Sukses

Xiaomi 12 Ultra Meluncur Juli 2022, Boyong Baterai 5.000mAh?

Xiaomi 12 Ultra dikabarkan akan dirilis pada Juli 2022, selain kamera hasil kolaborasi dengan Leica, kabarnya Xiaomi juga akan memboyong baterai 5.000mAh untuk Xiaomi 12 Ultra.

Liputan6.com, Jakarta - Pembesut smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, telah merilis perangkat Xiaomi 12 series beberapa waktu lalu. Namun ada satu versi yang sampai sekarang belum hadir yakni Xiaomi 12 Ultra.

Jika melihat waktu sebelumnya saat Xiaomi merilis Mi 11 Ultra, tampaknya peluncuran Xiaomi 12 Ultra pun sudah dijadwalkan.

Mengutip Gizchina, Senin (13/6/2022), laporan terbaru mengungkap smartphone flagship Xiaomi 12 Ultra bakal diluncurkan bulan depan, Juli 2022.

Meski belum diluncurkan, sejumlah bocoran spesifikasi Xiaomi 12 Ultra mulai bermunculan. Salah satunya adalah bocoran bahwa Xiaomi 12 Ultra akan hadir dengan baterai 5.000mAh. Informasi ini konsisten dengan kapasitas baterai di generasi sebelumnya, Xiaomi 11 Ultra.

Kolaborasi Xiaomi dan Leica

Bicara Xiaomi 12 Ultra, nilai jual utama dari smartphone ini adalah kameranya. Pasalnya, pendiri sekaligus chairman Xiaomi group dan CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan, kamera di perangkat flagship itu dikembangkan bersama oleh Xiaomi dan Leica.

Kolaborasi dengan Leica disebut-sebut bakal meningkatkan kekuatan Xiaomi dalam bidang pencitraan gambar serta pengalaman fotografi di smartphone.

Teknologi pencitraan kamera flagship Xiaomi yang dikembangkan bersama Xiaomi dan Leica memiliki tiga kamera utama. Xiaomi 12 Ultra akan hadir dengan kamera utama, kamera ultra-wide, dan kamera periskop telephoto.

Smartphone ini juga akan didukung dengan Optical Image Stabilization (IOS). Perangkat ini juga menambahkan algoritma pencitraan Leica untuk mendukung perekaman 8K dan filter video.

Kamera di Xiaomi 12 Ultra kabarnya bakal mendukung warna alami Leica, filter black and white, dan banyak lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kamera Xiaomi 12 Ultra

Laporan terbaru dari leaker Weibo @DCS mengungkap, smartphone Xiaomi 12 Ultra akan dirilis bulan depan. Kamera utamanya akan menggunakan sensor 200MP dengan ukuran 1 inci.

Layar Xiaomi 12 Ultra menggunakan layar Samsung yang juga diperkuat dengan refresh rate 165Hz. Masih dari layar, perangkat ini juga bakal mengusung desain ultra-narrow bezel.

Xiaomi 12 Ultra kabarnya akan didukung pengisian daya cepat 100W, bukan 200W seperti yang sebelumnya diisukan.

Sekadar informasi, saat ini ada lima smartphone flagship Tiongkok yang kabarnya bakal didukung pengisian daya cepat 200W, mulai dari Xiaomi 12 Ultra, flagship baru Mororola, ROG Phone 6, Realme GT2 Master Explorer Edition, dan iQOO 10 Pro.

Sebelumnya, CEO Xiaomi Lei Jun bilang, Leica telah hadir 109 tahun. Perusaahaan pun percaya diri bahwa tone warna dan estetika hasil olahan Leica dipertimbangkan sebagai tolok ukur teratas di dunia kamera.

3 dari 4 halaman

Kerja Sama Xiaomi dan Leica

Disebutkan pula, kerja sama antara Xiaomi dan Leica mencakup banyak hal. Nantinya seluruh pencitraan gambar di smartphone Xiomi, dari optik, pencitraan, pemrosesan gambar, pengalaman, dan lain-lain dipoles bersama oleh kedua belah pihak. Hal ini pun dinilai jadi integrasi komprehensif dari kemampuan pencitraan kedua belah pihak.

Masih dari bagian kerja sama, Leica juga mengirimkan tem engineer mereka ke Beijing untuk bekerja sama dengan engineer Xiaomi dalam mengembangkan kamera di smartphone flagship Xiaomi.

Spesifikasi dan Hardware Xiaomi 12 Ultra

Sementara itu, untuk menunjang performa buasnya, perangkat flagship ini bakal didukung prosesor terbaru Qualcomm, Snapdragon 8+ Gen 1.

Chipset ini menggunakan proses fabrikasi 4nm. Sebagai perbandingan, berbeda dengan prosesor Samsung 4nm, proses 4nm yang dilakukan TSMC diklaim memiliki tingkat hasil yang lebih tinggi dan kontrol konsumsi daya yang lebih baik.

Sekadar informasi, secara khusus, frekuensi maksimum super core Cortex-X2 dari CPU Snapdragon 8+ Gen 1 adalah 3,2 GHz.

Dikatakan juga, saat kinerjanya lebih tinggi, konsumsi daya yang dipakai pun lebih tinggi. Menurut informasi resmi, konsumsi daya CPU akan berkurang sekitar 30 persen dibandingan Snapdragon 8 Gen 1. Sementara, konsumsi daya GPU akan berkurang 30 persen.

Konsumsi daya keseluruhan platform juga akan berkurang sekitar 15 persen dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1.

 

4 dari 4 halaman

Penampakan Logo Leica

Sebelumnya, sejak Januari 2022, beragam informasi terkait tentang Xiaomi 12 Ultra mulai banyak beredar di internet.

Entah itu tentang spesifikasi, tampilan bodi hingga kabar tentang ini model ini akan menjadi HP Android Xiaomi pertama dengan label Leica.

Seperti diketahui, Xiaomi dan Leica sudah mengumumkan kemitraan mereka pada Mei 2022.

Kini, sebuah gambar render buatan Steve Hemmerstoffer alias @OnLeaks yang dibagikan lewat ZoutonUS ini mengungkap lebih detail tentang Xiaomi 12 Ultra.

Dari foto tersebut, HP Xiaomi ini akan tampil dengan panel layar QHD+ AMOLED berukuran 6.6 inci.

Xiaomi 12 Ultra akan mengusung konsep desain layar punch hole, dan sudah mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Bagian belakangnya, ponsel baru Xiaomi ini akan hadir dengan modul kamera berukuran besar yang menjadi tempat 4 lensa dan 3 sensor di dalamnya dengan label "Leica".

Disebutkan, Xiaomi 12 Ultra memiliki konfigurasi kamera 50MP, 48MP (ultrawide), 48MP (periscope), dan 16MP (portrait).

Untuk keperluan selfie, ponsel ini kemungkinan akan dilengkapi dengan kamera 16MP atau 20MP.

OnLeaks menyebutkan, dirinya belum bisa mengidentifikasi secara pasti masing-masing lensa dan sensor di Xiaomi 12 Ultra.

Soal spesifikasi, HP Xiaomi ini akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 terbaru buatan Qualcomm.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.