Sukses

Gandeng Octopus, Xiaomi Indonesia Luncurkan Inisiatif Daur Ulang Sampah Elektronik

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi Indonesia mengumumkan telah memulai inisiasi pengelolaan daur ulang sampah elektronik. Langkah ini merupakan bagian komitmen Xiaomi untuk memberikan dampak lebih luas dalam ekonomi sirkular dan inovasi rantai pasok di Indonesia.

Untuk melakukan hal ini, Xiaomi Indonesia menggandeng Octopus, platform ekonomi sirkular yang berperan dalam pengelolaan sampah elektronik sekaligus memberdayakan komunitas pelestrasi.

Inisiasi yang dilakukan Xiaomi ini ditandai dengan donasi sampah elektronik secara simbolis oleh Xiaomi Fans dan karyawan Xiaomi Indonesia. Donasi itu dilakukan sebagai bagian dari partisipasi perusahaan dalam Octopus Take Over Jakarta yang digelar di Hutan Kota GBK.

Langkah simbolis tersebut juga menjadi permulaan kerja sama Xiaomi Indonesia dengan Octopus untuk pengelolaan dan daur ulang sampah elektronik. Lalu, Xiaomi Store yang terpilih di Jakarta nantinya menyediakan drop-off point untuk mengumpulkan sampah elektronik tersebut.

"Kami sadar tentang kewajiban untuk lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, inisiatif ini menjadi sebuah gerakan kesadaran bersama Xiaomi Fans dan konsumen kami untuk menghadirkan manfaat bagi lebih banyak orang melalui inovasi dan kolaborasi," tutur Country Director Xiaomi Indonesia, Wentao Zhao dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (30/6/2022).

Perlu diketahui, inisiatif ini tidak hanya ditujukan untuk konsumen Xiaomi. Sebab, masyarakat umum yang ingin berpartisipasi dalam daur ulang sampah elektronik berukuran kecil dapat mendatangi Xiaomi Store di Jakarta untuk melakukan drop-off sampah elektroniknya, dengan lebih dulu mengunduh aplikasi Octopus.

Ada pun 10 lokasi Xiaomi Store yang akan menjadi drop-off point di Jakarta adalah Aeon Jakarta Garden City, Mall Kelapa Gading, Mall Artha Gading, Mall Emporium Pluit, Lippo Mall St. Moritz, Central Park, ITC Roxy Mas, Kota Kasablanka, Gandaria City, dan Mall Pondok INdah.

Nantinya, sampah elektronik tersebut akan secara berkala diambil oleh pelestari Octopus yang kemudian diserahkan pada pengusaha pengolah sampah. Lalu, sampah itu akan diproses dan dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan, sehingga tidak sampai ke Tempat Pembuangan Akhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Xiaomi Rilis 2 Produk Ekosistem Anyar, Ada Smart TV dan Robot Vacuum Cleaner

Untuk diketahui, Xiaomi sebelumnya mengumumkan kehadiran dua produk terbarunya di kategori ekosistem untuk pasar Indonesia. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu memperkenalkan Xiaomi TV Q1E 55 dan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (27/5/2022), Xiaomi TV Q1E 55 merupakan TV pertama dari Xiaomi yang mendukung DVB T-2. Selain itu, TV ini memiliki layar 4K QLED dengan DCI-P3 color gamut yang mencapai 97 persen.

Tampil dengan desain ramping tanpa bingkai, smart TV ini memiliki dynamic range dengan dukungan Dolby Vision dan HDR10+. Selain itu, Xiaomi juga membenamkan teknologi MEMC hingga 60Hz untuk perpindahan dan pergerakan gambar lebih halus.

Xiaomi TV Q1E 55 menjalankan Android TV 10 dan sudah dibekali dengan Chromecast. Karenanya, TV ini dapat dengan mudah terhubung pada smartphone, tablet, atau laptop.

Xiaomi juga menyediakan tombol akses khusus Netflix dan Amazon Prime Video di remote TV yang memiliki kemampuan bluetooth, serta dukungan Google Assistant untuk perintah suara.

3 dari 5 halaman

Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite

Selain TV, Xiaomi juga meluncurkan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite yang memiliki tiga mode, yakni sapu, pel, dan kombo sapu-pel.

Dengan sistem navigasi sensor visual, perangkat ini mampu mengenali setiap garis pembatas untuk secara otomatis menyesuaikan arah dan proses pembersihan lebih optimal.

Tidak hanya itu, Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite ini memiliki kemampuan memanjat ketinggan 20mm, sehingga perbedaan elevasi lantai tidak menjadi persoalan. Perangkat ini juga memiliki desain tipis sehingga mampu menjangkau dan membersihkan berbagai area sempit dengan mudah.

Mi-Robot Vacuum-Mop 2 Lite dilengkapi penampungan debu berkapasitas 450ml dan tangki air 270ml. Perangkat ini memiliki daya hisap mencapai 2.200 Pa serta kompatibel dengan Mi Home/Xiaomi Home App Control, termasuk perintah suara lewat Google Assistant dan Alexa.

Kedua perangkat ini sudah dijual sejak 1 Juni 2022 di Mi.com, Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Akulaku, JD.ID, Xiaomi Store, Xiaomi Shop, serta Erafone.

Xiaomi TV QE1 55 dijual Rp 8.499.000, sedangkan Mi Robot Vacuum-Mop 2 Lite dibanderol Rp 2.799.000.

4 dari 5 halaman

Xiaomi dan Leica Umumkan Kerja Sama, Siap Luncurkan Smartphone Flagship Juli 2022

Di sisi lain, Xiaomi secara resmi mengonfirmasi kabar kemitraanya dengan Leica, untuk meluncurkan smartphone flagship yang akan meluncur di bulan Juli 2022 mendatang.

Meski begitu, kedua perusahaan belum menyebut smartphone apa yang akan mereka luncurkan dalam kerja sama ini, meski beberapa rumor mengatakan perangkat tersebut adalah Xiaomi 12 Ultra.

CEO Xiaomi, Lei Jun, dalam siaran persnya, seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (23/5/2022) mengatakan kedua perusahaan "berbagi ide yang sama mengenai pencitraan seluler."

Lei Jun juga mengatakan, baik Xiaomi dan Leica bersemangat untuk membawa fotografi seluler ke tahap yang berikutnya.

"Xiaomi berfokus untuk menciptakan pengalaman pengguna terbaik, dan selalu berharap untuk mengeksplorasi kemampuan fotografi smartphone secara ekstrem," kata Lei Jun.

Sementara, CEO Leica Camera AG Matthias Harsch mengatakan, adalah sebuah kehormatan bagi mereka untuk bekerja sama secara strategis dalam jangka panjang dengan Xiaomi.

Menurut Harsch, ini adalah "proses kerja sama mendalam yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Harsch menambahkan, Leica dan Xiaomi meyakini perangkat pencitraan smartphone flagship pertama yang mereka kembangkan, akan menjadi kemajuan paling depan di dua perusahaan menjadi terlihat.

Harsch juga menjanjikan "kualitas gambar yang luar biasa, estetika Leica klasik" dan "kreativitas tanpa batas."

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan