Sukses

500 Lebih Aplikasi pada Paruh Pertama 2022 Tawarkan Fungsi Anonimitas

Menurut Sensor Tower, 515 aplikasi telah diluncurkan dengan kata kunci "anonim" atau memperbarui judul dan deskripsinya untuk menyertakan istilah anonim pada paruh pertama tahun 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset pasar aplikasi mobile Sensor Tower melaporkan aplikasi tanya-jawab anonim NGL mencatatkan nyaris 20 juta penginstalan dalam waktu lebih dari enam bulan sejak diluncurkan. Menariknya, NGL bukanlah satu-satunya aplikasi yang bersandar pada fungsi anonimitas strategi pemasaran mereka.

Menurut Sensor Tower, 515 aplikasi telah diluncurkan dengan kata kunci "anonim" atau memperbarui judul dan deskripsinya untuk menyertakan istilah anonim pada paruh pertama tahun 2022.

Pada tahun 2014, 527 aplikasi diluncurkan atau diperbarui deskripsinya dengan kata kunci "anonim". Angka ini telah meningkat hampir setiap tahun sejak saat itu. Lalu pada tahun 2021, jumlah aplikasi anonim tumbuh menjadi 1.257-hampir dua setengah kali lipat dari ukuran kelompok aplikasi ini pada tahun 2014.

Pertumbuhan ini berpotensi dikaitkan dengan meningkatnya kesadaran konsumen seputar topik privasi data, serta peristiwa dunia seperti protes yang membuat pengguna mencari aplikasi seluler anonim dan terenkripsi.

Aplikasi aktif yang paling banyak diunduh dalam kelompok yang diteliti adalah Safe Security, yang telah mencapai hampir 448 juta pemasangan di seluruh dunia hingga saat ini. Aplikasi ini juga menampilkan kasus penggunaan lain untuk fitur anonim dalam aplikasi: Dalam deskripsinya, aplikasi ini menyoroti bagaimana aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memblokir penelepon anonim.

Aplikasi-aplikasi serupa Safe Security mengalami pertumbuhan terbesar sebagai kategori pertama, yakni Tools, dengan 446 aplikasi diluncurkan atau diperbarui pada tahun 2021. Banyak di kategori ini adalah Virtual Private Network (VPN) dan aplikasi oleh psan, atau mengiklankan diri mereka sebagai aplikasi keamanan.

Kategori terbesar kedua adalah Social dengan 172 aplikasi anonim, diikuti oleh Dating dengan 137 aplikasi anonim pada tahun 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Permintaan untuk Anonimitas dan Enkripsi Meningkat

Sensor Tower menyebut bahwa privasi data adalah salah satu touch point teknologi yang menonjol. Itu terbukti oleh adopsi yang melonjak untuk aplikasi perpesanan terenkripsi selama masa krisis serta diskusi seputar apakah konsumen harus menggunakan aplikasi pelacakan periode yang berpotensi mengekspos data pribadi mereka.

Permintaan untuk anonimitas pengguna juga dapat dilihat di aplikasi media sosial. Karena konsumen dan anggota parlemen menyerukan lebih banyak transparansi dan privasi data dari pembuat aplikasi, jumlah aplikasi anonim kemungkinan akan terus bertambah, baik untuk keamanan maupun hiburan.

Kategori Lengkap aplikasi dengan kata kunci anonim

  • Tools
  • Social
  • Dating
  • Utilities
  • Productivity
  • Communication
  • Lifestyle
  • Game
  • Health and Fitness
  • Entertainment
3 dari 5 halaman

Cara Buat NGL Link yang Viral di Instagram Stories

Tren tanya jawab bersifat anonim kembali marak di media sosial. Saat ini, tren yang menjadi perhatian para pengguna Instagram adalah NGL Link.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, NGL merupakan fitur tanya jawab yang bersifat anonim. Jadi, seorang bisa menyatakan atau mengajukan pertanyaan secara bebas tanpa diketahui identitasnya.

NGL sendiri berarti 'Not Gonna Lie' atau jika diterjemahkan menjadi 'tidak akan bohong'. Pengguna yang ingin memanfaatkan layanan ini biasanya akan mengunggah NGL Link yang telah dibuatnya ke Instagram Stories.

Setelah itu, ia akan membalas apa pun pertanyaan atau pernyataan yang diajukan oleh orang lain. Sebagai informasi, NGL merupakan aplikasi yang dirilis oleh sekelompok kecil desainer asal California, Amerika Serikat pada 7 November 2021.

Hadir sebagai wadah aman untuk para remaja mengekspresikan dirinya, aplikasi ini pun berkembang dengan cepat dan dari updater terkini sudah mendukung 50 bahasa. Aplikasi ini pun bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store.

Nah bagi kamu ingin mengetahui cara membuat NGL Link yang saat ini tengah viral di Instagram Stories. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

4 dari 5 halaman

Langkah-Langkah

  • Download aplikasi NGL: anonymous q&a di Play Store atau App Store
  • Setelah diunduh, buka aplikasi tersebut dan pilih 'Get Questions!'
  • Lalu, masukkan handle Instagram milikmu dan aplikasi akan memproses tautan
  • Apabila tautan sudah dibuat, kamu tinggal menyalinnya ke Instagram Stories
  • Untuk melakukannya, kamu tinggal membuka aplikasi Instagram dan buat Stories
  • Setelah akses ke Instagram Stories terbuka, kamu pilih ikon Stickers
  • Cari dan pilih Link, lalu paste link yang tadi sudah disalin
  • Respons yang diberikan orang lain akan bisa dilihat melalui Inbox yang ada di aplikasi NGL
  • Kamu bisa memberikan respons balasan dari orang lain dan mengunggahnya kembali di Instagram Stories
5 dari 5 halaman

Infografis 4 Cara Atasi Error Aplikasi PeduliLindungi (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.