Sukses

Happy Easter dan Selamat Paskah Bergema di X Twitter

Happy Easter dan Selama Paskah membanjiri linimasa X Twitter berisikan ucapan selamat, doa, dan harapan dari warganet.

Liputan6.com, Jakarta - Happy Easter atau Selamat Paskah hari ini, Minggu (31/3/2024), membanjiri linimasa X--dulunya bernama Twitter, bertepatan dengan Hari Raya Paskah.

Alhasil, keyword Happy Easter dan Selamat Paskah ini sudah trending di Twitter di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Adapun Paskah sendiri menandai momen kebangkitan Yesus Kristus pada hari ketiga setelah diri-Nya wafat di kayu salib, seperti yang tercatat dalam Alkitab Perjanjian Baru.

Berbagai ucapan selamat, doa, dan harapan dari warganet pun membanjiri lini masa X Twitter.

Pantauan Tekno Liputan6.com, keyword Selamat Paskah, Happy Easter, dan Kristus sudah dicuitkan oleh ribuan pengguna platform media sosial milik Elon Musk tersebut.

Hingga berita ini di-publish, Happy Easter sudah di twitt sebanyak 282 ribuan. Sedangkan keyword Selamat Paskah sudah dicuitkan sebanyak 5,532 cuitan. Sementara

Berikut cuitan warganet mengucapkan Selamat Paskah dan Happy Easter kepada umat Kristiani yang tengah merayakan Hari Raya Paskah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi: Semoga Semangat Paskah Beri Kedamaian dan Kebaikan

Umat Katolik memegang lilin saat Malam Paskah di gereja Santo Kristoforos di Jakarta pada 30 Maret 2024. (Yasuyoshi CHIBA/AFP)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Paskah bagi umat Kristiani yang merayakan. Jokowi berharap semangat Paskah memberikan kedamaian dan kebaikan bagi semua masyarakat Indonesia.

Hal ini disampaikan Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Minggu (31/3/2024). Dia juga mengunggah karikatur beragam masyarakat Indonesia dengan latar belakang gereja.

"Selamat Memperingati Hari Raya Paskah 2024 untuk saudara sebangsa umat Kristiani Indonesia. Semoga semangat Paskah senantiasa memberikan kedamaian dan kebaikan bagi kita semua," kata Jokowi.

Gereja Katedral Jakarta menyiapkan dekorasi siluet wayang pada perayaan Paskah 2024. Dekorasi siluet wayang itu sebagai perwujudan tema Paskah 2024 'Solidaritas dan subsidiaritas untuk mencapai kesejahteraan bersama'.

Wayang Paskah itu dapat dijumpai di halaman utama kompleks Katedral, Plaza Maria dan Plaza Kristus Raja. Tak hanya siluet wayang, Plaza Maria juga dihiasi dengan dekorasi khas Betawi dan Dayak penanda status ibu kota negara yang akan berpindah dari Jakarta ke Nusantara.

3 dari 4 halaman

Bayang Wayang di Kompleks Katedral, Plaza Maria dan Plaza Kristus Raja

Misa malam Paskah di gereja Santo Kristoforos berlangsung khusyuk dan khidmat. (Yasuyoshi CHIBA/AFP)

Adapun Siluet wayang atau bayang wayang dibuat dari bahan metal, simbol dari peleburan tradisi Paskah, budaya nusantara dan kondisi kekinian. Ada motif batik dengan garis-garis yang di desain modern, melambangkan gereja peduli dan terlibat aktif melestarikan nilai-nilai luhur tradisional Indonesia.

"Filosofi wayang atau bayang itu sendiri secara dalam menggambarkan kesederhanaan, refleksi kehidupan sekaligus pembawa terang dalam hidup manusia," kata Humas Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie dalam keterangan tertulis, diterima Jumat (29/3/2024).

Menurut Susyana, siluet wayang juga menggambarkan empat peristiwa di rangkaian perayaan Paskah dalam Pekan Suci. Pertama, kedatangan Tuhan Yesus di kota Yerusalem sebagai bagian peringatan Minggu Palma.

4 dari 4 halaman

Menonjolkan Pribadi Yesus yang Menjadi Panutan

Kedua, terkait ritual pencucian kaki para rasul oleh Yesus sebagai bagian dari peringatan Kamis Putih. Ketiga, Yesus disalib di bukit Golgota. Terakhir, soal kebangkitan Tuhan Yesus sebagai peringatan Minggu Paskah.

Penonjolan Figur Yesus Kristus dalam bentuk emas kali ini menonjolkan pribadi Yesus yang menjadi panutan dan teladan kita semua, melambangkan juga sinar terang dan poros bagi kehidupan kita," ucap Susyana.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini