Sukses

DG Esports Jadi Salah Satu Perwakilan Indonesia di AOV Premier League 2022

Liputan6.com, Jakarta - Dunia Games Esports atau DG Esports bakal jadi salah satu tim yang mewakili Indonesia di Arena of Valor (AOV) Premier League 2022 di Vietnam.

Sebelumnya, DG Esports berhasil menempati posisi ketiga di AOV Star League (ASL) Winter 2022 yang digelar secara nasional di Indonesia.

Nantinya, DG Esports akan berlaga di AOV Premier League 2022 yang diselenggarakan mulai 16 November sampai 11 Desember 2022, di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Tim DG Esports akan menemani tim esports lainnya yang menjadi peringkat satu dan dua ASL Winter 2022 yaitu Dewa United dan ArchAngel.

Mengutip siaran pers, Kamis (17/11/2022), DG Esports akan menjalani sejumlah tahapan turnamen di AOV Premier League 2022, yang dimulai di fase Group Stage pada 16 sampai 21 November 2022.

Jika lolos maksimal sebagai Top 2, mereka akan melanjutkan perjuangannya ke tahap Semi Final dan Final pada 10 sampai 11 Desember 2022.

Di fase Group Stage, DG Esports akan tergabung di grup D dan akan menghadapi Tim Bacon Time yang merupakan juara Thailand, dan Flash Wolves yang merupakan runner up Taiwan.

Di AOV Premier League 2022, Tim DG Esports akan diwakili 8 pemain/roster. Mereka adalah DG.Backdoor, DG.Ayep, DG.Nugs, DG.Pahlevi, DG.1Z, DG.One, DG.Hound, dan DG.DIY.

Ajang ini sendiri merupakan turnamen AOV berskala internasional ke-4 yang diikuti oleh DG Esports. Adapun, total hadiah yang diperebutkan senilai USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Diapresiasi Telkomsel

Lolosnya DG Esports ke AOV Premier League 2022 juga diapresiasi oleh operator telekomunikasi Telkomsel.

"Telkomsel melalui Dunia Games merasa bangga dan mengucapkan selamat bertanding bagi Tim DG Esports yang akan menjadi salah satu perwakilan Indonesia di ajang AOV Premier League 2022 di Vietnam," kata Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana.

"Kami berharap torehan prestasi Tim DG Esports nantinya dapat semakin meningkatkan prestasi talenta Indonesia dengan menunjukkan kapabilitas dan ekosistem esports Indonesia yang telah dimiliki, termasuk skill dan kemampuan atlet esports Tanah Air," kata Nirwan.

DG Esports sendiri merupakan tim esports besutan Dunia Games dan Telkomsel, yang telah didirikan sejak 2017.

DG Esports memiliki lima divisi game yang terdiri dari berbagai genre seperti PUBG Mobile, Mobile Legends Bang Bang, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan Arena of Valor.

3 dari 4 halaman

Riot Ambil Alih LoL dan TFT dari Garena

Di sisi lain, Riot Games akan mengambil alih hak penerbit game League of Legends (LoL) dan Teamfight Tactics ("TFT") di Asia Tenggara dan Taiwan dari Garena.

Informasi diumumkan lewat postingan di blog perusahaan, dan akan berlaku mulai Januari 2023, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Kamis (10/11/2022).

Diketahui, Garena dan Riot Games sudah menjalin kemitraan sejak 12 tahun lalu. Dengan tambahan LoL dan TFT, maka Riot Games telah menerbitkan lima gim di Asia Tenggara dan Taiwan.

Adapun ketiga gim lainnya, antara lain Valorant, League of Legends: Wild Rift, dan Legends of Runeterra. Selain itu, Riot Games juga menunjuk Taiwan Mobile dan VNGGames sebagai penerbit baru LoL dan TFT masing-masing di Taiwan dan Vietnam.

Walau server baru kedua gim akan online pada Januari 2023 mendatang, perusahaan sudah meminta player untuk melakukan backup data mereka.

 

4 dari 4 halaman

Proses Migrasi Akun

Garena dan Riot Games saat ini sedang bekerja sama untuk proses migrasi akun kedua gim, dan membuka proses link akun mulai 18 November 2022.

Setelah proses penautan akun pada bulan November, gamer dapat terus bermain LoL melalui client Garena hingga awal Januari 2023. Namun, mulai bulan Januari, server Riot akan dibuka dan semua pemain dapat mengakses League of Legends di client multi-game Riot.

Pemain akan diminta konfirmasi instruksi dan login melalui client multi-game Riot pada bulan Januari, dan riwayat game sepenuhnya dimigrasikan.

Berhubung akun Garena untuk LoL dan TFT tidak akan akftif lagi setelah migrasi, maka akun gamer yang tidak memindahkan data mereka sebelum 31 December akan dihapus.

Karena akan mengambil alih LoL secara penuh dari Garena, maka Riot akan mengurus sendiri seluruh kejuaraan lokal dan regional di masing-masing area.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS