Sukses

Apple Pepet Disney Ajak Bikin Konten VR untuk Headset MR

Apple disebut sedang mendekati Disney untuk membuat konten VR di perangkat headset MR buatan mereka

Liputan6.com, Jakarta - Apple disebut-sebut sedang dalam pembicaraan dengan sejumlah mitra perusahaan media, salah satunya Walt Disney, guna mengembangkan konten realitas virtual atau virtual reality (VR) untuk headset mixed reality (MR) buatannya.

Kabar ini dirilis oleh Bloomberg News pada awal pekan ini. Adapun, perangkat MR Apple yang digarap bersama Sony Group, akan memiliki dua layar beresolusi sangat tinggi untuk menangani apsek VR.

Dalam laporan tersebut, seperti dikutip dari New York Post, Rabu (25/1/2023), perangkat ini juga akan memiliki kumpulan kamera eksternal untuk mengaktifkan "mode pass-through" augmented reality (AR).

Selain itu, kabarnya Apple juga sedang memperbarui materi untuk platform miliknya Apple TV+ agar dapat berfungsi dengan headset itu.

Mengenai kabar soal pendekatan Apple ke perusahaan induk Mickey Mouse dan Marvel itu, belum ada tanggapan atau komentar baik dari Disney, Apple, dan Sony. Beberapa waktu lalu Apple memang dilaporkan berencana meluncurkan headset MR pertamanya tahun ini.

Di sisi lain, menurut laporan The Information, Apple juga dikabarkan menggarap versi perangkat headset AR atau VR, yang lebih terjangkau secara harga.

Dilansir 9to5mac, dikutip Jumat (20/1/2023), sumber yang mengetahui masalah itu mengklaim, meski belum diumumkan, Apple sudah mengkhawatirkan soal harga perangkat ini.

Sebuah rumor yang sempat beredar bahkan menyatakan, harga headset MR Apple ini bisa mencapai USD 3 ribu untuk generasi pertama (sekitar Rp 45,4 juta).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Versi Lebih Murah Headset MR Apple

Sehingga, demi memastikan lebih banyak orang yang bisa mengakses teknologi ini, Apple pun merencanakan versi yang lebih murah dari perangkat AR/VR itu.

Belum jelas berapa harga pasti yang ditargetkan Apple. Namun sumber laporan itu mengklaim, perusahaan menginginkan harga headset VR/AR ini tidak jauh berbeda dari harga iPhone. Cara membuat produk jadi lebih murah, menurut The Information, juga sedang didiskusikan.

Ini bisa membuatnya memiliki tampilan beresolusi lebih rendah, lebih sedikit sensor, bahan lebih murah, prosesor lebih lambat, dan mungkin tidak menyertakan chip H2 untuk latensi lebih rendah saat dipasangkan ke AirPods.

Meski begitu, Apple juga masih punya rencana untuk meluncurkan headset Mixed Reality pertama dengan harga yang jauh lebih tinggi, untuk menguji batas berapa banyak konsumen yang mau membayar demi produk semacam ini.

Selain itu headset MR yang lebih murah, kabar lainnya dari Apple adalah kemungkinan, mereka juga akan mengubah rencananya untuk proyek kacamata AR barunya.

 

3 dari 4 halaman

Tunda Bikin Kacamata AR

Berbeda dengan headset, kacamata AR awalnya direncanakan tidak memiliki fitur VR yang imersif, dan hanya fokus pada tugas-tugas dasar seperti menampilkan notifikasi.

Namun, Mark Gurman dari Bloomberg melaporkan Apple telah menunda pengembangan kacamata AR-nya tanpa batas waktu.

Bloomberg juga mengklaim Apple saat ini ingin fokus merilis headset yang lebih murah pada tahun 2025. Sementara, Gurman menyebut perusahaan masih berencana memperkenalkan headset MR generasi pertamanya sekitar tahun ini.

Headset MR pertama Apple diperkirakan akan hadir dengan "konfigurasi tiga layar inovatif" dengan dua panel 4K Micro-LED. Perangkat ini kabarnya akan memiliki sensor canggih seperti beberapa kamera, dan pemindai LiDAR.

Selain deteksi gerakan tangan, kabar burung menunjukkan headset juga akan menampilkan pelacakan mata canggih, pengenalan iris, kontrol suara, deteksi kulit, dan deteksi ekspresi wajah.

Untuk desain, bocoran sketsa mengungkapkan headset Apple akan memiliki elemen desain yang terinspirasi AirPods dan Apple Watch.

4 dari 4 halaman

Kabar Headset MR Apple

Kabar tentang headset mixed reality milik Apple memang sudah lama beredar di internet. Kini, perangkat itu disebutkan akan meluncur tahun ini.

Informasi ini diungkap oleh analis terkenal Ming-Chi Kuo. Dia mengatakan, ada masalah dengan uji coba komponen dan minimnya tools pengembangan perangkat lunak headset mixed reality ini.

Kuo menambahkan, kecil kemungkinan Apple akan mengungkap headset AR/MR pada Januari ini dan bakal mengumumkan perangkat tersebut di pertengahan tahun (musim semi) atau konferensi WWDC pada Juni 2023.

"Hal ini tentunya tergantung dari sejauh mana pengembangan headset mixed reality milik Apple tersebut," tulis Kuo, sebagaimana dikutip dari akun Twitter-nya, Senin (9/1/2023).

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.