxing Samsung Galaxy S23 Ultra 5G yang Punya Kamera 200MP

Biar tidak galau dan pensaran, berikut sejumlah foto unboxing Galaxy S23 Ultra 5G yang didukung dengan kamera 200MP.

Liputan6.com, Singapura - Samsung Galaxy S23 Ultra 5G jadi perangkat paling flagship di seri Galaxy S23. Di antara ketiga perangkat, Galaxy S23 Ultra menjadi satu-satunya smartphone yang didukung oleh lensa 200MP dengan sensor ISOCELL HP2.

Sensor kamera yang ditingkatkan ditambah dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy, memungkinkan kinerja pemrosesan foto dan video jadi lebih cepat dan hasilkan gambar lebih jernih dan tajam di kelasnya.

Galaxy S23 Ultra sendiri memiliki layar seluas 6,8 inci dengan resolusi QHD+. Masih seperti pendahulunya, Galaxy S23 Ultra didukung dengan layar lengkung di kedua sisi, namun lengkungannya agak lebih datar.

Samsung mengklaim perubahan di sisi desain layar ini membuat pengguna bisa menggenggam perangkat dengan lebih nyaman. Selain itu, penggunaan S Pen juga lebih maksimal.

Samsung Galaxy S23 Ultra dijual di Indonesia dengan RAM 12GB dan sejumlah opsi storage, yakni 256GB, 512GB, dan 1TB. Perangkat yang dibanderol mulai dari Rp 19.999.000 hingga Rp 25.999.000 ini hadir dalam empat opsi warna.

Keempat opsi warna tersebut adalah Phantom Black, Cream, Green, dan Lavender. Ada pula opsi empat opsi warna limited edition yang hanya bisa dipesan di masa pre-order Samsung Galaxy S23, mulai 2-23 Februari 2023.

Tekno Liputan6.com berkesempatan melakukan unboxing Samsung Galaxy S23 Ultra, terutama untuk perangkat warna Cream. Berikut adalah sejumlah foto-foto unboxing-nya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kotak Tanpa Adaptor Pengisian Daya

Beberapa tahun belakangan, Samsung sudah tidak lagi menyertakan adaptor pengisi daya di kotak penjualan smartphone-nya, terutama di versi flagship. Imbasnya, kotak penjualan jadi lebih ramping. 

Namun uniknya, di Galaxy S23 Ultra, Samsung sepenuhnya menggunakan material daur ulang untuk boks penjualan. Hal ini dilakukan Samsung sebagai salah satu upaya berkelanjutannya, memberikan dampak yang lebih baik terhadap lingkungan. 

Apa Saja di Dalam Kotak Penjualan Samsung Galaxy S23 Ultra?

Seperti biasanya, pengguna hanya akan mendapatkan satu unit smartphone, dalam hal ini, adalah unit Galaxy S23 Ultra warna Cream. Lalu, ada juga kabel USB type C to C untuk keperluan mengisi daya dan mentransfer data. 

Sekadar informasi, Galaxy S23 Ultra didukung kemampuan baterai 5.000mAh. Perangkat ini mendukung pengisian daya cepat dengan daya 45W. Di mana jika diisi dengan pengisian daya cepat tersebut, perangkat akan terisi 65 persen dalam waktu 30 menit. 

<p>Kemasan penjualan Samsung Galaxy S23 5G, perangkat ini tidak menyertakan kepala adaptor. Dengan begitu konsumen bisa membelinya, atau bagi mereka yang sebelumnya memakai smartphone Samsung bisa memakai adaptornya untuk mengisi daya. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani).</p>

Kamu juga akan mendapatkan SIM card ejector dan juga manual book penggunaan perangkat, seperti tertera dalam foto di atas. 

3 dari 6 halaman

Layar Luas dan Dukungan S Pen

Seperti disebutkan di atas, Galaxy S23 Ultra memiliki layar seluas 6,8 inci dengan resolusi QHD+. Masih seperti pendahulunya, Galaxy S23 Ultra didukung dengan layar lengkung di kedua sisi, namun lengkungannya agak lebih datar.

Samsung mengklaim perubahan di sisi desain layar ini membuat pengguna bisa menggenggam perangkat dengan lebih nyaman. Selain itu, penggunaan S Pen juga lebih maksimal.

Sayangnya, Samsung belum memberikan peningkatan pada kemampuan S Pen. S Pen Galaxy S23 Ultra ini memiliki latensi 2,8 milisekon yang memungkinkan untuk menulis di layar dengan cukup real-time. 

<p>Galaxy S23 Ultra 5G juga didukung S Pen yang tertambat di bodi bawah smartphone. Sayangnya, belum ada peningkatan S Pen jika dibandingkan pendahulunya. Samsung masih menggunakan latensi 2,8 milisekon dengan kemampuan yang sama. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani). </p>

4 dari 6 halaman

4 Opsi Warna

Seperti disebutkan pula, Galaxy S23 Ultra hadir dalam empat opsi warna yakni Phantom Black, Cream, Green, dan Lavender.

Khusus masa pre-order, terdapat empat warna limited edition yakni Sky Blue, Red, Lime, dan Graphyte. Warna Cream hadir dengan frame grey dan S Pen warna hitam. 

Masih mengusung bahasa desain seperti pendahulunya, Galaxy S23 Ultra terlihat sekilas mirip dengan Galaxy S22 Ultra di bagian bodi belakang. Meski begitu kalau diperhatikan dengan seksama, cincin-cincin kamera di Galaxy S23 Ultra ini agak lebih besar. 

 

5 dari 6 halaman

5. Kamera

Hadir dengan cincin kamera yang lebih besar dibanding pendahulunya, Samsung juga menjanjikan peningkatan di sisi kamera, berkat dukungan sensor 200MP ISOCELL HP2. Penggunaan chipset Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy pun berpengaruh terhadap kualitas foto yang dihasilkan. 

Pasalnya menurut Samsung dan berdasarkan experience kami, pemrosesan gambar menjadi lebih cepat dan hasilnya pun lebih jernih, tajam, dan lebih baik. 

Sekadar informasi, Samsung Galaxy S23 Ultra 5G didukung dengan sejumlah kamera yakni, kamera wide 200MP. Kamera utama ini menggunakan sensor ISOCELL HP2 dengan f1.7 dan sudut lebar 85 derajat.

Kamera lain di bodi belakangnya adalah telephoto 10MP dengan 3x optical zoom, f2.4, dan FOV 36 derajat. Lalu ada pula kamera telephoto 10MP dengan kemampuan 10x optical zoom, f4.9, dan FOV 11 derajat. Lalu ada kamera ultra-wide angle 12MP f2.2 dan FOV 120 derajat.

Kemudian, Samsung menurunkan besaran resolusi untuk kamera selfie di Galaxy S23 Ultra 5G. Sebelumnya pada Galaxy S22 Ultra, kamera selfienya menggunakan resolusi 40MP.

Namun, di Galaxy S23 Ultra 5G Samsung menyematkan kamera depan 12MP dengan f2.2 dan FOV 80 derajat. Kamera selfie Samsung Galaxy S23 Ultra 5G meski kini resolusinya turun menjadi 12MP sudah memiliki dukungan two-phase detection aufotocus. Metode ini biasanya dipakai di kamera belakang untuk meningkatkan akurasi foto di kondisi minim cahaya, bokeh, dan autofokus.

Dengan metode ini, kini kamera selfie Galaxy S23 Ultra 5G bisa lebih cepat mengambil gambar bokeh dan fokus yang lebih cepat.

 

<p>Kamera di Galaxy S23 Ultra 5G mengusung sensor 200MP ISOCELL H2, ditambah dengan kemampuan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 Mobile platform for Galaxy, kekuatan pemrosesan foto dan video menjadi lebih cepat dan hasilkan gambar yang lebih baik. (Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)</p>

Bagaimana menurut kamu, apakah Galaxy S23 Ultra 5G layak jadi daily driver kamu selanjutnya? Warna apa yang kamu sukai?

(Tin/Isk)

6 dari 6 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.