Sukses

Samsung Janjikan Update One UI Lebih Cepat Tahun Depan

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah menggulirkan One UI 5 untuk sejumlah perangkat sejak akhir Oktober 2022. Kehadiran One UI versi terbaru ini disebut menjadi salah satu yang tercepat digulirkan Samsung.

Melalui unggahan di blog perusahaan, Samsung menyebut pihaknya berupaya untuk menghadirkan One UI lebih cepat ke banyak perangkat. Karenanya, seperti dikutip dari GSM Arena, Minggu (20/11/2022), Samsung berencana untuk melakukan hal serupa di tahun depan, bahkan lebih cepat.

Untuk diketahui, Samsung memang menjadi salah satu vendor yang terbilang cepat merilis pembaruan berbasis Android 13. Sebagai gambaran, Google merilis Android 13 pada 15 Agustus, dan Samsung merilis One UI 5 pertama kali pada 24 Oktober 2022.

Dengan demikian, Samsung hanya membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk mulai menggulirkan One UI berbasis Android 13 ke perangkat besutannya. Kehadiran One UI ini juga tidak hanya menjangkau perangkat kelas flagship.

Menurut laporan, sejumlah seri Galaxy A pun disebut sudah mendapatkan One UI 5. Jadi, ada beberapa model yang sudah mendapatkan update tersebut di tahun ini, tidak perlu menunggu 2023.

Salah satu alasan Samsung dapat meningkatkan kecepatan pembaruan Android 13 disebut tidak lepas dari kemitraan yang erat dengan Google. Untuk itu, Samsung akan terus akan terus memperkuat kerja sama dengan Google.

"Samsung Electronics akan terus memperkuat kerja sama dengan Google dan secara aktif mendengarkan masukan pengguna untuk terus memperbarui One UI lebih cepat dan dengan kesempurnaan lebih tinggi," tulis perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Sederet Fitur Baru di Samsung One UI 5

Samsung sudah mulai menggulirkan One UI 5 secara bertahap ke para pengguna smartphone Galaxy mereka di seluruh dunia, dengan menghadirkan sederet fitur-fitur baru.

Dikutip dari siaran persnya, Jumat (18/11/2022), ada beberapa pembaruan yang dihadirkan Samsung melalui One UI 5.

Pertama adalah fitur Bixby Text Call yang baru, memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan cara yang paling nyaman bagi mereka. Dengan Bixby Text Call, pengguna dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan.

Platform pintar Bixby, mengubah teks menjadi audio dan membagikannya langsung dengan penelepon mewakili pengguna, menunjukkan kepada pengguna apa yang dikatakan penelepon dengan mengubah suaranya menjadi teks.

Samsung mengatakan, fitur ini sangat cocok untuk saat-saat ketika pengguna butuh berkomunikasi tetapi tidak selalu dapat didengar, seperti saat di kereta yang sibuk atau di konser yang bising.

Sebagai catatan, versi bahasa Inggris dari Bixby Text Call direncanakan akan tersedia di awal 2023 melalui software update One UI.

 

3 dari 5 halaman

Fitur Lain di One UI 5

Fitur baru lainnya adalah Routines, di mana pengguna bisa membuat urutan tindakan pada perangkat berdasarkan aktivitas. Selain itu ada juga Modes yang membuat pengguna dapat membuat setting yang dikustomisasi, untuk berbagai bagian yang berbeda dari kehidupan.

Sebagai contoh saat berolahraga, prioritas pengguna mungkin mematikan notifikasi untuk tetap fokus olahraga dan memutar musik. Lalu saat tidur, mematikan suara dan menurun kecerahan layar dapat membantu untuk rileks.

One UI 5 juga menawarkan tampilan dan nuansa baru untuk membuat pengalaman lebih ramah dan mulus, mulai dari ikon aplikasi yang lebih menonjol dan sederhana, hingga skema warna yang disederhanakan.

Notifikasi di One UI 5 juga lebih intuitif sehingga lebih mudah untuk dibaca sekilas. Ditawarkan juga tombol jawab dan tolak yang lebih jelas, untuk menerima panggilan telepon melalui pop-up call display yang didesain ulang.

Samsung juga mengatakan "personalisasi dan kemampuan untuk mengekspresikan diri juga merupakan bagian penting dari pengalaman seluler setiap orang." Untuk itu, One UI 5 mendukung kustomisasi yang mudah dan beragam secara langsung di dalam lock screen.

Dengan beberapa ketukan, pengguna bisa memangkas video untuk mengubah momen-momen menjadi kilasan di ponsel. Pengguna dapat membuat lock screen ini terasa lebih dikustomisasi dengan mengubah wallpaper, gaya jam, dan pop-up notifikasi dari satu layar.

4 dari 5 halaman

Personalisasi dan Kemampuan Mengekspresikan Diri

Widget di One UI 5 juga hadir dengan opsi baru yang menarik dan kemampuan untuk menjaga Home Screen tetap rapi dengan Stack Widget terbaru.

Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan drag and drop pada widget di atas satu sama lain, dan swipe kiri atau kanan untuk menggulirkan setiap widget dengan cepat dan mudah, untuk mengosongkan ruang di Home screen dan menggunakannya dengan efisien.

One UI 5 juga dilengkapi dengan Smart Suggestion untuk widget. Berdasarkan pola penggunaan dan konteks aktivitas seluler, fitur ini secara otomatis menyarankan aplikasi dan tindakan yang membuat pengalaman lebih personal.  

Di One UI 5, Samsung juga mengatakan pengguna bisa lebih mudah untuk mengekstrak teks dari gambar dan membagikannya ke catatan, melalui ekstraksi teks cerdas.

Connected devices menu baru juga akan membantu pengguna untuk mengontrol semua perangkat yang terhubung ke smartphone. Pengguna akan bisa mengakses semua fitur yang bekerja dengan perangkat lain seperti Quick Share, Smart View, dan Samsung DeX.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS