Sukses

Prediksi Gracenote Nielsen, Brasil atau Argentina Bisa Menang Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset Nielsen melalui Gracenote, beberapa waktu lalu merilis prediksi pemenang Piala Dunia 2022 Qatar.

Dalam perkiraannya, Gracenote mengidentifikasi Brasil dan Argentina sebagai dua negara favorit paling mungkin menang dalam turnamen di Qatar tahun ini.

Gracenote menggunakan sistem peringkat eksklusif di sepak bola, untuk memperkirakan peluang hasil berbeda untuk setiap pertandingan melalui simulasi menyeluruh, untuk menilai peluang setiap tim mencapai babak lanjutan di kompetisi tersebut.

Mengutip siaran pers, Sabtu (26/11/2022), Gracenote mengatakan prakiraan ini bakal diperbarui setiap hari selama kompetisi di Nielsen World Cup Data Hub.

"Berdasarkan dominasi mereka terhadap sepak bola internasional sejak gelaran Piala Dunia terakhir, Gracenote memproyeksikan Brazil dan Argentina akan terus mengungguli pesaingnya di kompetisi mendatang," kata Simon Gleave, Kepala Analisis Gracenote Sports.

Menurut Gleave, tidak ada tim lain yang hampir konsisten selama empat tahun terakhir seperti dua kekuatan Amerika Selatan tersebut. Konsistensi ini menunjukkan ada peluang bagus bagi salah satu dari mereka untuk menang.

Menurut Gracenote, Brasil sebagai negara difavoritkan untuk memenangkan Piala Dunia 2022 dengan peluang 20 persen untuk mengangkat piala ada 18 Desember.

Brasil berada di puncak Peringkat Sepak Bola Dunia versi Gracenote setelah hanya kalah tiga kali dalam 50 pertandingan sejak tereliminasi dari Piala Dunia 2018 oleh Belgia.

Sementara, Argentina punya peluang 16 persen untuk jadi juara Piala Dunia pertama kalinya sejak 1986.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Brasil dan Argentina

Gracenote mencatat, jika Brasil dan Argentina menang dan lolos dari grup masing-masing, mereka akan memasuki fase knockout di babak yang sama dan akan bertemu di semifinal.

Meski begitu, final Piala Dunia antara Brazil dan Argentina saat ini merupakan pertandingan paling mungkin terjadi pada 18 Desember, menurut simulasi Gracenote.

Dari Eropa, Gracenote mencatat pesaing berat di Piala Dunia tahun ini adalah Spanyol dan Belanda, sama-sama memiliki peluang 7 persen untuk mengangkat piala, dengan Belgia punya peluang sebesar 6 persen.

Juara sebelumnya Prancis, berada di urutan berikutnya dengan peluang 5 persen untuk performa sama.

Lalu, 16 tim paling berpeluang lolos ke fase knockout Piala Dunia 2022 adalah Argentina, Brazil, Belanda, Portugal, Spanyol, Belgia, Prancis, Uruguay, Denmark, Inggris, Jerman, Swiss, Ekuador, Kroasia, Iran, dan Meksiko.

 

3 dari 4 halaman

Peringkat Dikembangkan Sejak 2002

Gracenote juga mencatat Maroko bisa jadi tim Afrika yang mungkin mencapai fase knockout, tetapi memulai kompetisi ini sebagai favorit ketiga untuk lolos dari Grup F, setelah semifinalis tahun 2018 yakni Belgia dan finalis Kroasia.

Peringkat sepak bola Gracenote Sports dikembangkan pada tahun 2002. Metodologi berdasarkan sistem Elo, yang digunakan untuk peringkat pemain catur yang telah disiapkan selama 16 tahun.

Setiap kali dua tim bersaing, satu poin "kemenangan" dari yang lain tergantung dari hasil, margin kemenangan, siapa tim yang menjadi tuan rumah dan relatif kekuatan dari kedua tim yang bermain.

Gracenote juga mempertimbangkan jumlah poin yang berpindah tangan sesuai dengan pentingnya kompetisi tersebut, jadi Piala Dunia dan kejuaraan kontinental adalah yang paling penting dan pertandingan persahabatanmenjadi tidak penting.

 

4 dari 4 halaman

Perkiraan Diperbarui Setiap Hari

Sebagai contoh, jika Brasil (peringkat satu) memenangkan pertandingan persahabatan di tempat netral melawan peringkat 30 Kosta Rika 1-0, Brasil akan meningkatkan peringkatnya dengan poin yang relatif sedikit karena hasil itu kurang diharapkan.

Namun, apabila Jerman mengalahkan Brasil 7-1 di Brasil pada Piala Dunia di Brazil, peringkat Jerman akan meningkat pesat dengan mengorbankan Brazil karena keduanya adalah tim yang kuat dan hasil akhir serta margin kemenangan adalah sesuatu yang mengejutkan.

Simulasi ini akan dijalankan setelah hasil pertandingan setiap harinya, selama Piala Dunia 2022 berlangsung, dengan prakiraan baru yang akan mempertimbangkan informasi terkini.

Prakiraan baru akan diunggah di Nielsen World Cup Data Hub yang dapat dilihat di tautan https://www.nielsen.com/insights/2022/fifa-world-cup-2022-data-hub/

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.