Sukses

Aksi YouTuber MrBeast Bantu 1.000 Orang Buta Operasi Katarak, Ada Indonesia

YouTuber MrBeast kembali bikin aksi viral, yaitu menyembuhkan kebutaan akibat katarak pada 1.000 orang di banyak negara, termasuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - YouTuber MrBeast kembali bikin aksi viral. Kali ini, ia membantu operasi mata terhadap 1.000 buta karena katarak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Sejumlah kecil proses operasi tersebut dibagikan oleh pria bernama asli Jimmy Donaldson itu melalui kanal YouTube-nya MrBeast dalam sebuah video berjudul 1,000 Blind People See For The First Time.

Video yang diunggah pada 29 Januari 2023 itu sudah ditonton hingga lebih dari 55,8 juta views dan mendapatkan 5,4 juta likes, serta menempati jajaran Trending YouTube pada Selasa (31/1/2023).

Dalam videonya, dia juga menggandeng dokter mata, salah satunya adalah Jeff Levenson, seorang dokter mata dan juga ahli bedah. Levenson juga melakukan operasi putaran pertama di Jacksonville, Florida.

"Setengah dari semua kebutaan di dunia adalah orang yang perlu 10 menit operasi," kata Levenson dalam video tersebut.

Kepada CNN, Levenson juga mengatakan dirinya terinspirasi untuk membantu akses pengobatan katarak ke orang-orang, setelah ia menjalani sendiri operasi katarak.

Tak cuma membayari operasi mata dari para pasien, Donaldson juga memberikan sejumlah uang ke beberapa dari mereka secara langsung, setelah menjalani operasi.

Selain orang-orang sudah berumur, Donaldson juga membantu pengobatan kebutaan ke beberapa anak muda, yang mengalami masalah penglihatan sejak lahir.

YouTuber itu juga memberikan uang pendidikan ke salah satu pasien muda berama Jeremiah, serta sebuah mobil Tesla ke pemuda bernama Satchel (yang ingin belajar mengemudi) setelah mereka melewati operasi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gelar Operasi di Indonesia

Untuk program dan kontennya kali ini, Donaldson juga menggandeng SEE International, di mana Levenson menjabat sebagai Chief Medical Officer. Organisasi nirlaba ini menyediakan layanan mata gratis bagi pasien yang membutuhkan di seluruh dunia.

"Jadi bukan hanya membantu di Amerika tapi kami juga banyak ke tempat lain di dunia," kata Donaldson.

"Karena sayangnya, hampir setengah dari populasi dengan kebutaan yang dapat disembuhkan tidak bisa dapat operasi. Jadi saya ingin menyediakan ini untuk sebanyak mungkin orang" imbuhnya.

Di video itu, ditunjukkan juga beberapa negara lain tempat Donaldson melakukan aksinya untuk membantu operasi katarak, yaitu di Meksiko, Honduras, Indonesia, Brasil, Vietnam, Kenya, Namibia, serta Jamaika.

Saat artikel ini ditulis, MrBeast sendiri sudah memiliki sekitar 130 juta subscribers di YouTube.

3 dari 4 halaman

MrBeast Jadi YouTuber dengan Subscriber Terbanyak

MrBeast sendiri beberapa waktu lalu berhasil melampaui kreator asal Swedia PewDiePie untuk jumlah subscribers.

Hal ini seperti terungkap dalam laporan Dexerto, yang mencatat bahwa saluran MrBeast menjadi kreator YouTube (YouTuber) yang paling banyak di-subscribe pada 14 November 2022.

Mengutip 9to5Google, di 2019, posisi PewDiePie digulingkan oleh kanal perusahaan musik asal India T-Series, yang dengan cepat mengambil alih gelar saluran dengan subscribers terbanyak di platform milik Google itu.

Namun, MrBeast mengalahkan kanal milik Felix Arvid Ulf Kjellberg itu untuk kategori kreator tunggal di YouTube.

Sebagai informasi, MrBeast adalah kanal buatan Donaldson yang berbasis di North Carolina, AS. Ia pertama kali meluncurkannya di awal 2010-an.

Namun, kesuksesan baru mulai terasa di sekitar 2017, di mana video Donaldson menghitung hingga 100 ribu dilihat puluhan ribu kali hanya dalam beberapa hari.

Nama MrBeast dan kanal YouTube-nya akhirnya mulai populer dan meroket, ketika ia menggelar Squid Game ala dirinya di dunia nyata, memberikan giveaway, dan memulai inisiatif bernama "TeamTrees."

4 dari 4 halaman

Dapat Apresiasi dari PewDiePie

Donaldson akhirnya menjadi orang kedua di belakang PewDiePie, yang berhasil mencapai 100 juta subscriber di YouTube pada Juli 2022, di mana hal itu ditanggapi oleh PewDiePie.

Menurut PewDiePie, secara teknis dirinya sudah pensiun menjadi YouTuber. Pria asal Swedia itu pun mengungkapkan semangatnya untuk melihat MrBeast mengambil alih mahkotanya sebagai raja YouTube.

"Ayolah, saya sudah pensiun selama dua tahun sekarang. Saya tidak sabar menunggu sampai selesai. Tidak apa-apa dia pasti pantas mendapatkannya. Saya harap dia melakukannya," kata PewDiePie.

Adapun, dalam sebuah podcast beberapa waktu lalu, dikutip dari IGN India, MrBeast mengungkapkan bahwa basis penggemarnya terbanyak berasal dari Amerika Serikat.

Kemudian, basis penggemar terbesar kedua berasal dari India, lalu Britania Raya, yang diikuti negara-negara lain.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.