Sukses

Elon Musk Ungkap Twitter Berisiko Bangkrut

Dalam komunikasi dengan para karyawan, Elon Musk menyebut ada kemungkinan Twitter akan menghadapi kebangkrutan pada tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk dilaporkan baru berkomunikasi kepada para karyawan Twitter usai dua minggu mengambil alih perusahaan tersebut. Dalam komunikasi pertamanya pada para karyawan, CEO Tesla itu banyak membicarakan kondisi perusahaan.

Salah satunya, menurut laporan The Information dan Platformer, Elon Musk terang-terangan menyebut Twittter telah kehilangan banyak uang. Karenanya, tidak tertutup kemungkinan perusahaan akan mengalami kebangkrutan (bangkrut).

Mengutip informasi dari Engadget, Sabtu (12/11/2022), Twitter memang belum menghasilkan keuntungan sejak 2019. Bahkan, ketika Elon Musk mengambil alih perusahaan, pendapatan iklan menurun secara signifikan, karena banyak pengiklan mundur.

Dengan kondisi ini, Musk menuturkan, perusahaan akan memiliki arus kas negatif hingga beberapa miliar dolar di tahun depan. Untuk itu, ia menyebut masa depan perusahaan akan bergantung pada layanan Twitter Blue yang kini hadir dengan sejumlah fitur baru.

"Alasan kami cukup keras (menghadirkan) pelanggan adalah untuk menjaga Twitter tetap hidup," tuturnya. Di samping itu, sejumlah petinggi perusahaan dilaporkan telah mengundurkan diri.

Beberapa di antaranya yang diketahui sudah mengundurkan diri adalah Chief Information Security Officer, Chief Privacy Officer, dan Chief Compliance Officer. Menyusul kemudian, ada Head of Trust and Safety Yoel Reth dan VP of Client Solutions Robin Wheeler.

Topik lain yang dibahas Elon Musk dalam pesannya tersebut adalah larangan karyawan Twitter melakukan WFH (Work From Home). Ia menegaskan, karyawan harus menghabiskan 40 jam seminggu di kantor, kecuali jika ada izin dari manajemen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Elon Musk Larang Karyawan Twitter WFH, Ini Alasannya

Menurut laporan Bloomberg, dikutip dari Engadget, Kamis (11/11/2022), Elon Musk mengatakan kepada para karyawan bahwa mereka perlu mempersiapkan "masa-masa sulit di masa depan" untuk bisnis yang bergantung pada iklan seperti Twitter.

Elon Musk ingin strategi biaya berlangganan menyumbang setengah dari pendapatan perusahaan. Demikian komunikasi resmi Musk, sejak dirinya membeli Twitter.

Sebelumnya, Twitter mengharuskan karyawan kerja jarak jauh selama pandemi, memungkinkan banyak karyawan bekerja dari rumah.

Saat ini perusahaan memberlakukan hari istirahat tambahan reguler untuk karyawan dan inisiatif lain yang telah dipotong Musk, di mana perubahan haluan Twitter akan membutuhkan 'kerja yang intens'.

Perusahaan di bawah Elon Musk lainnya, SpaceX dan Tesla, juga mewajibkan karyawan bekerja di kantor, kecuali manajemen secara khusus menyetujuinya.

Ketika Musk menulis surat kepada kedua kelompok pekerja, dia mengatakan bahwa visibilitas adalah kunci untuk kepemimpinan senior, yang harus terlihat bekerja bersama bawahan mereka.

"Perjalanan ke depan akan sulit dan membutuhkan kerja keras untuk bisa sukses. Beberapa hari ke depan, prioritas utamanya adalah menemukan dan memblokir bot/troll/spam yang terverifikasi," tulisnya.

 

3 dari 5 halaman

Bikin Kaget, Simak Isi Email Pertama Elon Musk ke Karyawan Twitter

Sebelumnya, sebuah email pertama dari pemilik baru Twitter, Elon Musk menjadi sorotan berbagai media lokal maupun internasional.

Seperti diketahui, bos Tesla yakni Elon Musk beberapa pekan lalu telah menyelesaikan pembelian raksasa media sosial Twitter senilai USD 44 juta. Pembelian itu disusun dengan serangkaian perubahan pada jajaran eksekutif hingga pemangkasan karyawan.

Dilansir CNBC Internasional, Jumat (11/11/2022) dalam email pertamanya kepada seluruh jajaran karyawan Twitter, Elon Musk mengatakan dia mengakhiri kebijakan bekerja dari rumah untuk selamanya.

Menurut sebuah pesan email yang diperoleh CNBC, Musk ingin karyawan berada di kantor Twitter setidaknya 40 jam seminggu, dan berencana untuk secara pribadi menyetujui pengaturan alternatif apa pun.

Dia juga mengungkapkan kepada karyawan bahwa perusahaan mungkin tidak dapat bertahan dari penurunan ekonomi tanpa pendapatan langganan yang signifikan.

Elon Musk ingin mengalihkan bisnis Twitter sehingga menghasilkan setidaknya setengah dari pendapatannya dari langganan, dan dapat menjadi kurang bergantung pada iklan.

Namun sang miliarder juga mengatakan, bahwa dia masih mengantisipasi Twitter akan menghasilkan pendapatan yang signifikan dari pengiklan.

Kebijakan kembali ke kantor Musk untuk Twitter mencerminkan kebijakan yang ia terapkan di pembuat kendaraan listriknya, Tesla, awal tahun ini. Pada 31 Mei, dia memberi tahu Tesla karyawan bahwa mereka harus kembali ke kantor setidaknya 40 jam seminggu atau mengundurkan diri.

4 dari 5 halaman

Email Pertama Elon Musk pada Karyawan Twitter

Dari: Elon Musk (email dihapus)

Tanggal: 9 Nov 2022 (cap waktu dihapus)

Kepada: Tim

Maaf ini adalah email pertama saya ke seluruh perusahaan tetapi tidak ada cara untuk menutupi pesan tersebut.

Terus terang, gambaran ekonomi ke depan sangat buruk terutama untuk perusahaan seperti kita yang sangat bergantung pada periklanan dalam iklim ekonomi yang menantang. Selain itu, 70 persen dari iklan kami adalah merek, bukan kinerja spesifik, yang membuat kami sangat rentan!

Itulah mengapa prioritas selama sepuluh hari terakhir adalah mengembangkan dan meluncurkan langganan Terverifikasi Twitter Blue (alat peraga besar untuk tim!).

Tanpa pendapatan berlangganan yang signifikan, ada kemungkinan besar Twitter tidak akan bertahan dari penurunan ekonomi yang akan datang. Kami membutuhkan sekitar setengah dari pendapatan kami untuk berlangganan.

Tentu saja, kami masih akan sangat bergantung pada iklan, jadi saya menghabiskan waktu dengan tim penjualan dan kemitraan kami untuk memastikan bahwa Twitter terus menarik bagi pengiklan.

Ini adalah diskusi Spaces yang saya selenggarakan oleh Robin, Yoel, dan saya hari ini: (Tautan ke T&J Elon: Iklan & Masa Depan dihapus)

Jalan ke depannya akan sulit dan akan membutuhkan kerja keras. Kami juga mengubah kebijakan Twitter sehingga pekerjaan jarak jauh tidak lagi diizinkan kecuali Anda memiliki pengecualian khusus. Manajer akan mengirimkan daftar pengecualian kepada saya untuk ditinjau dan disetujui.

Mulai besok (Kamis), setiap orang wajib berada di kantor minimal 40 jam per minggu. Jelas, jika Anda secara fisik tidak dapat melakukan perjalanan ke kantor atau memiliki kewajiban pribadi yang penting, maka ketidakhadiran Anda dapat dimengerti.

Saya berharap dapat bekerja sama dengan Anda untuk membawa Twitter ke tingkat yang sama sekali baru. Potensinya benar-benar luar biasa!

Terima kasih,

Elon

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Waspada Penipuan Online Shop via Medsos. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.