Sukses

Ini Cara Buat Spotify Wrapped 2022

Liputan6.com, Jakarta - Spotify Wrapped kembali hadir untuk para pengguna. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Wrapped berisi rangkuman kebiasaan mendengar pengguna sepanjang 2022.

Spotify Wrapped untuk tahun ini sudah bisa diakses sejak 1 Desember 2022 di aplikasi iOS (iOS (versi 8.7.87) dan Android (versi 8.7.86). Untuk di tahun ini, Spotify bahkan menghadirkan sejumlah fitur baru.

Tidak sekadar menghadirkan daftar artis, genre, lagu, dan podcast teratas, serta ringkasan konten audio yang didengarkan, Spotify juga mengembangkan konten story berbasis data, serta playlist yang dikurasi secara khusus oleh tim editorial.

Nah untuk mengetahui cara membuat Spotify Wrapped 2022 untuk tahun ini, simak langkah-langkahnya berikut ini seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima, Rabu (30/11/2022).

  1. Masuk ke aplikasi Spotify atau kunjungi spotify.com/wrapped
  2. Selanjutnya, pilih spanduk “Your 2022 Wrapped” pada beranda aplikasi
  3. Sebagai alternatif, ketik “Wrapped” pada bilah pencarian, dan Wrapped 2022 akan muncul di paling atas
  4. Setelah masuk, pengguna akan menemukan konten story "Wrapped" mereka yang berisi informasi tentang pengalaman mendengarkan mereka yang unik, mulai dari artis teratas, lagu teratas, podcast teratas, genre, dan jumlah menit yang dihabiskan untuk menikmati konten audio sepanjang 2022
  5. Pengguna Spotify baik premium maupun non-premium dapat membagikan hasilnya kepada teman, keluarga, serta pengikut mereka melalui platform media sosial yang ada

Sementara untuk deretan fitur baru yang hadir dalam Wrapped, berikut ini beberapa di antaranya : 

Your Listening Personality

Lewat pembaruan ini, Spotify menghadirkan cara baru bagi pengguna mengetahui kepribadian mereka berdasarkan selera musik, serta kebiasaan mendengarkan sepanjang 2022. Ada 16 jenis Listening Personality yang dibuat berdasarkan kebiasaan mendengarkan pengguna.

Audio Day

Melalui fitur interaktif ini, pengguna Spotify dapat mengetahui perkembangan selera musik mereka sepanjang hari. Pengguna dapat mengetahui kebiasaan mendengarkan mereka dari Matahari terbit hingga tenggelam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Spotify Wrapped Kembali Hadir, Simak Deretan Fitur Barunya

Sementara fitur baru lain yang hadir di Spotify Wrapped kali ini, berikut di antaranya : 

Dekatkan Hubungan Artis dan Kreator

Selain playlist yang dipersonalisasi dan dikurasi tim editorial Spotify, Wrapped Hub dalam platform akan menampilkan merchandise dari artis yang paling banyak mereka dengarkan, termasuk event berikutnya dari artis favorit.

Your Artist Messages

Pada Spotify Wrapped 2022, pengguna terpilih juga bisa menerima video pesan terima kasih dari artis yang paling banyak mereka dengarkan di tahun ini. Ada lebih dari 40.000 musisi yang bergabung dalam pesan ini, seperti Taylor Swift, Billie Eilish, J. Balvin, hingga Maneskin.

Bagikan di Luar Instagram

Hasil Spotify Wrapped 2022 kini juga bisa dibagikan di WhatsApp dan Line. Jadi, pengguna bisa bertukar hasil Wrapped melalui obrolan di chat dengan teman maupun orang tersayang. Pengguna Snapchat juga bisa menggunakan lensa yang dipersonalisasi berdasarkan Listening Personality-nya.

Wrapped ke Metaverse

Selain itu, Spotify juga akan mengambil alih Spotify Island dengan misi permainan, virtual merchandise, dan photo booth bersama 12 musisi, seperti Bizarrap, Black Sherif, CRO, Doechii, Eslabon Armado, Miranda Lambert, Niki, Stray Kids, Sunmi, dan Tove Lo.

Kolaborasi dengan Barcelona

Sebagai bagian dari kolaborasi pertama antara Spotify dan FC Barcelona, penggemar dapat menemukan video Spotify Wrapped dari beberapa pemain favorit, seperti Robert Lewandowski, Alexia Putellas, Pedri, dan Ansu Fati.

3 dari 4 halaman

Spotify: Konsumsi Podcast di Indonesia Meningkat 5 Kali Lipat Sejak 2019

Sebelumnya, Spotify mengungkapkan peningkatan jumlah konsumsi podcast atau siniar di Indonesia melalui platformnya. Hal ini diungkap dalam konferensi podcast pertama mereka di Asia tepatnya di Jakarta, pada Rabu pekan ini.

"Kami telah melihat pertumbuhan yang luar biasa di dunia podcast di Indonesia," kata Gautam Talwar, General Manager Spotify, Asia Pacific, seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (19/11/2022)

"Sejak peluncuran podcast dalam Spotify di Indonesia pada tahun 2019, kami melihat adanya 5 kali lipat peningkatan dalam jumlah konsumsi podcast di Spotify," kata Gautam.

Ia menambahkan, sejak 1 November 2022, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar siniar di Spotify terbanyak secara global.

Perusahaan menyebut, pencapaian ini diperoleh karena upaya yang memungkinkan kreator lokal untuk terus berkarya, melalui inovasi dan kemudahan akses terhadap keahlian Spotify di industri tersebut.

Adapun, beberapa inisiatif ini termasuk kemitraan dengan Siberkreasi untuk mengadakan kelas-kelas podcasting dan workshop dengan para kreator dan ahli, serta melalui Video Podcast yang sudah tersedia di Anchor, secara gratis.

Spotify juga mengungkapkan, 95 persen podcast di Indonesia dibuat melalui Anchor. Ini membuat Indonesia jadi negara teratas di seluruh dunia, yang mengadopsi penggunaan Anchor untuk membuat konten siniar.

"Kami percaya Indonesia siap untuk pertumbuhan yang lebih besar tahun depan. Bahkan, satu dari empat pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap harinya," kata Carl Zuzarte, Head of Studios Spotify Southeast Asia.

Carl pun mengatakan bakal terus memperluas dan mendukung pertumbuhan industri podcast di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Spotify: Konsumsi Podcast di Indonesia Meningkat 5 Kali Lipat Sejak 2019

Dalam gelaran tersebut, Spotify juga mengumumkan bahwa fitur Video Podcast saat ini sudah tersedia untuk semua kreator.

Awal tahun, Spotify juga meluncurkan serangkaian Video Podcast Original dan Exclusive untuk memperluas katalog konten di platform dan kini, semua kreator dapat memanfaatkan fitur tersebut melalui Anchor.

Spotify mengatakan, dengan koleksi lebih dari 4,7 juta judul podcast secara global, kreator selalu menjadi motor penggerak pertumbuhan platform ini di Indonesia.

Untuk mempererat hubungan antara kreator dan pendengar, Spotify juga merilis fitur terbaru seperti Q&A dan Polls.

Fitur lain yang dihadirkan adalah Music + Talk, di mana pendengar bisa menjelajahi dan mendengarkan lagu dalam satu episode podcast, sebagaimana mereka mendengarkan sebuah playlist.

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS