Sukses

Apple Music Sing, Fitur Karaoke untuk Pengguna iPhone hingga iPad

Liputan6.com, Jakarta - Apple merilis Apple Music Sing, sebuah fitur di Apple Music, yang memungkinkan pengguna bernyanyi bersama atau melakukan karaoke bersama lagu-lagu favorit mereka.

Lewat fitur ini, vokal dalam lagu tersebut akan disesuaikan agar lebih pas untuk karaoke, serta menghadirkan lirik secara real-time.

Namun, patut diingat, vocal slider nantinya tidak benar-benar menghapus vokal dari lagu, hanya melakukan penyesuaian volume.

Mengutip laman resmi Apple, Kamis (8/12/2022), Apple Music Sing juga menawarkan beberapa tampilan lirik yang bisa membantu bernyanyi mulai dari duet, backup, dan lain-lain.

Apple Music Sing rencananya akan tersedia di akhir bulan Desember 2022 ini, untuk pelanggan Apple Music di seluruh dunia. Fitur ini disebut akan dirilis untuk perangkat iPhone, iPad, dan Apple TV 4K terbaru.

"Pengalaman lirik Apple Music secara konsisten menjadi salah satu fitur paling populer di layanan kami," kata Oliver Schusser, Vice President Apple untuk Apple Music and Beats.

Schusser mengatakan, Apple sudah tahu bahwa pengguna juga ingin mengikuti lagu favorit mereka.

"Jadi kami ingin mengembangkan penawaran ini lebih jauh untuk memungkinkan lebih banyak keterlibatan seputar musik melalui nyanyian," imbuhnya. 

Apple Music Sing menghadirkan beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berkaraoke.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur di Apple Music Sing

Fitur yang pertama adalah vokal yang disesuaikan. Pengguna bisa mengontrol level vokal lagu, lalu bernyanyi dengan vokal artis asli, menjadi lead, atau melakukan mix dari katalog Apple Music.

Apple Music Sing juga menghadirkan lirik secara real-time, di mana pengguna bisa bernyanyi di lagu kesukaannya, mengikuti lirik animasi yang sesuai irama vokal.

Terdapat juga Background vocals. Di sini, baris vokal yang dinyanyikan bersamaan bisa dianimasikan secara independen dari vokal utama.

Terakhir adalah Duet view, yang memudahkan lagu dengan lebih dari satu penyanyi bisa dinyanyikan bersama-sama.

3 dari 4 halaman

Jumlah Lagu di Apple Music Tembus 100 Juta

Beberapa waktu yang lalu, Apple mengklaim saat ini sudah ada 100 juta lagu yang tersedia di platform streaming musiknya yaitu Apple Music.

Dalam pernyataan tertulisnya, Apple mengatakan 21 tahun sejak kehadiran iTunes dan debut iPod asli, 1.000 lagu di perangkat tersebut sudah bertambah 100 ribu kali lipat di Apple Music.

"Ini pertumbuhan yang fenomenal dengan metrik apa pun. Seluruh sejarah, masa kini, dan masa depan musik ada di ujung jari atau perintah suara Anda," tulis Apple dalam laman resminya, dikutip Selasa (4/10/2022).

Apple menambahkan, jumlah lagu ini juga akan terus tumbuh dan berlipat ganda secara eksponensial. Namun menurut Rachel Newman, global head of editorial, Apple Music, hal ini lebih dari sekadar angka

Menurut Newman, ini juga mewakili "perubahan tektonik dalam bisnis pembuatan dan distribusi musik selama dua dekade terakhir." Ia menyebut, di tahun 1960-an, hanya lima ribu album baru yang rilis setiap tahunnya.

 

4 dari 4 halaman

20 Ribu Penyanyi Kirimkan Lagu Setiap Hari

"Saat ini, di mana pun di dunia, di 167 negara dan wilayah di Apple Music, artis apa pun dengan deskripsi apa pun dapat menulis dan merekam lagu serta merilisnya secara global," kata Newman.

Apple mengklaim, setiap harinya, ada lebih dari 20 ribu penyanyi dan penulis lagu yang mengirimkan lagu barunya ke Apple Music.

"Seratus juta lagu adalah bukti dari ruang yang lebih demokratis, di mana siapa pun, bahkan artis baru yang membuat musik dari kamar tidur mereka, dapat memiliki hit besar berikutnya," kata Apple.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS