Sukses

Matikan 2 Fitur IOS Ini Agar Baterai iPhone Kamu Makin Awet

Terdapat dua fitur di iOS yang sebaiknya dimatikan agar baterai iPhone kamu lebih awet.

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga daya tahan baterai merupakan upaya yang perlu dilakukan oleh pengguna smartphone agar ponsel dapat menemani aktivitas sehari-hari.

Apple memberikan fitur penting agar baterai iPhone dapat bertahan lebih panjang. Salah satunya adalah fitur Optimized Charging di iPhone yang dapat mengoptimalkan pengisian daya ponsel untuk menjaga masa pakai.

Tak hanya itu, pengguna juga bisa menjaga baterai ponsel dengan menghindari suhu panas saat mengisi daya serta tidak menghabiskan daya baterai hingga kosong.

Kendati demikian, terdapat dua fitur di iPhone yang justru dapat menguras baterai lebih cepat.

Dalam artikel ini Tekno Liputan6.com memberikan cara untuk mematikan dua fitur yang ada di iPhone agar baterai iPhone kamu makin awet, sebagaimana dikutip dari CNET, Kamis (2/5/2024).

1. Hilangkan Widget di Layar Kunci iPhone

Semua widget yang terpasang di layar kunci memaksa aplikasi untuk berjalan di latar belakang. Aplikasi tersebut mengambil data secara terus-menerus untuk menampilkan informasi di Widget, seperti cuaca, skor pertandingan, atau pun data lainnya (tergantung widget yang digunakan).

Penggunaan widget tersebut mengakibatkan baterai iPhone kamu cepat terkuras.

Jika kamu ingin menghemat baterai iPhone, kamu bisa menghapus widget yang terpampang di Lock Screen, berikut caranya:

  1. Tekan dan tahan layar kunci
  2. Klik Costumize
  3. Pilih opsi Lock Screen
  4. Ketuk widget yang terpasang di Lock Screen
  5. Lalu pencet tombol "-" untuk menghapus widget

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Matikan Haptic Feedback di Keyboard iPhone

Keyboard di iPhone memiliki fitur Haptic Feedback yang dapat memberikan kesan seperti mengetik di keyboard fisik.

Cara kerja Haptic Feedback adalah memberikan getaran setiap kali pengguna mengetik sesuati di keyboard iPhone. Fitur ini menghadirkan pengalaman pengetikan yang lebih mendalam.

Meski terlihat sederhana, namun Haptic Feedback dapat menguras baterai iPhone dengan cepat karena fitur ini mengaktifkan mesin getar di ponsel.

Menurut halaman dukungan resmi Apple, Haptic Feedback di keyboard iPhone akan memengaruhi daya baterai di iPhone.

Kendati demikian, tidak ada rincian yang diberikan mengenai berapa banyak masa pakai baterai yang terkuras oleh Haptic Feedback.

Jika kamu ingin menghemat lebih banyak daya di baterai iPhone, kamu bisa mematikan Haptic Feedback melalui cara berikut:

  1. Buka Settings
  2. Pilih Sounds & Haptics
  3. Ketuk Keyboard Feedback
  4. Lalu Nonaktifkan Haptic

Dengan cara ini, getaran pada keyboard saat diketuk akan hilang, dan daya tahan baterai di iPhone kamu akan lebih panjang.

3 dari 4 halaman

Apple Ingatkan Pengguna Tak Ngecas iPhone Semalaman

Untuk menjaga agar baterai lebih awet, produsen iPhone, Apple mengeluarkan peringatan serius kepada para pengguna iPhone. Peringatan ini terkait dengan aktivitas pengguna saat mengisi daya ponselnya. 

Apple meminta agar pengguna tidak membiarkan perangkat mereka terhubung dengan charger semalaman alias Apple mengingatkan pengguna tidak ngecas iPhone semalaman.

 Peringatan ini bukanlah tanpa alasan, karena ternyata kebiasaan mengisi daya iPhone semalaman dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan baterai dan masa pakai perangkat.

Mengutip Apple Insider, dalam panduan resmi yang dirilis oleh Apple, perusahaan tersebut menjelaskan bahwa mengisi daya iPhone semalaman dapat menyebabkan baterai menjadi terlalu panas alias overheating. 

Pada gilirannya, panas berlebih dapat merusak baterai dan mempercepat penurunan umur perangkat.

Oleh karena itu, Apple merekomendasikan pengguna untuk mengisi daya iPhone hanya saat diperlukan, dan sebaiknya tidak melebihi 80 persen kapasitas baterai.

4 dari 4 halaman

Sarankan Pengguna Hindari Pakai Charger Tak Resmi

Selain itu, Apple juga menyarankan agar pengguna menghindari penggunaan charger pihak ketiga yang tidak resmi.

Hal ini karena charger yang tidak resmi dapat menyebabkan masalah keamanan dan dapat merusak baterai serta perangkat iPhone.

Apple merekomendasikan penggunaan charger resmi yang telah diuji dan disetujui oleh perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.