Sukses

Cara Hubungkan AirPods ke Android dan PC Windows

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah merilis versi terbaru AirPods Pro, yaitu AirPods Pro generasi kedua. Selain meningkatkan kualitas noise cancellation, perusahaan juga menggunakan model chip terbaru, Apple H2 pada perangkat ini.

Setelah perangkat itu diluncurkan, muncul pertanyaan apakah AirPods bisa digunakan pada perangkat selain iPhone, seperti perangkat Android dan PC Windows?

Perlu diketahui, AirPods merupakan earbuds yang menggunakan koneksi blutetooth untuk menghubungkannya dengan gadget lain.

Hal ini berarti selama perangkat yang akan digunakan memiliki sambungan bluetooth, pengguna bisa menyambungkan AirPods dengan perangkat tersebut.

Jika Android atau PC Windows yang dipakai pengguna memiliki sambungan bluetooth, pengguna sebenarnya bisa menghubungkannya dengan perangkat yang dimiliki.

Meskipun AirPods akan bekerja lebih baik ketika digunakan dengan perangkat Apple yang lain, bukan berarti perangkat ini tidak bisa terhubung dengan perangkat non-Apple.

Lantas, seperti apa cara menghubungkan AirPods dengan perangkat Android atau PC Windows?

Untuk mengetahui cara menghubungkan AirPods dengan perangkat selain Apple, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut seperti dikutip dari The Sun, Jumat (30/9/2022). 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Menyambungkan AirPods dengan Android atau PC Windows

Ketika menggunakan gadget selain Apple, pengguna tidak bisa memanfaatkan beberapa fitur yang dimiliki AirPods, seperti Siri. Akan tetapi, pengguna masih bisa memanfaatkan AirPods untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan.

Pengguna bisa masuk ke menu pengaturan bluetooth pada perangkat Android atau Windows yang dimiliki. Setelah menyalakan bluetooth, buka casing AirPods tanpa mengambil buds dari tempatnya.

Tekan tombol di belakang casing AirPods dan tahan sampai muncul cahaya putih dari indikator cahaya. Ini menandakan bluetooth AirPods sudah menyala.

Cari koneksi AirPods yang akan muncul pada daftar sambungan bluetooth di Android atau Windows. Pilih koneksi untuk menyambungkan koneksi.

Dari sini, pengguna bisa langsung menggunakan AirPods untuk mendengarkan musik atau kegiatan lainnya.

3 dari 5 halaman

Menyambungkan AirPods dengan Mac

AirPods Pro generasi kedua membutuhkan software versi terbaru dari Mac. Jadi, pastikan perangkat Mac yang akan digunakan sudah memiliki versi software terbaru, yakni macOS Ventura.

Jika pengguna sudah mengatur koneksi AirPods pada iPhone dan tersimpan pada ID iCloud yang bisa dibagikan ke perangkat Apple lain, pengguna bisa langsung menggunakan AirPods dengan lebih cepat.

Untuk memeriksanya, pengguna dapat langsung memasang buds AirPods di telinga, lalu membuka menu bluetooth di dalam Mac dan pilih AirPods. Dengan cara ini, AirPods akan segera tersambung dengan audio Mac.

Namun, apabila belum pernah login ID iCloud di Mac, pengguna bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini.

1. Pilih System Preferences dari Apple Menu.

2. Klik Bluetooth untuk menyalakan sambungan bluetooth, lalu buka casing AirPods tanpa melepas buds dari tempatnya.

3. Tekan lalu tahan tombol yang berada di belakang casing sampai muncul indikasi cahaya putih.

4. Pilih koneksi bluetooth AirPods dari daftar perangkat yang terdeteksi bluetooth Mac. Klik koneksi untuk menyambungkannya dengan perangkat Mac.

4 dari 5 halaman

Mengalihkan Sambungan AirPods dari Mac atau iPad ke iPhone

Dengan hadirnya iCloud, pengguna AirPods juga bisa dengan mudah mengalihkan sambungan bluetooth AirPods dari satu perangkat ke perangkat Apple lainnya.

Untuk melakukannya, perangkat harus memiliki versi software terbaru dari laptop, iPad, dan iPhone yang akan digunakan.

Namun, jika terjadi kesalahan dan sambungan tidak bisa dipindahkan, pengguna bisa mengatasinya dengan memeriksa kompatibilitas dari perangkat.

Kemungkinan, masalah ini terjadi karena Mac, iPad, atau iPhone tidak memiliki perangkat yang mendukung fitur ini.

Berdasarkan Apple Support, AirPods (generasi kedua dan ketiga) dan AirPods Pro (generasi pertama dan kedua) bisa dialihkan secara otomatis di antara Mac dengan macOS Big Sur, iPhone dengan iOS 14, dan iPad dengan iPad OS 14 atau versi lebih baru lainnya.

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.