Sukses

Fitur SOS via Satelit iPhone 14 Selamatkan Pria yang Terjebak di Alaska

Liputan6.com, Jakarta - Fitur darurat atau SOS via satelit dari iPhone 14 dilaporkan menyelamatkan nyawa seorang pria yang terdampar di lokasi terisolasi di Alaska.

Kejadian yang terjadi pada tanggal 1 Desember 2022 ini menjadi salah satu laporan pertama dari penggunaan fitur anyar di iPhone generasi terbaru itu.

Departemen Keamanan Publik Negara Bagian Alaska menjabarkan di tanggal itu, sekitar pukul 02.00, otoritas diberitahu bahwa seorang pria dewasa telah mengaktifkan SOS darurat iPhone melalui satelit setelah terdampar.

Mengutip 9to5mac, Kamis (8/12/2022), pria itu dilaporkan sempat bepergian menggunakan snowmachine dari Noorvik ke Kotzebue.

Dilansir MacRumors, pria itu sedang melintas di lokasi yang tidak ada sinyal seluler dan dingin, sehingga mengaktifkan fitur SOS darurat via satelit di perangkat iPhone 14 miliknya.

Otoritas pun bekerja sama dengan tim Search and Rescue (SAR) lokal, Apple Emergency Response Center, dan Northwest Arctic Borough SAR Coordinator untuk menyelamatkan pria itu.

Tim mengerahkan empat sukarelawan pencari ke arela Nimiuk Point langsung ke koordinat GPS yang disediakan oleh Apple Emergency Response Center.

"Laki-laki dewasa ditemukan dan diangkut ke Kotzebue oleh tim pencari sukarelawan. Tidak ada korban luka yang dilaporkan ke Troopers," tulis laporan Departemen tersebut.

Tidak diketahui secara jelas apa yang menyebabkan pria itu terdampar. Namun, kegagalan mekanis dan macetnya snowmobile adalah kemungkinan yang paling besar.

Sementara itu, polisi negara bagian menyatakan terkesan dengan sistem dari fitur SOS via satelit di iPhone 14 tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fitur SOS Darurat via Satelit

Penyelamat yang terlibat di aksi itu "terkesan dengan keakuratan dan kelengkapan informasi yang termasuk dalam peringatan awal" dengan fitur Emergency SOS via Satelit.

Fitur iPhone ini sendiri dirancang untuk mengajukan beberapa pertanyaan sebelum peringatan dikirimkan untuk mempercepat misi penyelamatan.

SOS darurat lewat satelit tersedia untuk semua pengguna iPhone 14, namun dengan ketersediaan wilayah yang terbatas seperti di AS dan Kanada. Belum diketahui kapan mereka akan memperluas fitur itu.

Fitur SOS ini bisa diaktifkan saat situasi darurat terjadi dan tidak tersedia koneksi WiFi atau seluler. Fitur ini gratis untuk dipakai selama dua tahun.

Apple belum mengungkapkan rincian soal berapa yang harus dibayar untuk terus memakai fitur ini ke depannya.

 

3 dari 4 halaman

Fitur SOS di iPhone Selamatkan Nyawa Peseluncur Es

Belum lama ini fitur SOS di iPhone menyelamatkan nyawa seseorang. Pria yang merupakan pemain ski itu selamat berkat fitur SOS Darurat alias SOS Emergency.

Menurutnya, fitur di iPhone membantunya terhubung dengan layanan darurat setelah jatuh di celah es.

Insiden terjadi pada bulan Maret 2022 lalu, di mana pecinta olahraga ski sekaligus personal trainer Tim Blakey tengah main ski di glacier dekat Zermatt, Swiss.

Ia pun mendapat masalah di salah satu turunan di ketinggian sekitar 10.000 kaki. Rupanya, Blakey jatuh ke sebuah celah yang tersembunyi di salju.

Mengutip Gizchina, Selasa (5/4/2022), Blakey jatuh dan terhalang salju. Hal ini pun membatasi pergerakannya ketika ia mencoba keluar dari situasi tersebut.

Ketika memeriksa ponsel untuk meminta bantuan, rupanya baterai iPhone-nya hanya tinggal 3 persen. Blakey pun hanya punya pilihan terbatas untuk mendapat bantuan.

Dengan baterai yang minim, ia ingat bisa menelepon layanan darurat melalui iPhone-nya memakai fitur SOS Darurat. Fitur SOS di iPhone juga bisa mengirimkan pesan teks dari lokasi iPhone ke kontak darurat serta layanan darurat.

 

4 dari 4 halaman

Berterima Kasih ke Tim Penyelamat

Untungnya, tim penyelamat tiba dengan cepat dan berhasil menarik Blakey keluar dari celah. Blakey pun dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan akibat cedera di pergelangan kakinya.

Ketika menceritakan kejadian ini melalui Instagram-nya, Blakey berterima kasih kepada tim penyelamat. Ia mengatakan, tak tahu bagaimana cara membalas kebaikan tersebut.

"Mungkin langkah pertama adalah membuat orang sadar akan pekerjaan luar biasa yang dilakukan tim penyelamat di gunung serta membuat orang sadar untuk tidak sembrono seperti saya," katanya.

Tim Blakey pun berterima kasih kepada Apple atas layanan Emergency SOS yang berfungsi dengan baik.

Blakey juga mengucapkan terima kasih kepada operator telepon karena masih menyediakan koneksi 3G dengan sisa baterai 3 persen di bawah es.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS