Sukses

Xbox Game Pass Agustus 2022 Kedatangan Judul Game Baru, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft menambah deretan judul game ke dalam katalog paruh kedua Xbox Game Pass Agustus 2022, mulai dari 16 Agustus hingga akhir bulan nanti.

Dari informasi yang sudah diungkap, gamer PC Windows dan Xbox akan mendapatkan 4 judul gim yang meluncur perdana menjelang akhir bulan ini.

Seperti bulan-bulan sebelumnya, perusahaan mengumumkan empat judul yang akan menambah jumlah gim di katalog Game Pass Agustus 2022 ini.

Adapun gim pertama yang sudah bisa dimainkan di PC Windows dan konsol Xbox adalah gim berjudul Coffee Talk.

Informasi, Coffee Talk adalah gim buatan studio pengembang asal Indonesia yaitu Toge Productions.

Gamer PC Windows dan konsol Xbox sudah dapat memainkan gim kasual berbasis narasi, dimana gamer harus membuat kopi dan berbicara kepada karakter di dalam gim.

Selanjutnya ada gim berjudul Midnight Fight Express yang rilis perdana di Game Pass, dilanjutkan dengan gim bergenre puzzle Exapunks.

Gamer juga dapat memainkan gim gratis via Game Pass, antara lain Opus: Echo of Starsong - Full Bloom Edition, Commandos 3-HD Remaster, dan beberapa judul lainnya.

Berikut ini adalah daftar lengkap game gratis yang akan menyambangi PC dan Xbox Game Pass Agustus 2022.

16 Agustus

Coffee Talk

23 Agustus

Midnight Fight Express

25 Agustus

Exapunks

Opus: Echo of Starsong - Full Bloom Edition

30 Agustus

Immortality

Immortals Fenyx Rising

Tinykin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Microsoft vs Sony

E3 2016 akan jadi ajang tepat konsol baru muncul. (Playstation.de)

Microsoft baru saja mengungkap informasi mengejutkan tentang persaingan mereka dengan Sony. Perusahaan mengklaim, Sony membayar "hak pemblokiran" untuk mencegah pengembang game merilis gim buatan mereka ke Xbox Game Pass.

Pernyataan tersebut merupakan bagian dari dokumen yang diajukan ke regulator kompetisi nasional Brasil, dan bagian dari tinjauan akuisisi Microsoft atas Activision Blizzard.

"Kemampuan untuk menambah konten ke Game Pass terhambat oleh keinginan Sony untuk mengekang pertumbuhan itu," kata Microsoft ke Dewan Administratif untuk Pertahanan Ekonomi (CADE), sebagaimana dikutip dari The Verge, Minggu (14/8/2022).

"Sony membayar 'hak pemblokiran' untuk mencegah pengembang menambahkan konten mereka ke Game Pass dan layanan berlangganan pesaing lainnya," tambah Microsoft.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tidak Ingin Call of Duty Eksklusif di Xbox

Ini tanggal kapan versi beta Call of Duty Modern Warfare bisa dimainkan. (Doc: Activision)

Pernyataan Microsoft ini dipakai untuk melawan klaim Sony, dimana tidak ada yang mampu menyaingi kesuksesan game Call of Duty di pasaran saat ini.

Mereka khawatir bila satu platform mengambil kepemilikannya, maka akan mempengaruhi pilihan konsol dimana konsumen dapat memainkan seri game tersebut.

Dokumen tersebut mencatat, Sony adalah bagian penting dari strategi PlayStation dan menyebut kekhawatiran perusahaan tentang eksklusivitas Activision "tidak koheren".

Microsoft juga menjelaskan, bagaimana Sony telah berusaha keras dengan membayar pengembang agar tidak merilis game buatan mereka di Xbox Game Pass.

4 dari 4 halaman

Microsoft dan Sony Juga Lakukan Taktik Serupa

Xbox 360 (ubergizmo.com)

Informasi, ini bukan taktik baru bagi salah satu pihak. Walau Xbox Game Pass adalah konsep baru, gagasan membayar untuk mencegah game lain rilid di platform lain telah ada untuk sementara waktu.

Salah satu contohnya adalah game Rise of the Tomb Raider, dimana pengambang merilis gim ini satu tahun lebih dulu di Xbox One sebelum akhirnya meluncur di PlayStation.

Di sisi lain, PlayStation telah memiliki sejumlah eksklusif pihak ketiga seperti Final Fantasy VII Remake. Meskipun demikian, ini adalah poin yang valid untuk diajukan oleh Microsoft sebagai tanggapan atas klaim Sony lainnya.

(Ysl/Dam)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS