Sukses

Spotify Gencar Cari Cuan, Fitur Gratis Ini Sekarang Cuma Hadir untuk Pengguna Premium

Spotify akan menetapkan kebijakan baru yang mengharuskan pengguna berlangganan paket Spotify Premium agar tetap menikmati fitur lirik yang sebelumnya gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify dikabarkan akan lakukan perubahan besar di layanan mereka. Salah satunya baru-baru ini, perusahaan melakukan uji coba untuk membatasi pengguna gratis mengakses fitur liriknya.

Setelah upaya uji coba selama beberapa bulan, Spotify disebut-sebut akan memberlakukan aturan baru ini secara masif. Untuk itu, pengguna yang tetap ingin melihat lirik lagu yang diputar, mereka harus berlangganan paket Spotify Premium.

Meski pembatasan tersebut menguntungkan dari sudut pandang bisnis, tetapi banyak pengguna yang mengeluhkan kebijakan baru ini.

Mengutip dari Android Authority, Jumat (4/5/2024), dalam beberapa hari terakhir, beberapa pengguna Reddit menyuarakan rasa kekecewaan mereka terkait pembatasan baru Spotify ini.

Sebagian besar pengguna Spotify gratis kecewa, karena perlu berlangganan Spotify Premium tiap bulan untuk tetap bisa menggunakan fitur yang dulunya gratis selama bertahun-tahun.

Adapun langkah ini disebut dilakukan oleh Spotify agar lebih banyak pengguna yang berlangganan paket Premium mereka.

Sebagai informasi, pengguna Spotify yang tidak berlangganan paket Premium telah mendapatkan beberapa batasan. Contohnya, layanan streaming ini membatasi pengguna gratis untuk melewatkan enam lagu per jam, dan memaksa playlist dimainkan secara acak.

Hal tersebut mengurangi kenyamanan, karena pengguna aplikasi Spotify non-berbayar tidak dapat mengendalikan playlist yang diputar.

Di sisi lain, pesaing Spotify, YouTube Music memberikan lebih banyak fitur bagi pengguna gratis. Mulai dari lagu yang dapat dilompati tanpa batas, iklan yang dapat dilewati, fitur lirik yang dapat dinikmati, dan tidak ada playlist acak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spotify akan Hadirkan Fitur Lossless Audio

Meski mengubah fitur gratis menjadi fitur berbayar, Spotify tetap akan memberikan fitur terbaru yang memberikan pengalaman audio terbaik. 

Setelah penantian panjang, Spotify dikabarkan akan segera memberikan fitur Lossless Audio. Fitur ini menjadi salah satu fitur yang telah ditunggu-tunggu oleh banyak pengguna.  

Mengutip laporan dari Android Headlines, raksasa streaming tersebut sedang bersiap untuk menawarkan audio dengan kualitas tinggi sebagai opsi tambahan untuk pengguna.  

Langkah ini akan membawa Spotify sejajar dengan pesaing layanan streaming audio seperti Apple Music, yang lebih dulu menawarkan fitur streaming berkualitas tinggi.

Sekadar informasi, Lossless Audio menawarkan tingkat detail dan kejelasan suara yang lebih tinggi dibandingkan format audio standar seperti MP3.  

Hal ini bertujuan untuk menyamai kualitas audio seperti rekaman studio asli, yang menjaga kualitas audio yang mungkin tidak dapat dirasakan apabila streaming di format audio berkualitas rendah.

Sebelumnya, layanan streaming ini pertama kali mengumumkan rencana mereka memperkenalkan Spotify HiFi pada bulan Februari 2021.

3 dari 4 halaman

Spotify Music Pro Hadirkan Kualitas Audio Layaknya di Dapur Rekaman

Fitur Lossless Audio akan hadir sebagai tambahan pada paket yang sudah ada, bukan sebagai paket langganan tersendiri. Music Pro akan mencakup alat remixing canggih, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan lagu dengan gaya remix ala TikTok. 

Music Pro juga dapat memperluas fitur AI yang sebelumnya, dengan menawarkan playlist yang lebih cerdas dan pilihan lagu yang lebih dipersonalisasi sesuai dengan selera musik pengguna.  

Secara keseluruhan, Music Pro tampaknya dirancang untuk menarik banyak pengguna, baik audiophile maupun pendengar biasa, dnehan memberikan cara baru yang menarik untuk berinteraksi dengan musik.

Hadirnya Lossless Audio akan disambut baik oleh penikmat musik yang menghargai pengalaman mendengarkan dengan kualitas terbaik.  

Meskipun rumor menyebutkan hal ini akan segera menjadi kenyataan, ketidakpastian masih tetap ada. Android Headlines mencatat biaya langganan untuk Music Pro masih belum jelas. Begitu pula dengan berbagai fitur yang mungkin ditawarkan selain Lossless Audio.  

4 dari 4 halaman

Spotify Juga Rilis Fitur Playlist Berbasis AI

Tak hanya menghadirkan Lossless Audio, Spotify akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk hadirkan playlist lagu yang disesuaikan dengan selera musik pengguna.

Mengutip Tech Crunch, Selasa (9/4/2024), fitur baru Spotify bernama AI Playlist ini hanya bisa digunakan untuk pengguna Premium atau berbayar.

Lewat fitur AI Playlist di Spotify ini, pengguna dapat membuat playlist musik kesukaan mereka dengan menggunakan prompt (perintah) sederhana.

Contohnya, jika pengguna membutuhkan musik untuk relaksasi, Anda busa mengetikkan prompt "playlist lagu yang membuat saya merasa santai". Nantinya, AI di Spotify akan membuat playlist berisikan lagu-lagu sesuai dengan suasana.

Bila ada lagu atau playlist tersebut tidak sesuai dengan selera, Anda dapat langsung menghapus trek yang disarankan oleh kecerdasan buatan.

Layanan streaming ini akan memperlihatkan pratinjau semua lagu Anda, sebelum opsi "Create" atau "Buat" di tap. Namun, pengguna juga bisa mengubah masuk di dalam daftar itu.

Sayangnya, fitur baru di Spotify ini baru tersedia dalam versi beta di negara-negara tertentu, seperti Inggris dan Australia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.