Sukses

Kompetisi Panasonic Young Filmmaker Digelar 10 November 2022 hingga 3 Januari 2023, Begini Cara Daftarnya

Kompetisi Panasonic Young Filmmaker 2022, yang bertujuan untuk memajukan industri kreatif di Indonesia ini berkolaborasi dengan komunitas kreatif serta para profesional dari industri perfilman dan videografi.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2022, Panasonic kembali menggelar kompetisi Panasonic Young Filmmaker (PYFM) 2022.

Ajang ini digelar sebagai wadah bagi sineas dan kreator muda Indonesia untuk berkompetisi menghasilkan dan menunjukan karya terbaiknya dalam bentuk video.

Kompetisi yang bertujuan untuk memajukan industri kreatif di Indonesia ini berkolaborasi dengan komunitas kreatif serta para profesional dari industri perfilman dan videografi dalam setiap kategori.

Hal ini merupakan bentuk penyesuaian Panasonic dengan tren video dan digital yang terjadi saat ini, dan bertujuan untuk memperluas audience yang tidak hanya dari pembuat film tapi juga pembuat konten video digital dari berbagai latar belakang maupun minat.

Transformation and Service PT Panasonic Gobel Indonesia, Intan Abdams Katoppo, mengatakan ajang ini merupakan salah satu upaya perusahaan dalam berkontribusi memajukan industri kreatif Indonesia dengan memberikan wadah bagi para kreator muda menunjukan karyanya dalam bidang videografi.

"Juga sekaligus memberi kesempatan kepada mereka untuk bertemu dan berdiskusi dengan para profesional di bidangnya," ucap Intan melalui keterangan resminya, Jumat (11/11/2022).

Dalam rangkaian PYFM 2022, para filmmaker dan kreator konten akan diberikan kesempatan untuk saling belajar dari para ahli dan mendapatkan lebih banyak ilmu mengenai tren serta proses pembuatan film maupun video digital.

"Hal ini juga merupakan inisiatif Panasonic Lumix untuk tidak hanya menjadi merek kamera yang dicintai oleh penggemar video dan foto, tapi juga dapat mendukung para sineas dan kreator muda dalam menghasilkan karya-karya terbaik,” Intan menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Kategori Besar

General Manager Audio Visual & Small Domestic Appliance Product Marketing PT Panasonic Gobel Indonesia, Agung Ariefiandi, menyebut PYFM kali ini mengusung tema 'Strive' yang berarti berjuang, di mana merefleksikan kondisi saat ini yang masih dalam masa pasca-pandemi.

“Percepatan perkembangan digitalisasi di Indonesia selama masa pandemi kemarin juga membawa banyak perubahan dalam industri video dan media sosial, maka kali ini PYFM hadir dengan ragam kategori yang disesuaikan dengan tren video saat ini," tuturnya.

Terdapat tiga kategori besar yang dikompetisikan dalam PYFM 2022 yaitu Short Movie, Conceptual Video, dan Vertical Video.

Kategori Short Movie merupakan produksi film pendek dengan genre drama, komedi, horor, aksi, serta dokumenter berdurasi maksimal 10 menit.

Lalu, Conceptual Video merupakan produksi video yang terbagi kedalam empat sub-kategori yaitu, wedding video, pre-wedding video, nature & wildlife video, dan experimental video.

Kategori terakhir, Vertical Video, merupakan produksi video dengan format 9:16 yang juga terbagi dalam empat sub-kategori yaitu local travel video, local food video, education video, dan fashion & beauty video dengan durasi minimum 1 menit.

3 dari 4 halaman

Cara Daftar Kompetisi

Mengusung kampanye #BornToCreate, PYFM 2022 menggandeng juri kenamaan yakni sutradara dan penulis muda Yandy Laurens & cinematographer Goenrock untuk kategori short movie.

Lalu, ada Yudha Rizky & Aldio Ogut mewakili ContentAcademy.id, Bagoes Kresnawan, Babam Bramaditia, Barry Kusuma Pradityaka dan Gary Evan untuk kategori Conceptual Video dan Vertical video serta Agung Ariefiandi selaku representatif Panasonic Gobel Indonesia untuk seluruh kategori.

PYFM 2022 juga berkolaborasi dengan beberapa komunitas seperti Hunting Pasar, SWAPP, Content Academy, Kreatif Hub, Wedding Vidgram, DCI, SNXP dan Keratif Film School.

Seluruh kegiatan PYFM 2022 akan dilaksanakan selama dua bulan, mulai 10 November 2022 hingga 3 Januari 2023.

Dalam periode tersebut, Lumix bersama dengan komunitas akan mengadakan workshop roadshow mengenai pembuatan film pendek maupun konten video serta penjelasan fitur yang ada dalam kamera Lumix guna mendukung para kreator dalam seluruh proses pembuatan konten.

Untuk mengikuti kompetisi ini peserta dapat mendaftarkan karyanya melalui microsite 'pyfm2022.com', sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Setiap peserta berkesempatan memenangkan total hadiah Rp 360 Juta untuk seluruh kategori. Pengumuman pemenang akan diselenggarakan pada 20 Januari 2023.

4 dari 4 halaman

Infografis: 10 Film Indonesia dengan Penonton Terbanyak di Tahun 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.