Sukses

Alarm di iPhone Tak Menyala, Apple Segera Lakukan Perbaikan

Apple disebut telah menyadari bahwa alarm di iPhone tak menyala saat jam yang ditentukan. Perusahaan menyebut akan segera melakukan perbaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna iPhone mengeluhkan alarm yang dipasang di perangkatnya tak berbunyi padahal sudah diaktifkan. Apple pun telah mengetahui masalah ini.

Perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat ini pun kabarnya melakukan langkah cepat untuk memperbaiki masalah alarm iPhone tak berbunyi ini. Demikian dikutip dari BBC, Kamis (2/5/2024).

Pasalnya, bagi banyak orang, ponsel merupakan cara untuk membangunkan mereka karena fitur alarmnya.

Sebelumnya seorang TikToker mengeluh kalau dia mengaktifkan setidaknya lima alarm iPhone tetapi tak ada yang berbunyi.

Pengalaman Tekno Liputan6.com, beberapa hari terakhir alarm yang kami pasang pukul 05.00 pagi di iPhone 12, namun tak pernah berbunyi pada waktunya hingga menimbulkan kesiangan.

Apple mengonfirmasi mereka telah menyadari masalah ini, sayangnya perusahaan belum menjelaskan apa penyebabnya atau apa yang bisa dilakukan pengguna untuk menghindari keterlambatan karena alarm tak berbunyi.

Belum jelas juga berapa banyak pengguna iPhone yang terpengaruh masalah ini atau hanya terbatas pada model iPhone tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terjadi di iPhone X atau yang Lebih Baru

Sebelum ada perbaikan resmi dari Apple, mereka yang kebablasan tidur karena masalah alarm tak berbunyi ini bisa mencoba beberapa solusi sederhana.

Salah satunya untuk mencegah human error, yakni dengan memeriksa ulang pengaturan alarm dan memastikan volume telepon telah diatur.

Meski begitu, ada sejumlah orang yang menyalahkan para desainer Apple dan menyebut kalau ini terjadi karena keanehan fitur "perhatian otomatis iPhone" yang jadi penyebabnya.

Fitur perhatian otomatis iPhone ini tersedia di iPhone X atau yang lebih baru, iPad Pro 11 inci, dan iPhone Pro 12,9 inci.

Beberapa pengguna TikTok pun menduga, jika wajah pengguna yang tengah tertidur menghadap layar iPhone di samping tempat tidur, pada pengaturan telepon fitur-fitur tersebut dapat diaktifkan dan alarm bisa diam sendiri.

3 dari 4 halaman

Peringatkan Pengguna Tak Ngecas iPhone Semalaman

Sebelumnya, Apple, perusahaan pembesut iPhone, mengeluarkan peringatan serius kepada para pengguna iPhone. Peringatan ini terkait dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya. 

Apple meminta agar pengguna tidak membiarkan perangkat mereka terhubung dengan charger semalaman alias Apple mengingatkan pengguna tidak ngecas iPhone semalaman.

 Peringatan ini bukanlah tanpa alasan, karena ternyata kebiasaan mengisi daya iPhone semalaman dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan baterai dan masa pakai perangkat.

Mengutip Apple Insider, Senin (29/4/2024), dalam panduan resmi yang dirilis oleh Apple, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa mengisi daya iPhone semalaman dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas alias overheating. 

Pada gilirannya, panas berlebih dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan umur perangkat.

Oleh karena itu, Apple merekomendasikan pengguna untuk mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan, dan sebaiknya tidak melebihi 80 persen kapasitas baterai.

Sarankan Pengguna Hindari Pakai Charger Tak Resmi

Selain itu, Apple juga menyarankan agar pengguna menghindari penggunaan charger pihak ketiga yang tidak resmi.

Hal ini karena charger yang tidak resmi dapat menyebabkan masalah keamanan dan dapat merusak baterai serta perangkat iPhone.

Apple merekomendasikan penggunaan charger resmi yang telah diuji dan disetujui oleh perusahaan.

 

4 dari 4 halaman

Ngecas Semalaman Bikin Performa Baterai Turun

Menurut Apple, mengisi daya iPhone semalaman juga dapat mempengaruhi performa baterai.

Baterai yang terlalu sering diisi daya secara berlebihan dapat mengalami degradasi yang lebih cepat.

Ini berarti bahwa baterai akan kehilangan kapasitasnya seiring berjalannya waktu, dan pengguna akan mengalami penurunan daya tahan baterai yang signifikan.

Untuk menjaga kesehatan baterai dan memperpanjang umur perangkat, Apple merekomendasikan beberapa langkah yang dapat diambil oleh pengguna iPhone.

Tips isi daya iPhone dari Apple:

Mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan dan tidak melebihi 80 persen kapasitas baterai.Menggunakan charger resmi yang telah diuji dan disetujui oleh Apple.Menghindari penggunaan charger pihak ketiga yang tidak resmi.Menjaga suhu perangkat agar tetap stabil, terutama saat penggunaan intensif atau saat mengisi daya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.