Sukses

Qualcomm: Snapdragon 8 Gen 2 Bawa Pengalaman Main Game Sekelas Konsol dan PC ke HP Android

Lewat Snapdragon 8 Gen 2 ini, perusahaan memperkenalkan fitur baru ke dalam platform Snapdragon Elite mereka.

Liputan6.com, Hawaii - Qualcomm tampaknya semakin serius untuk menghadirkan pengalaman bermain gim di konsol ke smartphone, lewat chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang baru diumumkan.

Lewat Snapdragon 8 Gen 2 ini, perusahaan memperkenalkan fitur baru ke dalam platform Snapdragon Elite mereka.

Adapun fitur baru itu adalah teknologi ray tracing ini dipercepat dengan perangkat keras secara real-time, sehingga mampu menghadirkan cahaya, pantulan, dan iluminasi lebih nyata ke game seluler.

Karena sudah tertanam di Snapdragon 8 Gen 2, tinggal bagaimana dari developer mengembangkan game mereka sehingga support teknologi baru ini.

Dipadukan dengan GPU Qualcomm Adreno dan CPU Qualcomm Kryo, pengguna akan mendapat tampilan gameplay sekelas konsol tetapi baterai tahan lama.

Principal Engineer dan Gaming di Qualcomm, Todd LeMoine, mengatakan, "Pemain dapat membuat atau melihat karakter mereka di dalam gim lebih fotorealistik berkat dukungan Unreal Engine 5 Metahumans Framework pada Snapdragon."

Todd menyebutkan, saat ini sudah ada beberapa pengembang besar di berbagai negara sudah siap meluncurkan gim buatannya yang sudah mendukung teknologi ray-tracing.

"Ubisoft saat ini sedang mengembangkan game Rainbow Six Mobile yang sudah mendukung teknologi ray-tracing," papar Todd dalam sesi Snapdragon Summit 2022, Rabu (16/11/2022).

Selain Rainbow Six Mobile, season baru Fortnite yang dikembangkan menggunakan Unreal Engine 5, War Thunder Edge, dan Justice Mobile (NetEase) juga sudah mendukung teknologi ray-tracing.

Selain keempat gim tersebut, pihak Qualcomm mengatakan saat ini sudah ada 30 gim mobile yang dikembangkan menggunakan Unreal Engine 5 dan beroperasi secara optimal di Snapdragon 8 Gen 2.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemampuan Ray-Tracing di Snapdragon Elite

Lebih lanjut, Tekno Liputan6.com pun mencoba secara langsung seperti apa teknologi ray-tracing ini beroperasi dengan memainkan game PUBG Mobile: New State dan Justice Mobile.

Saat main gim Justice Mobile, terlihat dengan jelas bagaimana ray-tracing ini dapat memperlihatkan kemampuannya secara langsung.

Dari sisi grafis memang terlihat lebih detail, namun yang cukup mengejutkan adalah bagaimana teknologi ini mampu menampilkan pantulan tidak tampil di dalam satu frame.

Qualcomm menyebutkan, fitur ini dapat diaktifkan secara otomatis atau menggunakan tombol di dalam gim. "Tergantung dari developer, fitur ray-tracing ini dapat diaktifkan secara manual atau otomatis dari sisi pengembang."

Kepada rekan media yang hadir dalam ajang Snapdragon Summit 2022, perusahaan mengatakan fitur ini hanya mendukung layar beresolusi 2K (2560 x 1440 piksel).

3 dari 4 halaman

Ini Daftar HP Android yang Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Tahun Depan

Qualcomm baru saja kehadiran chipset terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2, di Hawaii, Amerika Serikat Selasa 15 November 2022.

Tampil dengan peningkatan dalam hal teknologi AI, kamera, keamanan data, dan performa gaming, ponsel mana saja yang akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 di HP Android buatan mereka?

Sayangnya, tahun ini Qualcomm masih tutup mulut soal siapa vendor pertama yang akan memakai Snapdragon 8 Gen 2.

Meski begitu, perusahaan asal Amerika Serikat itu mengungkap daftar HP Android yang akan pakai Snapdragon 8 Gen 2 tahun 2023 mendatang.

Lewat presentasinya di Snapdragon Summit 2022, PJ Jacobowitz, Staff Manager dan Product Marketing Qualcomm Technologies, ada 15 vendor ponsel yang siap memakai chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini.

- Asus ROG

- Honor

- iQOO

- Motorola

- Nubia

- OnePlus

- Oppo

- Redmagic

- Redmi

- Sharp

- Sony

- Vivo

- Xiaomi

- Xingji/Meizu

- ZTE

Walau belum ditentukan siapa, beberapa pihak masih meyakini Xiaomi akan menjadi ponsel pertama yang akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 di Xiaomi 13.

Lainnya berpendapat, Vivo X90 Pro+ yang akan dirilis dalam waktu dekat ini menjadi HP Android pertama dengan chipset baru milik Qualcomm ini.

Selain kedua perusahaan di atas, masih ada beberapa merek ponsel lain yang juga berpotensi pakai Snapdragon 8 Gen 2 ini, seperti Honor, Oppo, hingga iQOO dari daftar di atas.

Menurut kamu vendor apa yang akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini? Pantau terus informasinya di Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.