Sukses

6 Game Dipertandingkan di Esports SEA Games 2023 Kamboja, Ada Valorant dan Mobile Legends

Berikut ini sederet game yang akan dipertandingkan dalam cabang esports SEA Games 2023 di Kamboja bulan Mei mendatang

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Esports Kamboja mengumumkan sejumlah game yang akan dipertandingkan untuk cabang olahraga esports di SEA Games 2023 bulan Mei mendatang.

Mobile Legends: Bang Bang tentu saja bakal dipertandingkan di kompetisi olahraga se-Asia Tenggara ini. Selain itu, Valorant juga akan bergabung sebagai game baru yang akan dipertandingkan di cabang esports.

Mengutip Esports Charts, Minggu (8/1/2023), Cambodia Esports Federation mengungkapkan ada enam game yang dipertandingkan di SEA Games tahun ini. Mereka adalah:

  • Crossfire (PC)
  • League of Legends: Wild Rift (Mobile)
  • Mobile Legends: Bang Bang (Mobile)
  • PUBG Mobile
  • Valorant (PC)
  • Attack Online 2 (PC)

Kompetisi pria bakal digelar di semua game. Sementara kategori individual akan dilakukan untuk PUBG Mobile dan Attack Online 2. Satu-satunya game dengan turnamen wanita adalah MLBB.

Valorant sendiri menggantikan League of Legends di SEA Games 2021 yang digelar di Hanoi, Vietnam pada tahun 2022 lalu. Namun itu bukan satu-satunya perbedaan.

Di SEA Games Kamboja tidak ada Wild Rift untuk wanita. Game yang dipertandingkan juga tidak sebanyak sebelumnya, dengan absennya Free Fire, Arena of Valor, dan FIFA Online 4.

Sementara itu, SEA Games Kamboja dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal lima sampai 17 Mei 2023 mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Riot Games Rilis Ulang League of Legends dan TFT di Asia Tenggara

Di sisi lain, Riot Games baru saja merayakan peluncuran ulang dari League of Legends (LoL/League) dan Teamfight Tactics (TFT) di wilayah Asia Tenggara.

Peluncuran ulang ini menandakan dimulainya operasional server Riot dan penerbitan untuk kedua game tersebut di Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Taiwan, Hong Kong, dan Vietnam.

Sebelumnya, Riot Games mengakhiri kemitraan penerbitan mereka selama 12 tahun dengan Garena. Pada 18 November 2022 lalu, migrasi akun pemain untuk memindahkan data akun Garena LoL dan TFT ke akun Riot, telah dimulai.

Setelah migrasi berhasil dan dengan peluncuran server baru, pemain bisa menjadi bagian dari ekosistem Riot.

Pemain juga akan mendapatkan akses ke konten yang sebelumnya tidak tersedia di acara lintas franchise, serta pengalaman di luar game termasuk aktivitas komunitas dan esports yang dioperasikan oleh Riot.

Pemain di wilayah-wilayah ini akan mendapatkan akses ke layanan penerbitan Riot regional termasuk Pelokalan, Penagihan, Dukungan Pemain, serta aktivasi dan kemitraan pemasaran lokal di masa mendatang. Mulai saat ini, semua pemain SEA League dan TFT juga akan bermain di Riot Client.

 

 

3 dari 4 halaman

Terbitkan Sendiri 5 Judul Game

Alex Kraynov, Managing Director Riot Games APAC mengatakan, tujuan migrasi ini adalah untuk memberikan pemain pengalaman terbaik dan tingkat event dan konten yang sama, dengan para pemain di wilayah Riot lainnya.

"Para pemain League of Legends juga akan menikmati integrasi konten yang lebih dalam di dalam ekosistem Riot, serta kampanye dalam game dan lintas waralaba yang menarik," ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers.

Andrei van Roon, Head of League Studio, dalam keterangan tertulis yang sama, juga mengucapkan terima kasih mereka terhadap Garena.

"Kami berterima kasih atas kerja keras yang dilakukan Garena untuk menghadirkan game kami kepada para pemain hingga saat ini, dan tidak sabar untuk terus membangun fondasi yang telah mereka tetapkan."

Dengan begitu, Riot Games saat ini telah menerbitkan sendiri kelima judulnya termasuk Valorant, League of Legends: Wild Rift, dan League of Legends Runeterra, di wilayah tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Peroleh Berbagai Jenis Token

Merayakan peluncuran ulang ini, Riot juga mengumumkan bahwa ranked season akan mulai dari 10 Januari. Pemain juga akan bisa mengikuti Welcome Event yang dimulai pada 13 Januari.

Di event ini, pemain akan bisa memperoleh berbagai jenis Token, yang dapat ditukar dengan skin shards permanen gratis, legendary eggs, dan skin Ultimate.

Selain itu, pemain SEA juga akan berkesempatan membuka semua champion LoL yang dirilis dari 2009 sampai 2021 secara gratis, hanya dengan menyelesaikan misi dalam game. Riot juga akan menggelar Lunar New Year Event yang dimulai pada tanggal 13 Januari 2023.

Musim esports yang baru juga akan menandakan perubahan kepemilikan dan pengoperasian League esports. Riot Games akan meluncurkan ulang Vietnam Championship Series (VCS).

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.