Sukses

Qualcomm Resmi Perkenalkan Chipset Snapdragon 8 Gen 2 di Hawaii

Qualcomm akhirnya mengungkap kehadiran chipset terbarunya, yakni Snapdragon 8 Gen 2 dalam gelaran Snapdragon Summit 2022 pada Rabu (16/11/2022) di Maui, Hawaii, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Hawaii - Qualcomm akhirnya mengungkap kehadiran chipset terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2, dalam gelaran Snapdragon Summit 2022 pada Rabu (16/11/2022) di Maui, Hawaii, Amerika Serikat.

Dalam acara peluncuran Snapdragon 8 Gen 2, Qualcomm berusaha untuk menjadikan chipset barunya ini sebagai standar baru lebih dari sekadar untuk smartphone.

"Ponsel saat ini luar biasa dan menjadi platform paling canggih buatan manusia dengan beragam fitur inovatif di dalamnya," kata President and Chief Executive Officer of Qualcomm, Cristiano Amon, di atas panggung.

"Entah itu mulai dari streaming hingga main gim, semua dapat dilakukan di perangkat mobile. tahun ini, kita ingin melaju lebih jauh dengan memperkenalkan teknologi inovatif."

“Kita menyadari, selain ponsel perangkat saat ini sudah dipakai lebih umum dan terkoneksi dengan ekosistem mobile, compute, XR, wearables, gaming, dan auto,” ucap Cristiano.

Yup, Qualcomm ingin Snapdragon 8 Gen 2 menjadi chipset standar baru untuk seluruh platform dan komputasi terhubung alias di seluruh perangkat teknologi.

Tak hanya itu, perusahaan mengklaim chipset teranyarnya ini dirancang khusus dengan teknologi AI terinovatif untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.

Hal ini juga terlihat di Snapdragon 8 Gen 2, di mana perusahaan memperkenalkan deretan fitur dan teknologi inovatif.

Di chipset baru ini, perusahaan meng-highlight beberapa teknologi inovatif yang hadir di Snapdragon 8 Gen 2.

Pada kali ini, perusahaan mengembangkan teknologi Snapdragon Smart dengan AI lebih pintar.

Ditenagai Qualcomm AI Engine baru dan performa Hexagon ditingkatkan hingga 4,35x, Snapdragon 8 Gen 2 diklaim menjadi mobile platform Snapdragon pertama mendukung INT4—format presisi AI yang revolusioner.

Selain itu, diperkenalkan juga Snapdragon Sight yang kini mendukung sensor kamera baru Samsung ISO Cell HP3 200MP dan milik Sony.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan di Snapdragon Gaming Elite

Lainnya, Qualcomm juga meningkatkan kemampuan Snapdragon Gaming Elite di chipset barunya ini. Disebutkan, gamer kini dapat menikmati game mereka lebih imersif dengan teknologi ray tracing.

Yup, berbekal teknologi ray tracing, gamer dapat melihat cahaya, pantulan, iluminasi, serta grafis lebih detail dan nyata layaknya main gim di konsol.

Dalam hal konektivitas, perusahaan meningkatkan kemampuan 5G, Wi-Fi, dan Bluetooth dengan memadukan Snapdragon X70 5G Modem-RF System dan Qualcomm 5G AI Processor.

Memanfaatkan kekuatan AI ini, kecepatan upload dan download, jangkauan, latensi, serta efisiensi daya 5G pun lebih baik dari sebelumnya.

Qualcomm juga menyebutkan, chipset barunya ini menjadi platform Snapdragon pertama yang mendukung 5G+5G/4G Dual-SIM Dual-Active yang memanfaatkan kekuatan dan fleksibilitas dua SIM 5Gbersamaan.

Tak hanya itu, Qualcomm juga melengkapi koneksinya dengan Qualcomm FastConnec 7800 untuk menawarkan Wi-Fi 7 yang berlatensi rendah dan koneksi Bluetooth ganda.

3 dari 4 halaman

Suara Semakin Imersif

Qualcomm juga memperkenalkan teknologi Snapdragon Sound di chipset barunya ini, di mana pengguna dapat menikmati musik, telepon, dan gaming lebih baik.

Teknologi ini juga menampilkan audio spasial dengan pelacakan gerakan kepala yang dinamis, sehingga dapat merasakan pengalaman suara surround.

Bagi penikmat musik lossless, teknologi baru milik Qualcomm ini akan memungkinkan pengguna menikmati streaming musik lossless 48kHz dengan suara lebih detail.

Perusahaan juga menyertakan sistem keamanan lebih baik di chipset baru ini, dengan memperkenalkan Snapdragon Secure.

Adapun Snapdragon Secure ini menawarkan isolasi terbaru, kriptografi, manajemen kunci, dan masih banyak lagi, yang dirancang untuk melindungi data dan privasi pengguna.

Teknologi keamanan ini diklaim dapat membatasi paparan dan eksploitasi data pada perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2.

Perangkat yang Pakai Snapdragon 8 Gen 2

Lebih lanjut, Qualcomm berencana untuk meluncurkan Snapdragon 8 Gen 2 secara komersil di ponsel flagship pada akhir tahun 2022.

Adapun vendor yang akan menggunakan chipset baru Qualcomm ini antara lain Asus ROG, Honor, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Redmagic, Redmi, Sharp, Sony, Vivo, Xiaomi, Xingji/Meizu, dan ZTE.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.