Sukses

Unboxing dan Hands-On Oppo A57: Bawa Rasa Reno ke Seri A5

Liputan6.com, Jakarta - Oppo A57 baru saja dirilis Oppo untuk para konsumennya di Indonesia beberapa waktu lalu. Lewat smartphone ini, Oppo membawa beberapa fitur yang pertama kali diboyong ke lini A5 Series andalan mereka.

Smartphone terbaru di lini A5 Series ini didukung beberapa fitur dan spesifikasi yang belum pernah ada di seri A5 sebelumnya seperti A55.

Di sini, Oppo menghadirkan berbagai peningkatan di banyak sisi, baik dari segi perangkat keras maupun fitur, di mana beberapa di antaranya dihadirkan di lini atasnya seperti Oppo Reno.

Selama beberapa hari, Oppo A57 sudah ada di meja redaksi Tekno Liputan6.com. Berikut ulasan singkat mengenai first impression alias kesan pertama saya terhadap smartphone ini.

Untuk kelengkapan penjualan, kamu akan menemukan aksesoris pelengkap standar seperti yang bisa ditemukan di berbagai smartphone.

Aksesoris yang bisa kamu dapatkan dalam boks selain ponselnya itu sendiri adalah kartu garansi, panduan, SIM Card ejector, kepala charger SuperVOOC 33W, dan kabel data atau charger, dan softcase.

Untuk perangkatnya sendiri, HP Oppo A57 memiliki desain bagian depan berbentuk waterdrop. Sementara bodi belakangnya hanya terdapat kamera di pojok kiri atas dan tulisan Oppo di pojok kiri bawah.

Pada bagian atas ponsel, kamu tidak akan menemukan lubang apapun. Hanya ada speaker itu pun berada di antara layar dan bagian atas smartphone, tepat di atas kamera selfie.

Sementara, di bingkai sebelah kanan terdapat tombol power yang juga bisa menjadi pemindai sidik jari. Di bodi kiri terdapat dua tombol volume dan slot untuk dua kartu SIM serta microSD. 

Di bagian bawah smartphone ini terdapat speaker, konektor USB-C, mikrofon, serta lubang untuk audio jack 3,5 mm.

Kesan pertama yang saya dapatkan dari smartphone ini tentu saja tipis dan nyaman di tangan, meski ukurannya layarnya cukup besar. Bobotnya pun untungnya juga tidak berat.

Untuk ponsel yang menyambangi kediaman saya adalah Oppo A57 varian warna Glowing Black. Desain ini saya rasa cocok untuk kamu yang lebih suka warna-warna yang lebih "tegas dan kalem" ketimbang desain yang "cantik."

Bagi kamu yang lebih suka warna yang lebih "cantik", kamu bisa melirik Oppo A57 varian warna Glowing Green. Toh, kedua varian warna ini sama-sama membawa desain Oppo Glow, yang membuatnya bebas sidik jari.

Selain itu menurut saya, perasaan yang "berbeda" dan "baru" diberikan dari A57 dibandingkan lini A5 Series sebelumnya, bahkan Oppo A Series lainnya. Mungkin, perasaan ini efek dibawanya fitur hingga desain yang pernah ada di seri Reno ke seri A.

Dari segi desain menurut saya cukup oke meski tak istimewa-istimewa amat. Bingkai kameranya masih enak dilihat karena tidak terlalu menonjol dan simpel, hanya mencantumkan embel-embel "AI Camera" saja.

Untuk tampilan di sendiri masih enak buat dinikmati. Di bawah sinar matahari, layarnya masih bisa terlihat dengan baik. Nah, pada bagian audio, kehadiran dual speaker membantu keluaran suara dari smartphone ini terasa lebih keras.

Suara dari speaker bawah terasa lebih dominan, tapi kualitas dari speaker atas pun menurut saya ini lebih baik dari beberapa smartphone dengan fitur dual speaker lainnya.

Hasil foto menggunakan Oppo A57

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Oppo A57

Untuk spesifikasi, A57 memiliki desain retro modern dengan finishing Oppo Glow. Desain Oppo A57 menghadirkan bingkai 7,99 mm untuk membuat perangkat ini jadi lebih mudah digenggam.

Oppo Glow juga membuat perangkat ini bebas sidik jari dan tahan terhadap goresan, di samping membuatnya terlihat berkilau jika terkena cahaya.

Ponsel ini juga telah menerapkan enduring quality, yang telah lolos enam uji utama termasuk uji jatuh, uji radiasi, uji ketahanan terhadap lingkungan, uji, tangkapan sinyal dan ketahanan terhadap cipratan air.

Untuk ketahanan cipratan air normal, HP Oppo A57 sudah mendapatkan sertifikasi IPX4 Water Resistance.

Kapasitas baterai Oppo A57 sebesar 5000mAh, yang mendukung pengisian daya 33W Supervooc. Smartphone ini diklaim bisa terisi penuh hanya dalam kurun waktu 72 menit.

Untuk pengisian daya selama 10 menit, disebut bisa membuat HP ini dapat dipakai untuk YouTube-an selama 2,8 jam.

Untuk mengatasi panas saat mengisi daya dengan cepat, Oppo A57 membawa teknologi Charging Heat Technology, perlindungan over-voltage dan over-current voltage, membuat pengisian dayanya benar benar aman, meski daya yang dialirkan ke perangkat sangat besar.

Fitur di sektor charging lainnya adalah Optimized Night Charging, yang membantu perangkat untuk mempelajari rutinitas pengguna, untuk menghitung waktu yang tepat untuk memulai mengisi daya ponsel di malam hari.

Fitur lain di sisi pengisian daya smartphone ini adalah Super Nighttime Standby yang akan mengurangi daya baterai dua persen jika perangkat menyala semalaman.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Fitur di Oppo A57

Oppo A57 juga menjadi seri A5 pertama yang mengusung Ultra-Linear Stereo Speakers, yang dilengkapi dengan kehadiran dual speaker. Dengan output linear, perangkat akan memiliki output atau keluaran suara dua kali lebih besar, maksimal hingga 85dB.

Jika masih kurang, Oppo A57 juga membawa fitur Ultra Volume Mode, yang akan meningkatkan keluaran suara 200 persen lebih keras. Teknologi lainnya adalah Dirac 3.0, yang akan membawa peningkatan dan optimalisasi speaker.

Oppo A57 mengusung layar Waterdrop 6.56 inci, Refresh Rate 60 Hz, IPS LCD HD+, 90 persen NTSC Color Gammut, dengan AI Eye Comfort. Sementara di dapur pacu, perangkat ini mendapatkan dukungan dari prosesor Mediatek Helio G35.

Dari segi software, A57 menggunakan sistem operasi terbaru mereka yaitu ColorOS 12.1 berbasis Android 12, yang membawa fitur-fitur populer seperti Flexdrop, untuk mempermudah multi-tasking dengan memperkecil layar aplikasi dan dipindahkan posisinya.

Fitur lainnya adalah Three-finger Translate with Google Lens, untuk mempermudah menerjemahkan ke berbagai bahasa dengan tangkapan layar. Terdapat juga fitur-fitur privasi untuk menjaga keamanan data pengguna.

4 dari 4 halaman

Harga Oppo A57

Oppo A57 juga menghadirkan fitur ekspansi RAM, yang membuat pengguna bisa menambahkan RAM sementara sampai 4GB.

Terdapat juga ekspansi ROM yang gunanya untuk mengoptimalkan penyimpanan, dengan secara otomatis menyimpan data aplikasi sistem dan beberapa data aplikasi media sosial, langsung ke kartu Micro SD.

Sebagai tambahan, Oppo hanya menghadirkan dua fitur di atas untuk para pengguna Oppo A57 di wilayah Indonesia dan India. Kedua fitur tersebut disesuaikan dengan kebiasaan pengguna di kedua negara.

Di sisi fotografi, Oppo A57 hadir dengan konfigurasi 13 MP Main Camera F/2.2 dan 2MP Depth Camera F/2.4. Sementara untuk kamera depannya menggunakan kamera 8MP F/2.0.

Oppo A57 hadir di pasar Indonesia dengan harga Rp 2.399.000 untuk RAM 4GB + RAM Expansion: 1GB, 2GB, 4GB dan ROM 64GB + MicroSD hingga 1TB.

(Dio/Isk)