Sukses

Fitur Baru Telegram Diumumkan, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Telegram, platform pesan pesaing utama WhatsApp ini baru saja meluncurkan sejumlah fitur baru lewat update yang dirilis oleh perusahaan.

Walau semua fitur baru Telegram ini tersedia untuk semua pengguna, perusahaan juga merilis beberapa fitur ekslusif untuk pengguna Premium.

Informasi, Telegram Premium sudah diluncurkan secara global sejak awal tahun ini. Lalu fitur apa saja yang diluncurkan oleh perusahaan lewat update terkini?

Secara singkat, update Telegram kali ini memperkenalkan tampilan baru panel reaction, reaksi tak terbatas dan status animasi emoji untuk pengguna Premium.

Selain itu, pengguna Telegram di perangkat iOS dan Android akan disajikan laman muka login baru, tautan nama pengguna baru, dan masih banyak lagi.

Tanpa panjang lebar, berikut ini adalah fitur baru Telegram yang diluncurkan sebagaimana dikutip dari situs blog perusahaan, Selasa (20/9/2022).

1. Infinite Reactions

Pengguna Telegram kini dapat mengakses ke beberapa reaction (reaksi) yang sebelumnya hanya tersedia bagi pengguna Premium.

Lewat update yang diluncurkan, perusahaan telah mengakomodasi semua emoji baru dan memperluas panel reactions.

Dijelaskan, ikon reaction yang paling sering dipakai akan tampil di bagian atas.

Sementara pengguna Telegram Premium dapat memilih reaksi dari emoji tanpa batas, dan menggunakan 3 reaction per pesan.

Perusahaan saat ini baru hanya tersedia untuk grup dan obrolan pribadi, dimana admin grup dapat mengontrol apakah reaction khjusus dapat dipakai saat chatting di grup atau tidak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. Status Emoji

Logo Aplikasi Telegram

Lewat updata Telegram ini, pengguna Premium akan dapat menambahkan emoji animasi ke status yang akan tampil di sebelah nama pengguna.

Pengguna lainnya juga dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan atau diposting ke status aplikasi Telegram.

Disebutkan, pengguna dapat mengatur 7 status standar yang nantinya akan berubah warna tergantung dari tema Telegram atau mengatur sendiri tampilannya.

3. Tampilan Baru Saat Login

Bagi kamu yang sering keluar masuk dari aplikasi, kini perusahaan akan menerima kode login melalui alamat email atau opsi masuk ke aplikasi menggunakan Apple ID atau akun Google.

Saat login ke Telegram pakai perangkat iOS, pengguna akan ditampilkan antarmuka baru dan animasi yang sudah diperkenalkan lebih awal ke pengguna Android.

 

3 dari 3 halaman

4. Link Username Baru

Ilustrasi Telegram. (Doc: Newsweek)

Hingga saat ini, seluruh @username di Telegram memiliki link mereka sendiri (http://t.me/username) agar pengguna dapat dengan muda membagikan nama mereka ke grup publik hingga kanal Telegram lainnya.

Namun dengan update kali ini, pengguna akan memiliki link (tautan) username baru dalam bentuk http://username.t.me/.

5. Prioritas Download di Android

Walau sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna iPhone, kini Telegram juga membawa fitur prioritas download ini ke pengguna Android.

Dengan fitur tambahan ini di menu Settings, pengguna Android dapat mengatur ulang file download-an. Artinya, mereka dapat dengan bebas memilih file mana yang lebih penting untuk diunduh.

Selain itu, semua media dan file yang diundh akan tampil di tab "Download".

(Ysl/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS