Sukses

Cara Bikin 2022 Recap Reels di Instagram, Bisa Bagikan Momen Menarik Tahun Ini

Berikut ini cara membuat 2022 Recap Reels dengan template yang dirilis oleh Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Instagram meluncurkan sebuah template Reels dalam aplikasi, yang akan membantu pengguna untuk membuat 2022 Recap dan bisa dibagikan ke teman dan followers.

Fitur ini pun bisa membuat kamu memamerkan momen-momen menarik apa saja yang sudah dilewati selama tahun 2022 ini, dalam sebuah konten Reels di platform tersebut.

Di sini, pengguna bisa membuat 2022 Recap Reels-nya sendiri, memilih template berisi narasi dari produser Bad Bunny, DJ dan produser DJ Khaled, serta rapper Badshah dan bintang Stranger Things Priah Ferguson.

Opsi untuk "Create your own recap reel" juga mungkin bisa muncul di feed pengguna. Berikut ini Tekno Liputan6.com bagikan cara buat 2022 Recap Reel menggunakan template dari Instagram.

  1. Buka aplikasi Instagram dan pilih tab Reels di bagian tengah bawah
  2. Pilih ikon kamera untuk membuat Reels
  3. Geser ke menu Template. Nantinya akan ada empat template yang resmi disediakan oleh Instagram dan memiliki narasi berbeda-beda. Pilih Template yang diinginkan dan klik Use template
  4. Kemudian pilih media baik video atau foto dari perangkatmu. Klip akan dimasukkan di bagian bawah layar sesuai urutan tampilnya di Reel.
  5. Simak preview dari Reel-mu untuk dapat diedit lagi, misalnya dengan Add media untuk menambahkan konten. Jika sudah klik Next
  6. Kamu lalu dapat mengedit cover, menandai orang, menambahkan topik dan lokasi, atau memilih untuk membagikannya di Feed atau tidak
  7. Pilih Share untuk membagikannya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tren Fitur Recap di Berbagai Platform

Mengutip dari CNET, juru bicara Meta Alexandra Terry mengungkapkan, template Reels ini tersedia dalam Bahasa Inggris, Spanyol, dan India. Format ini juga akan hadir selama beberapa pekan menuju 2023.

Dikutip dari Tech Crunch, sebelum tahun 2021, pengguna Instagram harus membuat fitur akhir tahun versi mereka sendiri, di mana mereka akan mengunggah sembilan gambar teratas dalam bentuk photo grid.

Namun tahun lalu, Instagram merilis fitur Year in Review, memungkinkan pengguna memilih hingga 10 stories untuk dibagikan ke followers-nya.

Tahun ini, fitur rekap akhir tahun Instagram dimasukkan ke dalam Reels. Ini tidak mengejutkan, mengingat jejaring sosial ini berfokus ke konten-konten video selama setahun terakhir.

Fitur rekap akhir tahun ini juga sudah tidak asing untuk beberapa platform populer, khususnya setelah kehadiran Spotify Wrapped yang secara rutin dirilis setiap jelang pergantian tahun oleh Spotify.

Beberapa platform seperti Apple Music, YouTube Music, dan Reddit, juga memiliki fitur rekap akhir tahunnya masing-masing.

3 dari 4 halaman

Instagram Rilis Fitur untuk Bantu Rebut Akun yang Diretas

Di sisi lain, pengguna Instagram yang menjadi korban peretasan kini punya cara baru untuk mencoba merebut kembali akun mereka. Dengan tool Instagram.com/hacked, pengguna bisa melaporkan dan mencoba menyelesaikan masalah akses akun.

Pengguna dapat meminta bantuan untuk memulihkan akun yang diretas, melaporkan akun peniruan identitas, atau mendapatkan bantuan jika mereka lupa sandi.

Masalah yang paling mendesak bagi banyak pengguna kemungkinan besar adalah mendapatkan bantuan saat akun mereka diretas, sesuatu yang sebelumnya sulit dilakukan pengguna.

Ya, sebelumnya memulihkan akun Instagram yang diretas memang sulit. Laporan Motherboard pada 2018, merinci bagaimana beberapa pengguna telah membayar uang tebusan kepada peretas yang telah menyandera akun mereka.

Laporan terpisah dari tahun 2019 menunjukkan bagaimana influencer yang akunnya diambil alih harus meminta bantuan peretas lain. Dalam kedua kasus tersebut, pengguna mengatakan Instagram sendiri lambat merespons.

 

4 dari 4 halaman

Fitur Pemulihan Akun

Awal tahun ini, Instagram mengumumkan sedang menguji fitur pemulihan akun seperti meminta teman pengguna untuk menjamin mereka untuk mendapatkan kembali kendali atas akun mereka.

Instagram mengatakan, sekarang pengguna yang terkunci dari akun mereka dapat memilih dua teman yang dapat membantu memverifikasi identitas mereka.

Perusahaan menyebut terus berusaha untuk menghentikan peretasan akun, termasuk mengirimkan peringatan tentang akun mencurigakan yang mungkin meniru identitas orang lain.

Meta akhirnya mulai membangun divisi layanan pelanggan yang lebih kuat yang ditujukan untuk membantu pengguna yang mengalami masalah akun dan moderasi.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.