Sukses

Bos Instagram Beri Penjelasan Usai Diprotes karena IG Tiru TikTok

Bos Instagram, Adam Mosseri, memberikan penjelasan usai banyak mendapat protes termasuk dari Kylie Jenner yang menyebut Instagram kian mirip dengan TikTok.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram Head, Adam Mosseri, buka suara setelah banyaknya kreator yang memprotes tampilan baru Instagram mirip TikTok.

Dua selebritas dunia yang turut mengeluhkan Instagram makin mirip TikTok adalah kakak beradik Kylie Jenner dan Kim Kardashian.

Melalu video di Instagram, Mosseri pun menjelaskan perubahan Instagram baru-baru ini ke pengguna.

Mengutip CNBC, Rabu (27/7/2022), Mosseri sadar ada banyak perubahan di Instagram. Terkait protes pengguna soal lebih banyak video yang ditampilkan ketimbang foto, Adam Mosseri mengaku Instagram bakal terus mendukung foto.

Namun ia juga meyakini bahwa tren ke depan, orang akan lebih banyak berbagi video dari waktu ke waktu. Untuk itulah, Mosseri dan tim Instagram akan tetap fokus pada video.

Hal lain yang diklarifikasi Mosseri adalah tampilan layar penuh baik untuk video maupun foto di feed, yang membuat Instagram kian mirip TikTok.

Menurut dia, tampilan layar penuh tersebut hanyalah sebuah uji coba dan belum digulirkan secara permanen ke semua pengguna.

"Ini belum bagus. Kami akan membuatnya agar lebih baik sebelum menggulirkannya ke seluruh pengguna di Instagram," kata Mosseri.

Hal lain yang juga dia klarifikasi adalah soal rekomendasi. Ya, Instagram kini memang penuh dengan rekomendasi tontonan konten video dari orang-orang yang tidak di-follow oleh pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jawaban Mosseri Soal Rekomendasi yang Mengganggu

Hal ini membuat banyak pengguna kesal karena sebagian orang main Instagram untuk berinteraksi dengan teman-teman, seperti yang dikeluhkan Kylie Jenner.

Terkait rekomendasi, Mosseri bilang, rekomendasi dimaksudkan untuk membantu pengguna menemukan konten baru.

"Rekomendasi menjadi salah satu cara paling efektif dan penting untuk membantu pembuat konten menjangkau lebih banyak orang. Jika pengguna tidak tertarik dengan rekomendasi, mereka bisa menutupnya atau menunda semua rekomendasi hingga satu bulan," katanya.

Mosseri menyelesaikan video dengan meminta feedback dari pengguna.

Diprotes Kylie Jenner dan Banyak Pengguna Instagram

Baru-baru ini, jika pengguna membuka Instagram, mereka bakal sadar kalau ada lebih banyak Reels pada feed dan lebih sedikit engagement di unggahan pengguna.

Platform Instagram pun jadi kian mirip dengan TikTok dan hal ini tidak dirasakan oleh satu atau dua orang saja. Keluhan tersebut disetujui oleh pemilik akun dengan follower terbanyak nomor dua di Instagram, Kylie Jenner.

Unggahan Kylie Jenner tampaknya memperlihatkan ketidaksukaannya terhadap tampilan baru Instagram yang lebih banyak mengedepankan Reels. Unggahan Kylie serupa dengan yang dibagikan banyak orang. 

"Make Instagram Instagram again. Berhenti menjadi seperti TikTok, saya hanya ingin melihat foto-foto teman-teman saya. Salam, semua orang," begitu bunyi tulisan yang diunggah Kylie Jenner di Instagram Stories-nya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Semua Video di Instagram Bakal Jadi Reels

Bagi banyak orang, Reels dianggap merupakan produk Instagram yang digadang-gadang hasil tiruan dari TikTok.

Belum lama ini, Instagram juga memberi insentif kepada kreator yang membuat Reels dengan memberikan bonus berupa uang tunai.

Untuk mendapatkan insentif, Instagram juga melarang kreator untuk mengunggah ulang postingan yang sebelumnya sudah diunggah di TikTok.

Sebelumnya, Instagram memang menghadirkan perubahan tampilan. Di mana, kini Instagram menghadirkan efek layar penuh pada semua video. Selain itu belum lama ini bos Instagram Adam Mosseri mengungkap, semua video yang diunggah ke Instagram otomatis akan menjadi Reels.

Kylie Jenner diketahui punya 360 juta followers di Instagram. Tentu menarik melihat apakah Instagram peduli dengan feedback dari Kylie Jenner terkait platformnya.

Ini bukan pertama kalinya Kylie Jenner sebal dengan tampilan baru platform medsos. Sebelumnya pada 2018, Kylie Jenner juga mengaku enggan membuka Snapchat setelah perusahaan mendesain ulang tampilannya.

4 dari 4 halaman

Cara Setop Rekomendasi Follow Akun di Instagram

Ada kalanya rekomendasi akun Instagram untuk diikuti di Instagram ini cukup mengganggu karena timeline Instagram pengguna bukannya berisi unggahan dari orang yang diikuti, tetapi malah dari akun yang tidak dikenal.

Seperti laman Instagram Explore, Instagram mendasarkan rekomendasi pada orang-orang memiliki banyak mutual friends atau koneksi bersama, profil yang dicari oleh si pengguna, atau kontak yang ditemukan di perangkat si pengguna. 

Jika kamu termasuk orang yang merasa adanya rekomendasi akun Instagram orang yang perlu diikuti ini mengganggu, berikut adalah cara untuk menghilangkannya dan tetap privat di Instagram.

1. Scroll pada feed Instagram kamu hingga ada akun yang direkomendasikan untuk diikuti

2. Di samping tulisan "Because you follow (akun tertentu)", tap X.

Jika cara itu tidak cukup, kamu bisa menonaktifkan notifikasi rekomendasi tentang teman yang perlu diikuti.

1. Pada perangkat smartphone, buka aplikasi Instagram

2. Pilih Profile picture

3. Tap ikon garis tiga yang ada di sudut kanan atas laman profile

4. Pilih Setting

5. Ketuk menu Notifikasi

6. Pilih menu Following dan Followers

7. Di bawah Account Suggestions (rekomendasi akun) pilih Off.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.