Sukses

Top 3 Tekno: 1.000 Karyawan Microsoft Kena PHK hingga Pabrik Baru Oppo di Tangerang

Microsoft akan melakukan PHK kepada hampir 1.000 karyawan karena bayang-bayang resesi yang dihadapi perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft akan melakukan PHK kepada hampir 1.000 karyawan karena bayang-bayang resesi yang dihadapi perusahaan. Berita ini menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (18/10/2022).

Informasi lain yang juga populer datang dari Oppo Indonesia yang baru saja resmi membuka pabrik baru di Kota Tangerang, Banten.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Microsoft PHK Hampir 1.000 Karyawan

Microsoft baru saja mengumumkan akan PHK hampir 1.000 karyawan mereka, disebabkan bayang-bayang resesi yang dihadapi perusahaan.

Informasi pemutusan kerja ini diungkap Axios dan Business Insider berdasarkan laporan sumber anonim di Microsoft.

Dia menyebutkan, hampir 1.000 karyawan lintas divisi di Microsoft kena PHK. Berdasarkan situs perusahaan, Microsoft memiliki jumlah karyawan sebanyak 221.000 secara global.

"Seperti semua perusahaan, kami mengevaluasi prioritas bisnis secara teratur dan membuat penyesuaian struktural," ucap juru bicara Microsoft kepada Axio, Selasa (18/10/2022).

Dia menambahkan, "Kami akan terus berinvestasi dalam bisnis dan mempekerjakan karyawan di area utama yang berpotensi tumbuh pesat di tahun mendatang."

Diketahui, PHK Microsoft ini terjadi 3 bulan setelah perusahaan tersebut memangkas 1 persen karyawannya.

Selain Microsoft, perusahaan teknologi seperti Meta, Intel, dan Snap pun juga melakukan PHK imbas mengurangi pengeluaran biaya dan penurunan penjualan.

Di sisi lain, pembuat software itu mengumumkan akan memensiunkan Microsoft Office dan menganti nama menjadi Microsoft 365.

Hal ini seperti diungkap oleh perusahaan dalam Ignite pada Rabu pekan ini waktu setempat. Platform seperti Word dan Excel akan tetap ada dan akan tergabung dalam Microsoft 365, bukan lagi Microsoft Office.

Baca selengkapnya di sini 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Oppo Buka Pabrik Baru di Tangerang, Terapkan Standar Internasional

Oppo Indonesia telah membuka pabrik baru yang berada di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Pabrik Oppo Manufacturing Indonesia ini menggantikan pabrik sebelumnya yang berlokasi tidak jauh dari lokasi sekarang.

Untuk diketahui, pabrik lama Oppo Indonesia berada di Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Selain lokasi anyar, pabrik baru ini juga hadir dengan peningkatan fasilitas dan operasional yang signifikan.

Menurut PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A, pabrik ini menggunakan standar operasional yang mengacu pada standar internasional dan Tiongkok. Bahkan, desain pabrik ini mirip dengan kantor pusat Oppo yang ada di Tiongkok.

Dengan standar yang lebih baik, Aryo menuturkan, operasional di pabrik ini pun lebih efisien. Perusahaan asal Tiongkok ini menerapkan OPS (Oppo Production System) yang mengadopsi Lean Manufacturing System.

"Pabrik ini menerapkan OPS untuk membuat sistem produksi yang lebih efisien dan cepat dibandingkan pabrik sebelumnya," tutur Aryo dalam kunjungan Oppo Manufacturing Indonesia di Tangerang, Selasa (18/10/2022).

Hal ini juga dimungkinkan karena lokasi warehouse dan produksi yang kini berada dalam satu gedung, sehingga perpindahan bisa dilakukan lebih cepat. Berbeda dari pabrik sebelumnya dimana lokasi warehouse dan produksi berbeda.

Baca selengkapnya di sini 

 

3 dari 4 halaman

3. Samsung Galaxy A04 Rilis di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan

HP entry level terbaru Samsung yaitu Galaxy A04 resmi dirilis di Indonesia dan dijual dengan harga sekitar Rp 1 jutaan. Sebelumnya, perusahaan asal Korea Selatan ini sudah meluncurkan Galaxy A04s.

Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.mengatakan, mereka menghadirkan teknologi yang sebelumnya hanya ada di lini smartphone kelas flagship-nya, ke jajaran mid dan entry level.

"Kami ingin agar inovasi-inovasi terbaik Samsung dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi," kata Ricky dalam siaran persnya, Selasa (18/10/2022).

"Kami senang bisa menghadirkan Galaxy A04, HP Android sejutaan yang sudah dibekali dengan kamera utama beresolusi tinggi 50MP supaya semua orang bisa bikin konten dengan kualitas gambar yang jernih untuk eksis di TikTok atau Instagram," imbuhnya.

Galaxy A04 membawa kamera utama 50MP dan lensa depth 2MP. Sementara kamera swafotonya adalah 5MP. Fitur ini diklaim dapat menghasilkan konten misalnya untuk TikTok, dengan lebih maksimal.

Prosesornya menggunakan MediaTek P35 Octa-Core, serta menghadirkan RAM hingga 4GB yang didukung RAM Plus sampai 4GB.

Ini memungkinkan pengguna untuk dapat membuka bermacam aplikasi secara simultan atau pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tanpa lag berkepanjangan.

Baca selengkapnya di sini 

4 dari 4 halaman

Infografis Ancaman Gelombang PHK Massal Akibat Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.