Sukses

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Tahap 2 Buka Hari Ini, Simak Jadwal Pelaksanaannya

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Beasiswa LPDP Tahap 2 telah resmi dibuka. Pendaftaran tahap kedua ini dibuka setelah sebelumnya tahap pertama dilakukan pada Februari 2022.

Dikutip dari situs resmi LPDP, Senin (4/7/2022), pendaftaran beasiswa LPDP Tahp 2 ini dilakukan mulai 4 Juli hingga 5 Agustus 2022. Seleksi Beasiswa Tahap 2 ini diberlakukan untuk perkuliahan yang diadakan paling cepat Januari 2023.

Oleh sebab itu, seleksi administrasi untuk tahap kedua akan dilakukan pada 8 hingga 19 Agustus 2022. Sementara pengumuman hasil seleksi administrasi tersebut akan diinformasikan pada 22 Agustus 2022.

Selanjutnya, para peserta akan menjalani seleksi bakat skolastik untuk LPDP tahap kedua apada 29 Agustus hingga 10 September 2022. Pengumuman hasil seleksi ini dilakukan pada 15 September 2022.

Proses selanjutnya adalah seleksi substansi pada 26 September hingga 4 November 2022, lalu pengumuman pada 11 November 2022. Program beasiswa LPDP tahap 2 ini mencakup Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Targeted, serta Beasiswa Umum.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar pada tahap kedua ini, proses pendaftaran beasiswa LPDP 2022 dapat mengikuti proses-proses sebagai berikut :

  1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
  2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran
  3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran
  4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis dibuat/diterbitkan pada tahun 2022

Sebagai infromasi, sesuai arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani di awal pembukaan Beasiswa Tahap I lalu, pembiayaan beasiswa untuk generasi terbaik bangsa adalah salah satu bentuk keberpihakan APBN pada pendidikan dan pengembangan SDM secara umum.

Untuk mendukung tercapainya visi Indonesia Maju 2045, salah satu prasyarat adalah tercapainya SDM yang berkualitas. Dalam hal ini, LPDP berkontribusi dalam memperkuat kualitas SDM Indonesia melalui dukungan pendidikan kelas terbaik dunia.

Selama satu dekade perjalanan LPDP, pemerintah konsisten menyisihkan anggaran untuk dikelola dalam Dana Abadi yang totalnya kini telah mencapai Rp119,1T.

Kebijakan ini juga menunjukkan aspek keberlanjutan APBN yang tidak hanya untuk menjawab kebutuhan saat ini namun juga tantangan masa depan, manfaatnya pun juga akan dirasakan dari generasi ke generasi, tak terbatas waktu ataupemerintahan yang akan terus silih berganti.

"Kami berharap agar calon pendaftar tidak menyia-nyiakan kesempatan yang telah terbuka lebar ini dan segera memantaskan diri untuk dapat meningkatkan harkat martabat diri melalui pendidikan," dikutip dari keterangan tertulis LPDP, Senin (4/7/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ketentuan Umum

Selain itu diharapkan agar para calon pendaftar terus mencurahkan pengabdian untuk masyarakat Indonesia dengan masing-masing keahliannya.

Para calon pendaftar juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih terbaiknya setelah menyelesaikan pendidikan sebagai buah dari investasi pendidikan Indonesia untuk membangun Indonesia.

Beasiswa LPDP yang terus diberikan kepada masyarakat Indonesia yang memenuhi persyaratan, diharap akan dapat mampu meruntuhkan berbagai tembok penghalang yang menghambat putera-puteri terbaik bangsa dalam mengakses pendidikan unggul dunia, baikhambatan yang bersifat struktural, kultural, maupun spasial.

Dari sisi kesetaraan gender misalnya, statistik menunjukan lebih dari 51 persen Awardee LPDP adalah perempuan.

Keberpihakan LPDP pada program afirmasi terhadap putera-puteri daerah tertinggal maupun Indonesia Timur yangsebelumnya terkesan jauh dari sorot pembangunan, kini semakin ditingkatkan sosialisasi dan pelayanannya.

Begitu pula dengan masyarakat penyandang disabilitas, telah memilikikesempatan yang sama untuk mengangkat potensi diri dan ikut menjadi solusi pembangunanbangsa.

Ketentuan umum dan teknis dalam kebijakan Beasiswa LPDP Tahap II tahun 2022 ini yang dapat diakses melalui lpdp.kemenkeu.go.id, mencakup program berikut:

a. Beasiswa Afirmasi

b. Beasiswa Targeted

c. Beasiswa Umum

3 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendaftar diantaranya:

1) Seleksi akan dilaksanakan pada 3 tahapan yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Bakat Skolastik, dan Seleksi Substansi (Wawancara). Namun bagi pendaftar yang telah memiliki bukti surat diterima di Universitas yang termasuk dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dan memilih 1 Universitas tersebut sebagai tujuan studi, maka tidak perlu lagi melakukan Seleksi Bakat Skolastik.

2) Wajib melampirkan surat usulan dari pejabat yang berwenang /membidangi SDM untuk seluruh program bagi pendaftar berprofesi PNS/TNI/POLRI. Khusus program PNS/TNI/POLRI tidak bisa mendaftar beasiswa prasejahtera dan kewirausahaan

3) Bagi pendaftar dengan lulusan Luar Negeri, Wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK yang dilakukan melalui website https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/

4) Perlu diperhatikan bahwa setiap program beasiswa memiliki surat pernyataan masingmasingyang harus dipenuhi pendaftar.

5) Pada saat verifikasi NIK, sistem pendaftaran sudah terhubung langsung ke sistem Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI. Sehingga pastikan nomor NIK sesuai dan terdaftar pada data di Dinas Dukcapil setempat.

Seluruh proses seleksi Beasiswa LPDP dilakukan dengan prinsip, good governance, transparan, akuntabel, anti-diskriminasi, dan anti-KKN.

LPDP mengimbau calon pendaftar untuk selalu berpedoman pada informasi yang disebarkan oleh kanal resmi LPDP dan selalu berhati-hati atas segala bentuk penipuan dan tindak kriminal lainnya.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia