Sukses

Telkomsel Gunakan Pusat Data neuCentrlX Milik Telkom

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi telah mengubah mengakselerasi transformasi digital. Terlebih, tren Work From Home (WFH) di dunia usaha pascapandemi pun menyebabkan permintaan akses internet cepat dan pusat data (data center) di Indonesia meningkat.

Guna memfasilitasi penerapan WFH, banyak pelaku bisnis memilih pusat data jenis colocation daripada konvensional. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) mengoptimalkan ceruk pasar tersebut dengan menghadirkan layanan pusat data neuCentrIX.

neuCentrIX memiliki daya dan sistem pendingin efisien dan menyediakan dukungan 24/7 di setiap lokasi pusat data, sehingga dapat mereduksi biaya penempatan tim IT khusus ketika terjadi masalah.

Baru-baru ini, NeuCentrIX berkolaborasi dengan Telkomsel guna mewujudkan visi operator seluler pelat merah itu menjadi penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle nomor wahid.

"Telkomsel kini dapat menggunakan layanan yang ada di dalam NeuCentrIX untuk mengakses produk digital lokal maupun global serta memenuhi kebutuhan broadband internet untuk mendukung perkembangan bisnis digital perusahaan," kata Deputy EVP Manage Service Telkom DWS Hadi Prakosa.

Hadi menilai bahwa kolaborasi sesama anak usaha Telkom itu dapat menjadi jangkar yang akan menarik para content owner untuk turut memperkaya ekosistem NeuCentrIX.

"Telkomsel akan memperoleh manfaat berupa peningkatan experience pelanggan khususnya untuk game dan video services sehingga memiliki keunggulan bersaing. Selain itu Telkomsel juga dapat meningkatkan performa broadband dan meningkatkan user experience untuk pengaksesan beberapa konten pilihan," ujar Hadi. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Leverage untuk posisi tawar neuCentrIX

Bagi Telkom, kolaborasi itu dapat menjadi sebuah leverage untuk meningkatkan posisi tawar (bargaining position) neuCentrIX terhadap para pelaku OTT dan content provider.

"Pada akhirnya sinergi ini akan meningkatkan value Telkom Group," ujar Hadi.

Sementara itu, VP Network Partnership Management Telkomsel Awal R Chalik menyoroti bahwa kolaborasi perusahaannya dengan NeuCentrIX juga dapat mewujudkan sinergi Telkom dan Telkomsel sebagai pusat ekosistem digital.

"Harapan kami kolaborasi ini bisa meningkatkan competitiveness bagi pelanggan konsumer Telkomsel, dan membuka peluang baru untuk penyediaan solusi ‘smart connectivity’ bagi pelanggan corporate/enterprise, serta mendorong perkembangan industri konten dalam negeri," ujar Awal R Chalik.

 

3 dari 4 halaman

Mitigasi berlapis

Sejak awal pandemi 2 tahun silam ada delapan sektor industri yang diperkirakan bakal menopang perekonomian Indonesia, yaitu e-commerce, makanan, pengiriman, komunikasi online, media dan konten online, keuangan, layanan dan teknologi kesehatan, dan teknologi pendidikan.

Banyak bisnis yang kemudian berkembang berkat penemuan produk atau layanan baru dan bertahan karena berhasil menghadapi perubahan berkat pemanfaatan infrastruktur digital, termasuk penerapan pusat dat ayang tepat.

neuCentrIX dinilai mampu menyediakan layanan psuat data reliabel bagi perusahaan dalam menciptakan tempat kerja virtual andal. 

Untuk memitigasi downtime, perusahaan menerapkan komponen berlapis yang telah diperkuat, termasuk dari sisi bandwidth, konektivitas, sumber daya, dan sistem pendingin. Paduan itu, menurut klaim perusahaan, akan memastikan lebih dari 99% uptime dan ketersediaan lebih baik

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.