Sukses

3 Fitur Apple Watch Ini Dapat Bantu Pengguna Saat Keadaan Darurat

Apple ungkap tiga model terbaru Apple Watch melalui Far out event minggu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengungkap tiga model terbaru smartwatch terbarunya bersamaan dengan iPhone 14 series, yaitu Apple Watch Series 8, Apple Watch SE, dan Apple Watch Ultra.

Pelanggan sudah bisa mendapatkan Apple Watch Series 8 pada 16 September ini. Sementara untuk Apple Watch Ultra akan hadir 23 September mendatang.

Pada model kali ini, Apple menambahkan sejumlah beberapa fitur baru ke dalam smartwatch-nya. Salah satunyadalah emergency.

Fitur ini ditujukan ketika pengguna berada dalam keadaan darurat dan sulit meminta bantuan orang sekitar.

Di dalam fitur emergency tersebut, pengguna dapat menemukan Car Crash Detection atau pendeteksi kecelakaan mobil. Fitur ini akan aktif secara otomatis ketika sensor perangkat menangkap pengguna terlibat kecelakaan.

Car Crash Detection

Fitur ini memanfaatkan sensor terpasang di perangkat untuk membaca data akselerometer, barometer, microphone, GPS, dan sensor lainnya untuk menentukan kondisi pengguna saat terjadi kecelakaan.

Jika perangkat menerima stimulasi tersebut pada sensor-sensornya, fitur akan segera aktif dan melakukan panggilan ke layanan darurat.

Peringatan panggilan muncul dalam bentuk pop-up pada layar Apple Watch. dan pengguna bisa membatalkan panggilan.

Bisa saja sensor salah mendeteksi dan jadi mengaktifkan fitur lalu mengirimkan notifikasi peringatan kecelakaan.

Namun, jika pengguna tidak membatalkan peringatan selama kurun waktu sepuluh detik, perangkat langsung mengoperasikan protokol dengan melakukan panggilan ke layanan darurat untuk menginformasikan adanya kecelakaan.

Apple Watch akan membagikan lokasi perangkat kepada layanan darurat untuk mengetahui lokasi kecelakaan, bersamaan dengan kontak darurat yang bisa dihubungi dan menginformasikan pihak terkait sudah terjadi kecelakaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Waypoint dan Backtrack di Apple Watch Ultra

Dibanderol mulai dari harga USD 799. Apple Watch Ultra disertai dengan dua fitur baru untuk mendukung fitur Waypoint dan Backtrack.

Kedua fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang suka melakukan petualangan di luar ruangan, seperti hiking.

Fitur Waypoint memungkinkan penggunanya menandai beberapa lokasi penting, misalnya lokasi tempat tenda didirikan, signpost yang baru dilewati, pertigaan jalan, atau sumber air.

Dengan ini, pengguna tidak perlu repot berusaha mengingat lokasi-lokasi tersebut saat melakukan perjalanan atau pendakian, sebab perangkat bisa membawa pengguna ke lokasi yang ditandai sebelumnya.

Pengguna bisa menekan Active Button berwarna oranye yang terletak di sisi badan Apple Watch Ultra.

Sementara itu, jika tersesat di jalan, pengguna bisa memanfaatkan fitur Backtrack, yang ditenagai GPS akan membantu pengguna untuk kembali ke lokasi sebelumnya.

 

3 dari 3 halaman

Sirene Darurat

Apple Watch Series 8 (Apple Newsroom)

Satu lagi fitur cerdas dari Apple Watch Ultra. Perusahaan mengembangkan speaker kuat yang terletak di sisi badan Apple Watch Ultra untuk mendukung aktivasi fitur Sirene.

Fitur Sirene yang akan mengeluarkan suara sekeras 86 desibel dan perusahaan mengklaim bisa terdengar sampai sejauh 180 meter atau lebih.

Apple memasukkn fitur tersebut untuk digunakan pengguna ketika berada dalam situasi saat membutuhkan bantuan dan menarik perhatian orang sekitar untuk datang membantu.

Dengan kuatnya suara yang disebabkan Sirene akan membantu pengguna mendapatkan bantuan ketika berada di tempat yang sulit sekalipun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini