Sukses

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A14 5G yang Baru Rilis di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy A14 5G telah resmi meluncur di Indonesia, setelah sebelumnya sempet nongol di laman website toko online perusahaan asal Korea tersebut.

Pantauan laman web Samsung, harga Galaxy A14 5G ini dijual senilai Rp 2.899.000 dengan tiga pilihan warna, yaitu Black, Dark Red, dan Silver.

“Hadirnya Galaxy A14 5G menjadi wujud komitmen Samsung dalam memberikan pilihan lebih luas bagi konsumen yang ingin migrasi ke 5G dengan ponsel terjangkau,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia dalam keterangannya, Sabtu (21/1/2023).

Di Indonesia, Samsung hanya menyediakan satu opsi RAM dan kapasitas penyimpanan, yakni 6GB dan 128GB. Sementara itu, di India perusahaan merilis tiga varian Galaxy A14 5G.

Meski begitu, di HP Samsung ini juga tersedia slot microSD yang mendukung kapasitas penyimpanan hingga 1TB.

Soal spesifikasi Galaxy A14 5G, Samsung melengkapi ponsel kelas bawahnya ini dengan prosesor octa-core Dimensity 700 buatan MediaTek.

HP Samsung ini memiliki layar 6,6 inci berpanel FHD+, dan sudah mendukung refresh rate hingga 90Hz. Dalam hal selfie, perusahaan menyematkan kamera 13MP.

Sementara untuk kamera belakang, perusahaan asal Korea itu melengkapi Galaxy A14 5G ini dengan lensa utama berkemampuan 50MP, 2MP (bokeh), dan 2MP (makro).

Untuk performa sehari-hari, Samsung sudah melengkapi Galaxy A14 5G ini dengan baterai berkapasitas 5.000mAh dan sudah mendukung pengisian daya cepat sebesar 15W.

Lainnya, Samsung Galaxy A14 5G ini juga telah beroperasi menggunakan OneUI Core 5.0 berbasis Android 13.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bos Samsung Janjikan Kamera Lebih Pintar dan Kinerja Tercepat

<p>Samsung umumkan jadwal Galaxy Unpacked 2023 untuk peluncuran Galaxy S23 series. (Doc: Samsung)</p>

Jelang peluncuran Samsung Galaxy S23, President & Head of MX Business Samsung TM Roh, menjanjikan peningkatan pada perangkat terbaru akan mereka keluarkan dalam waktu dekat tersebut.

Melalui pernyataan resminya, Roh mengatakan orang-orang menginginkan perangkat yang dapat mereka andalkan dari merek bisa dipercaya.

Selain itu, dia juga menyinggung soal isu lingkungan yang kerap diangkat Samsung melalui kampanye-kampanyenya selama beberapa tahun terakhir.

"Pada saat yang sama, tantangan global seperti krisis iklim membuat kita memikirkan kembali cara hidup kita," kata TM Roh, dikutip Jumat (20/1/2023).

"Kita memiliki tanggung untuk membantu menciptakan dunia yang lebih baik sembari mengupayakan masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan," kata TM Roh.

Lebih lanjut, Roh mengatakan, di seri Galaxy S yang akan datang, akan hadir sistem kamera pro-grade yang semakin pintar, menawarkan foto dan video yang terbaik dalam segala pencahayaan di antara smartphone Galaxy Samsung.

"Seiring dengan pengoptimalan perangkat keras dan perangkat lunak, chipset terbaru kami yang lahir dari filosofi kemitraan terbuka Samsung memungkinkan kinerja Galaxy yang tercepat dan terkuat," ujarnya.

Dia juga mengklaim, konektivitas ekosistem Samsung bakal semakin mudah dan mulus daripada sebelumnya.

"Galaxy S paling teratas adalah Galaxy S Ultra kami. Ini adalah produk yang dapat Anda percaya untuk memberikan yang terbaik dari yang terbaik untuk Anda dengan performa dan kualitas yang telah didefinisikan ulang," kata Roh.

3 dari 4 halaman

Kembali Nyatakan Komitmen untuk Lingkungan

<p>Gambar promosi Samsung Galaxy S23 series bocor di internet. (Doc: 91Mobiles)</p>

"Kami sepenuhnya menggabungkan pengalaman Galaxy Note yang paling disukai menjadi Ultra, mempelopori smartphone dengan kekuatan, performa, dan kemampuan kreatif dari dua inovasi Galaxy terdepan menjadi satu kekuatan."

Selain itu, TM Roh juga kembali menegaskan mengenai inovasi Samsung untuk lingkungan.

"Performa bukan hanya tentang kekuatan yang lebih besar. Namun juga tentang inovasi yang bertahan dengan dampak lingkungan yang lebih sedikit," dia mengatakan.

Samsung menyatakan mereka berkomitmen untuk menahan perubahan iklim, dengan panduan dari strategi lingkungan baru yang berupaya membuat teknologi yang diandalkan untuk jadi lebih berkelanjutan.

Samsung pun telah memastikan bakal menggelar Galaxy Unpacked 2023 pada tanggal 1 Februari mendatang waktu setempat. Di sana, dikabarkan akan dirilis seri terbaru untuk Samsung Galaxy S23.

4 dari 4 halaman

Samsung Ungkap Sensor ISOCELL HP2

<p>Foto dummy Galaxy S23 series. (Doc: Slashleak)</p>

Samsung dijadwalkan akan memperkenalkan lini Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra.

Samsung juga baru saja mengungkap sensor kamera terbaru besutannya. Hadir dengan nama ISOCELL HP2, sensor 200MP ini memiliki ukuran 1/1.3 inci dengan 0.6μm piksel.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (18/1/2023), sensor ini hadir dengan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas dynamic range dan reproduksi warna.

Dalam sensor ini, Samsung menyertakan teknologi pixel-binning baru bernama Tetra2pixel. Pada lingkungan dengan pencahayaan redup, HP2 dapat menggabungkan 4 piksel menjadi 1 dengan hasil foto beresolusi 50MP.

Sementara untuk kemampuan 16 piksel menjadi 1, sensor kamera ini bisa menghasilkan foto beresolusi 12,5MP. Sensor anyar Samsung ini juga mendukung perekaman video 8K dengan teknologi yang serupa ketika mengambil foto.

HP2 dapat mengambil gambar burst 15fps pada resolusi aslinya yakni 200MP. Berbekal kemampuan itu, HP2 mampu bekerja dua kali lebih lebih tinggi dari HP3, dan 50 persen lebih dari sensor HM3 100MP.

(Ysl/Dam)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS