Sukses

Spotify: Podcast Rintik Sedu Paling Banyak Didengarkan di Indonesia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Spotify tahun ini kembali meluncurkan Spotify Wrapped tahunan mereka, di mana salah satu yang diungkap selain musik, adalah daftar podcast terpopuler, termasuk di Indonesia.

Melalui siaran persnya, dikutip Jumat (2/12/2022), Spotify mengungkapkan bahwa Rintik Sedu berhasil menduduki posisi teratas sebagai podcast atau siniar, yang paling banyak didengarkan tahun ini di Indonesia.

Perusahaan mengungkapkan, ini bukan pertama kalinya Rintik Sedu meraih pencapaian tersebut. Di 2020 dan 2021, ia juga dinobatkan sebagai Podcast Indonesia Teratas.

Selain itu, Rintik Sedu juga masuk ke dalam Daftar 20 Podcast Teratas secara Global tahun ini, berada di urutan ke-18.

"Melalui Wrapped tahun ini, kami dapat dengan bangga mengatakan bahwa podcast telah masuk ke dalam hati para pendengar Spotify," kata Carl Zuzarte, Head of Studios for Spotify, Southeast Asia.

Menurut Zuzarte, hal ini bisa dibuktikan dengan melihat bahwa podcast yang paling banyak didengarkan, merupakan podcast dari kreator lokal dan dari berbagai genre.

"Ke depannya, kami percaya bahwa industri podcast di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar," ujar Zuzarte.

Selain podcast, Spotify sebelumnya juga menyebutkan bahwa Tulus berada di posisi pertama untuk daftar artis, lagu, dan album teratas di Indonesia.

Kesuksesan "Hati-Hati di Jalan" memberi andil besar dalam pencapaiannya kali ini. Selain Tulus, artis Indonesia lain yang juga berjaya dalam daftar Spotify ini seperti Feby Putri, Keisya Levronka, Mahalini, Tiara Andini, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Podcast Paling Banyak didengarkan

Berikut ini daftar podcast yang paling banyak didengarkan di Spotify tahun 2022:

Podcast Teratas di Indonesia

  1. Rintik Sedu
  2. PODKESMAS
  3. Do You See What I See?
  4. AGAK LAEN!
  5. little talks

Episode Podcast yang Paling Banyak Didengarkan di Indonesia

  1. 1Rintik Sedu - "lagi capek, ya?"
  2. PODKESMAS - "Haji Andre Gabung Podkesmas??!"
  3. AGAK LAEN! - "Agak Laen! Versi: Ujian"
  4. Kuas, Kanvas, dan Bulan Kesepian - "Ep1: Halo, Aku Karin!"
  5. Tentang Menerima - "capek banget ya, ga ada yg bisa diajak cerita?"

Genre Podcast Paling Banyak Didengarkan di Indonesia

  1. Gen Z Life
  2. Comedy
  3. Pop Culture
  4. Horror and Paranormal
  5. Religion

Podcast Teratas secara Global

  1. The Joe Rogan Experience
  2. Call Her Daddy
  3. Anything Goes with Emma Chamberlain
  4. Caso 63 (Semua bahasa)
  5. Crime Junkie
3 dari 4 halaman

Cara Share Spotify Wrapped 2022 ke Medsos

Spotify Wrapped 2022 sendiri kini tersedia di Android dan iOS. Seperti tahun lalu, Wrapped berisi rangkuman konten paling sering didengar selama setahun ini.

Selain dapat dibagikan ke media sosial Twitter, pengguna juga dapat share rangkuman daftar artis, genre, lagu, dan podcast yang didengar sepanjang 2022.

Nah, berikut ini adalah cara buat Spotify Wrapped 2022 dan share ke Instagram dkk dengan mudah.

  1. Buka aplikasi Spotify di HP Android dan iOS. Bagi yang ingin menggunakan PC, kamu bisa buka spotify.com/wrapped di browser pilihan.
  2. Klik banner di perangkat mobile atau browser. Setelah masuk, kamu akan ditampilkan deretan konten story Wrapped.
  3. Dalam masing-masing konten ini, kamu dapat langsung membagikannya ke Instagram, WhatsApp, atau Twitter dengan mengeklik tombol "Share this story"
  4. .Nantinya, kamu bisa copy link, share ke Stories, Messages, Twitter, atau Line.

 

4 dari 4 halaman

Cara Buat Spotify Wrapped 2022

Nah untuk mengetahui cara buat Spotify Wrapped 2022 untuk tahun ini, simak langkah-langkahnya berikut ini seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Rabu (30/11/2022).

  1. Masuk ke aplikasi Spotify atau kunjungi spotify.com/wrappedSelanjutnya, pilih spanduk “Your 2022 Wrapped” pada beranda aplikasi
  2. Sebagai alternatif, ketik “Wrapped” pada bilah pencarian, dan Wrapped 2022 akan muncul di paling atas
  3. Setelah masuk, pengguna akan menemukan konten story "Wrapped" mereka yang berisi informasi tentang pengalaman mendengarkan mereka yang unik, mulai dari artis teratas, lagu teratas, podcast teratas, genre, dan jumlah menit yang dihabiskan untuk menikmati konten audio sepanjang 2022
  4. Pengguna Spotify baik premium maupun non-premium dapat membagikan hasilnya kepada teman, keluarga, serta pengikut mereka melalui platform media sosial yang ada

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS