Sukses

Oppo Buka Pabrik Baru di Tangerang, Terapkan Standar Internasional

 Pabrik ini menggunakan standar operasional yang mengacu pada standar internasional dan Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Indonesia telah membuka pabrik baru yang berada di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Pabrik Oppo Manufacturing Indonesia ini menggantikan pabrik sebelumnya yang berlokasi tidak jauh dari lokasi sekarang. 

Untuk diketahui, pabrik lama Oppo Indonesia berada di Kelurahan Pabuaran Tumpeng, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Selain lokasi anyar, pabrik baru ini juga hadir dengan peningkatan fasilitas dan operasional yang signifikan. 

Menurut PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A, pabrik ini menggunakan standar operasional yang mengacu pada standar internasional dan Tiongkok. Bahkan, desain pabrik ini mirip dengan kantor pusat Oppo yang ada di Tiongkok.

<p>Proses perakitan perangkat Oppo di pabrik. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Dengan standar yang lebih baik, Aryo menuturkan, operasional di pabrik ini pun lebih efisien. Perusahaan asal Tiongkok ini menerapkan OPS (Oppo Production System) yang mengadopsi Lean Manufacturing System. 

"Pabrik ini menerapkan OPS untuk membuat sistem produksi yang lebih efisien dan cepat dibandingkan pabrik sebelumnya," tutur Aryo dalam kunjungan Oppo Manufacturing Indonesia di Tangerang, Selasa (18/10/2022). 

Hal ini juga dimungkinkan karena lokasi warehouse dan produksi yang kini berada dalam satu gedung, sehingga perpindahan bisa dilakukan lebih cepat. Berbeda dari pabrik sebelumnya dimana lokasi warehouse dan produksi berbeda. 

Selain itu, dalam proses produksi, Oppo menggunakan conveyor belt mulai dari tahap assembly hingga packing. Karenanya, proses produksi bisa berjalan lebih berkelanjutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modernisasi Proses Produksi

<p>Pekerja sedang proses merakit perangkat Oppo. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Oppo juga memodernisasi proses produksi dengan menggunakan digitalisasi big data. Jadi, informasi terkait output monitoring dapat dilakukan secara real-time, baik mesin untuk produksi atau kualitas produk. 

Dengan luas bangunan 10 hektar, Aryo mengatakan, Oppo Manufacturing Indonesia merupakan pabrik pertama yang beroperasi di Asia Tenggara. Ia mengklaim, pabrik ini mampu memproduksi 1 hingga 2 juta unit per bulan. 

Lebih lanjut Aryo menuturkan, salah satu produk yang kini tengah digarap di pabrik ini adalah Oppo A77s. Saat ini, Oppo menyiapkan tiga line yang aktif untuk penggarapan A77s, dan satu line lainnya akan diaktifkan ketika permintaan perangkat ini semakin tinggi. 

"Tambahan satu line akan diaktifkan di masa peak, seperti jelang Natal dan Tahun Baru. Bahkan, selain penambahan line, ada pula penambahan shift menjadi dua dari satu," tutur Aryo menjelaskan.

<p>Pekerja pabrik Oppo sedang merakit perangkat. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Oppo A77s sendiri kini menjadi salah satu produk yang diminati konsumen dan terbilang baru, sehingga produksinya masih terus digencarkan. Aryo mengatakan, satu line tersebut bisa memproduksi hingga maksimal 2.800 unit per hari. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini