Sukses

Apa Itu Digital Talent Readiness yang Jadi Salah Satu Materi Tes Telkom Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Hasil pengumuman Rekrutmen Bersama BUMN 2022 untuk TKD dan Core Values BUMN telah keluar sejak Kamis, (9/6/2022). Informasi tersebut bisa diakses di link https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Nantinya, peserta yang lolos akan mengikuti seleksi tahap ketiga, yakni TKB (Tes Kemampuan Bidang), wawancara, serta MCU yang dilakukan sesuai dengan ketentuan masing-masing BUMN.

Tahap ini akan dilakukan mulai 12 hingga 25 Juni 2022.  Adapun alah satu BUMN yang ikut dalam program Rekrutmen Bersama BUMN ini dan ikut menggelar TKB adalah Telkom Indonesia.

Berdasarkan informasi, materi mengenai digital talent readiness disebut akan menjadi salah satu yang dhadirkan dalam tes tersebut. Hal ini dilakukan karena memang Telkom merupakan perusahaan pelat merah di bidang telekomunikasi dan layanan digital.

Dihimpun dari berbagai sumber, digital talent readiness merupakan bagian dari langkah perusahaan untuk mengetahui kemampuan kandidat mengenai dunia atau cara kerja digital.

Dalam hal ini, materi digital talent readiness kemungkinan ingin mengetahui kecapakan dan kesiapan kandidat mengenai dunia digital. Hal ini tentu disesuaikan dengan posisi yang dilamar seorang kandidat.

Lewat tahapan ini, perusahaan tentu ingin mengetahui apakah kandidat tersebut sesuai dengan kebutuhan. Terlebih, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi harus terus berkembang seiring perkembangan dunia teknologi dan digital.

Sementara bagi kamu yang ingin mengecek pengumuman seleksi tahap kedua Rekrutmen Bersama BUMN 2022, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kunjungi link rekrutmenbersama.fhcibumn.id dan login. 
  • Klik pilihan tab menu ‘Lamaran Saya’. 
  • Cek tahapan rekrutmen yang telah dijalani. 
  • Peserta yang dianggap memenuhi kualifikasi terbaik akan mendapatkan undangan untuk mengikuti seleksi tahapan berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Ketentuan Umum Rekrutmen Bersama BUMN 2022

- Seluruh tahapan rekrutmen tidak dipungut biaya apapun. Apabila ada pihak yang meminta biaya/ menjanjikan sesuatu/ menawarkan bantuan atas proses rekrutmen dapat melapor ke Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

- Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online melalui rekrutmenbersama.fhcibumn.id. FHCI tidak menerima lamaran melalui media pengiriman lainnya.

- Seluruh kegiatan seleksi online dan pengumuman tiap tahapan seleksi diumumkan melalui rekrutmenbersama.fhcibumn.id. 

- Seluruh biaya akomodasi dan transportasi selama proses rekrutmen dan seleksi menjadi tanggungan pelamar.

- Seluruh Pelamar diwajibkan mengajukan lamaran dengan melakukan registrasi online melalui rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

- FHCI berhak sepenuhnya menetapkan daftar kandidat yang dinilai memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi.

- Hasil keputusan FHCI bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diganggu gugat.

- Masa waktu registrasi online adalah 14 April s.d. 25 April 2022.  

3 dari 4 halaman

Tata Cara Melamar Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Adapun tata cara melamar Rekrutmen Bersama BUMN 2022 sebagai berikut :

- Pelamar hanya dapat melamar melalui situs web rekrutmenbersama.fhcibumn.id dengan mengikuti petunjuk pendaftaran. Tidak ada jalur lain yang digunakan untuk pengiriman lamaran.

- Pelamar wajib memiliki alamat e-mail pribadi dan nomor telepon seluler yang masih aktif untuk dapat mengikuti proses seleksi. Pelamar dilarang menggunakan alamat e-mail milik orang lain/kantor dalam proses pendaftaran.

- Tidak ada layanan untuk perubahan/koreksi seluruh data-data serta dokumen yang telah dikirim oleh pelamar.

- Untuk memudahkan registrasi online, persiapkan terlebih dahulu beberapa dokumen ini : Foto Profil, KTP, Ijazah/Surat Keterangan Lulus, Transkrip Nilai, SKCK, Dokumen lainnya (Sertifikat Pelatihan, Bahasa Inggris, dll), Surat Rekomendasi. 

- Perlu diketahui, setiap dokumen yang terdiri lebih dari 1 (seperti ijazah untuk 2 pendidikan), wajib untuk disatukan dalam 1 file dokumen.  

4 dari 4 halaman

Erick Thohir Buka Lagi 2.300 Lowongan di BUMN, Siapa Minat?

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menambah kembali kuota rekrutmen dengan skema magang. Ia meyakini kelak akan ada yang menempati posisinya sebagai pimpinan tertinggi kementeri BUMN.

Erick menambah sebanyak 2.300 kuota magang dari sebelumnya 2.700 kuota rekrutmen. Sehingga totalnya menjadi 5.000 kuota rekrutmen.

"Sebanyak 2.700 orang akan diterima, dan akan saya tambah menjadi 5.000 orang, melalui pembukaan magang bersertifikat sebanyak 2.300 orang," katanya mengutip Instagram @erickthohir, Kamis (19/5/2022).

"Saya yakin, adik-adik semua adalah calon Insan BUMN dan calon pemimpin BUMN. Bukan mustahil juga ada yang akan berdiri di sini, di posisi saya sebagai Menteri BUMN," imbuh Erick.

Ia pun mengapresiasi terselenggaranya Rekrutmen Bersama BUMN yang dimotori oleh Forum Human Capital Indonesia. Erick jadi salah satu tokoh kunci saat memberikan pembekalan pada ribuan peserta rekrutmen.

Ia meyakinkan, langkah ini merupakan komitmennya untuk mendorong perekonomian nasional.

"Apresiasi untuk acara Rekrutmen Bersama BUMN. Ini jadi bukti komitmen kami, untuk terus membuka lapangan kerja, menggerakkan perekonomian, dan memberikan kesempatan kepada generasi muda," ujarnya.

(Dam/Ysl)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS