Sukses

Elon Musk Pakai Batik Saat Hadir Secara Virtual di B20

Elon Musk hadir secara virtual saat mengisi salah satu sesi di event B20 dengan menggunakan Batik Bomba yang berasal dari Sulawesi Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk akhirnya tampil menjadi salah satu pembicara dalam event B20 yang digelar di Bali. Meski hadir secara virtual, kehadirannya berhasil menarik perhatian publik Tanah Air.

Salah satu yang sempat menyorot perhatian adalah pakaian yang digunakan CEO Tesla tersebut. Menurut Anindya Bakrie, batik yang dipakai Elon berasal dari salah satu desa di Sulawesi Tengah.

"Terima kasih telah memakainya. Batik itu kami kirimkan 15.000 km jauhnya," tutur CEO dan President Bakrie & Brothers tersebut saat menjadi moderato dalam sesi 1-on-1 tersebut, Senin (14/11/2022).

Menurut Anindya, batik yang dikenakan Elon merupakan Batik Bomba. Batik tersebut berasal dari salah satu wilayah di Sulawesi Tengah yang juga dikenal sebagai penghasil nikel.

"Batik Bomba yang Anda gunakan berasal dari sebuah desa kecil di Sulawesi Tengah. Di tempat tersebut Anda akan menemukan banyak nikel, sehingga mungkin Anda ingin mengunjunginya," tutur Anindya.

Untuk diketahui, Elon menjadi pengisi dalam sesi 1-on-1 di B20 Summit dengan tema Navigating Future Disruption of Global Technological Innovation. Dalam sesi itu, ia berbicara mengenai sejumlah topik, mulai dari SpaceX, Tesla, Boring Company, hingga rencananya membawa manusia ke Mars.

Awalnya, Elon dijadwalkan untuk menghadiri secara langsung event B20 kali ini. Namun menurut Chairwomen B20, Shinta Kamdani, ia tidak bisa datang langsung ke Indonesia dan memilih hadir secara virtual.

Shinta menuturkan, absennya pemilik baru Twitter ini ke Bali, karena ada urusan mendadak. "Ada urusan mendadak. Elon tadinya mau hadir cuma mendadak ada urusan dia," tutur Shinta seperti dikutip dari kanal Global Liputan6.com.

Sebagai informasi, B20 merupakan forum dialog resmi KTT G20 yang dilakukan komunitas bisnis global. Didirikan pada 2010, B20 bertugas merumuskan rekomendasi kebijakan tentang-tentang isu seputar bisnis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Elon Musk hingga Aktris Anne Hathaway Jadi Pembicara B20 Summit Hari Ini

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) menyelenggarakan B20, yang berlangsung pada 13-14 November 2022 di Bali. KTT B20 tahun ini mengangkat tema memajukan pertumbuhan yang inovatif, inklusif, dan kolaboratif untuk mendukung tema G20 Recover Together, Recover Stronger.

B20 dilaksanakan untuk mewakili komunitas bisnis global, dengan mandat guna memberikan rekomendasi kebijakan yang dapat ditindaklanjuti mengenai prioritas yang ditetapkan oleh setiap kepresidenan untuk memacu pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Namun ada yang menarik di gelaran hari kedua hari ini 14 November 2022, sebab CEO Tesla Elon Musk dilaporkan batal datang ke Bali untuk hadir sebagai salah satu pembicara dalam gelaran KTT B20. Musk sendiri dijadwalkan akan menjadi pembicara pada hari kedua, 14 November 2022.

Absennya Elon secara langsung di Bali diketahui dari Chairwoman B20, Shinta Kamdani. Meski batal hadir, pemilik Twitter tersebut disebut akan hadir secara virtual.

Selain itu, juga ada Presiden Direktur Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) Alvin Sariaatmadja yang menjadi salah satu pembicara dalam acara B20.

Acara dibuka oleh sambutan dari Shinta Widjaja Kamdani sebagai Ketua B20 Indonesia, dan dilanjutkan oleh Arsjad Rasjid yang merupakan Ketua Umum KADIN Indonesia. Sementara, pidato utama KTT tentang kemitraan publik dan swasta untuk SPUR pertumbuhan ekonomi oleh Menteri Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Berikut daftar Menteri dan CEO yang hadir dalam acara B20 hari kedua, dilansir dari laman KADIN, Senin (14/11/2022).

Dialog KTT tentang memanfaatkan kekuatan inovasi untuk masa depan pertumbuhan ekonomi, disampaikan oleh:

-          Klaus Schwab, Pendiri dan Ketua Eksekutif, Forum Ekonomi Dunia

-          Young Liu, Ketua Hon Hai Group Teknologi (Foxconn)

3 dari 5 halaman

Diskusi Panel Lain

Diskusi panel KTT tentang memanfaatkan kekuatan inovasi untuk pertumbuhan ekonomi masa depan oleh:

-          Alvin Sariaatmadja, Presiden Direktur Elang Mahkota Teknologi (EMTEK)

-          Anthony Tan, CEO dan Co-Founder, Grab

-          Candace Johnson, Co-Founder, SES dan Loral-Teleport Europe

-          Christian Gebara, CEO Telefonica Brasil

-          Deep Kapuria, Ketua Grup Teknologi Tinggi

Kemudian dilanjutkan diskusi tentang investasi dalam bakat masa depan, teknologi dan sumber daya keuangan bersama Changpeng Zhao yang merupakan CEO Binance.

Pidato utama KTT tentang keseimbangan pertumbuhan ekonomi global dan perlindungan lingkungan oleh Jeff Bezos yang merupakan Ketua Eksekutif Amazon.

Sementara, Elon Musk CEO Tesla yang harusnya dijadwalkan hadir fisik, menjadi hadir online. Musk akan menyampaikan materi tentang menavigasi gangguan masa depan inovasi teknologi global.

4 dari 5 halaman

Dialog KTT

Dialog KTT tentang mengemudi kemitraan publik-swasta untuk berubah pertumbuhan ekonomi global disampaikan oleh:

-          Bambang Susantono, Kepala Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN)

-          Alvaro Pereira, Deputi Keuangan G20 dan Penjabat Kepala Ekonom OECD

-          Bruce Armstrong, Group Chief Executive Officer Aspen Medical

-          Natalie Black, Komisaris Perdagangan United Kingdom

-          Paul Polman, Penulis Bersama “Net-Positive”

-          R Dinesh, Wakil Ketua Eksekutif, Solusi Rantai Pasokan TVS Ltd

Dialog KTT tentang navigasi gangguan melalui inovatif dan pemulihan transformatif oleh:

-          Presiden Yoon Suk-yeol dari Republik Korea

-          Thani bin Ahmed Al Zeyoudi, Menteri Negara Perdagangan Luar Negeri, Uni Emirat Arab

-          Sri Mulyani Indrawati, Menteri Keuangan Indonesia

Dialog KTT tentang investasi dalam pertumbuhan inklusif untuk masa depan tangguh oleh:

-          Anne Hathaway, Duta Besar Niat Baik Wanita PBB

-          Alan Jope, CEO Unilever

-          Kathleen L. Quirk, Presiden Freeport-McMoRan Inc

-          Mari Elka Pangestu, Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan, Bank Dunia

-          Roy Gori, CEO, Manulife

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis KTT G20 Bali Tanpa Putin & Zelensky, Daftar Hadir Pemimpin Negara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.