Sukses

Ada Bug di WhatsApp, Penjahat Bisa Kendalikan Perangkat dari Jarak Jauh

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja merilis update keamanan untuk mengatasi bug atau celah keamanan di dalam aplikasi versi iOS dan Android.

Memanfaatkan celah keamanan di WhatsApp ini, pelaku kejahatan dapat mengakses perangkat korban secara remote atau jarak jauh.

Salah satu bug WhatsApp yang kini sudah ditambal adalah CVE-2022-36934, dimana penjahat siber dapat mengeksekusi kode berbahaya hanya dengan melakukan panggilan video.

Mengutip The Hacker News, Rabu (28/9/2022), masalah ini berdampak pada aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Business sebelum versi 2.22.16.12.

Selain bug di atas, platform pesan milik Meta ini juga menambal celah keamanan bug integer overflow.

Hal ini terjadi ketika aplikasi melakukan proses komputasi di ponsel, tetapi tidak memiliki ruang di memori sehingga data di memori akan tumpang tindih.

Sayang, WhatsApp tidak membagikan informasi lebih spesifik tentang bug di aplikasi tersebut.

Namun, perusahaan keamanan siber Malwarebytes mengatakan kedua bug itu ditemukan di komponen aplikasi WhatsApp yang bernama "Video Call Handler" dan "Video File Handler".

Selain itu, pengguna bakal bisa pakai WhatsApp di perangkat iPad dan tablet Android. Saat ini, miliaran pengguna mengakses aplikasi pesan bikinan Facebook itu di perangkat Android, iOS, dan PC.

Pengguna pun telah lama menanyakan kapan WhatsApp versi iPad dan tablet Android akan hadir di perangkat mereka.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

WhatsApp di Tablet Android dan iOS

Ilustrasi WhatsApp dan aplikasi pesan instan. Dimitri Karastelev/Unsplash

Nah, baru-baru ini, Meta sebagai induk WhatsApp mengeluarkan sinyal bahwa pihaknya mulai mengembangkan layanan WhatsApp untuk iPad dan tablet. Bukti visual dan meyakinkan pertama bahwa fitur tersebut baru tersedia saat ini.

Mengutip Gizchina, Senin (26/9/2022), kehadiran fitur WhatsApp di iPad dan tablet Android hanya tersedia bagi pengguna yang mendaftar untuk program beta (pengujian). Perlu diketahui, informasi ini pertama diketahui oleh situs web WABetaInfo.

Sekadar informasi, versi software WhatsApp untuk tablet Android yang pertama ditemukan adalah versi 2.22.21.5 dan 2.22.21.6.

Kedua WhatsApp versi tablet ini menekankan pada penggunaan yang cukup mudah. Pengguna hanya tinggal menambahkan tablet sebagai perangkat baru yang ditautkan, dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Sebelumnya informasi tentang kehadiran aplikasi WhatsApp di tablet Android dan iOS telah diungkap Mei tahun lalu. Namun informasinya menyebutkan, WhatsApp bisa dipakai di tablet sebagai bagian dari mode "Multi-perangkat" yang baru.

3 dari 4 halaman

Hubungkan WhatsApp dari Smartphone ke Tablet

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Meski begitu, rupanya WhatsApp terus mengerjakan pengembangannya dan kini berkembang lebih fungsional.

Sumber menyebut, pengguna dimungkinkan untuk menghubungkan tablet ke smartphone yang memiliki nomor telepon. Oleh karenanya, di bawah dukungan baru ini, pengguna bisa memiliki akses ke fungsi komunikasi platform.

Perlu diingat, fitur ini baru tersedia di versi Beta dan kini hanya tersedia untuk tablet Android. Namun, ada kemungkinan bahwa iPad juga akan kebagian fitur tersebut melalui iPadOS.

Singkatnya, proses menghubungkan sebuah tablet sebanding dengan yang digunakan saat ini, yakni untuk mengakses versi WhatsApp di PC.

Dengan begitu, pengguna akan segera bisa membalas pesan WhatsApp dan melakukan panggilan di tablet juga. Saat ini, pengguna hanya perlu menunggu perilisan luas fitur WhatsApp di tablet Android dan iPadOS. 

4 dari 4 halaman

Kemampuan Edit Pesan yang Sudah Dikirim

Ilustrasi Media Sosial dan Aplikasi Chat | unsplash.com/@christianw

Belum lama ini, aplikasi WhatsApp, mungkin akan menghadirkan fitur pengeditan terhadap pesan yang sudah dikirim. 

Mengutip Phone Arena, Kamis (22/9/2022), sebelumnya Juni lalu ada laporan yang menyebut WhatsApp mengembangkan cara baru yang memungkinkan pengguna mengubah atau edit pesan yang telah dikirimkan.

Kini bocoran baru dari WABetaInfo menyebut, WhatsApp belum melupakan ide membuat fitur edit pada layanan pesannya.

Hal ini terbukti dari versi WhatsApp beta untuk Android terbaru, yakni versi beta 2.22.20.12. Di mana, peneliti keamanan mendapati WhatsApp tengah mengembangkan cara baru yang memungkinkan aplikasi untuk mengganti pesan-pesan yang dikirim dengan versi editannya.

Lebih lanjut, untuk bisa menerima pesan yang telah diedit, WhatsApp akan meminta pengguna untuk menginstal versi terbaru aplikasi. Tentunya setelah fungsi edit keluar.

Saat ini, belum diketahui berapa banyak waktu yang diberi WhatsApp ke pengguna untuk mengedit pesan yang sudah dikirim. Perlu diingat juga, fitur tersebut sedang dalam pengembangan. Sayangnya, tidak ada informasi kapan WhatsApp merilis fitur edit pesan ini ke publik.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.