Sukses

Apple Bakal Rilis Mesin Pencari di WWDC 2022, Ingin Saingi Google Search?

Apple dikabarkan akan merilis mesin pencari di ajang konferensi pengembang WWDC 2022. Jika benar mesin pencari ini dirilis, search engine tersebut diramalkan akan jadi pesaing Google Search.

Liputan6.com, Jakarta - Apple bakal menggelar konferensi pengembang WWDC 2022 pada Selasa dini hari, 7 Juni 2022. Pembesut iPhone ini diperkirakan akan mengumumkan pembaruan OS untuk iPhone, iPad, Mac, dan berbagai perangkat lainnya.

Selain update sistem operasi, Apple juga diperkirakan akan mengumumkan mesin pencari atau search engine di WWDC 2022.

Tidak seperti mesin pencari lainnya, Apple digadang-gadang akan merilis mesin pencari yang sangat berorientasi pada privasi penggunanya.

Mengutip Gizbot, Senin (6/6/2022), tech enthusiast sekaligus penulis Rob Scoble mengungkap petunjuk bahwa Apple mungkin saja memberi kejutan kepada para fans dengan merilis mesin pencari.

Scoble mengklaim, informasi tersebut berdasarkan interaksinya dengan orang dalam perusahaan. Menurut sumber orang dalam itu, mesin pencari Apple merupakan produk perusahaan termahal sepanjang masa.

Laporan juga mengungkap, iOS dan Safari telah memiliki jumlah pengguna begitu banyak. Hal itu memungkinkan Apple untuk mengembangkan sebuah mesin pencari bagi para pengguna eksistingnya.

Kehadiran mesin pencari Apple juga digadang-gadang akan menjadi pesaing dari mesin pencari Google Search yang saat ini begitu mendominasi industri.

Sejauh ini, belum banyak informasi yang diketahui tentang produk mesin pencari Apple yang akan datang. Selain itu belum ada informasi yang terkonfirmasi.

Namun di sisi lain, ada spekulasi bahwa salah satu fitur unik di mesin pencari Apple adalah fokusnya pada fitur privasi dan keamanan bagi pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Pesaing Google Search

Sekadar informasi, selama bertahun-tahun, Google selalu mendominasi dalam hal mesin pencari. Bisnis mesin pencari Google berhasil menyumbang setidaknya USD 120 miliar bagi Alphabet, perusahaan induk Google.

Persaingan antara Apple dan Google pun begitu jelas dan berjalan bertahun-tahun lamanya. Jadi, ada kemungkinan Apple sebenarnya mau membuat produk yang bisa menjadi pesaing mesin pencari Google, menghadirkan keunggulannya di bidang privasi dan mendapatkan penghasilan lebih banyak.

Saat ini, Apple diuntungkan dengan Google menjadi mesin pencari default buat browser Safari-nya, yang langsung terinstal di produk-produk Apple.

Google bahkan dipercaya menggelontorkan USD 20 miliar per tahun agar bisa menjadi mesin pencari bawaan di Safari. Namun, jika hal ini ingin terus berlangsung, Apple dilarang merilis produk mesin pencari.

Nah nantinya, jika Apple benar-benar merilis mesin pencari, pengguna Google Search bisa langsung beralih ke mesin pencari Apple.

Apalagi dengan tambahan fitur privasi dan keamanan Apple, akan menjadikan mesin pencari ini sebagai produk berbeda dari mesin pencari lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Cara Nonton Live Streaming WWDC 2022

Sebelumnya diberitakan, konferensi pengembang tahunan Apple, WWDC 2022 bakal digelar hari ini, 7 Juni 2022 pukul 00.01 dini hari.

Dalam ajang ini, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS, itu diperkirakan akan merilis sejumlah produk. Mulai dari iOS 16, iPadOS 16, MacOS 13, dan WatchOS.

Ada kemungkinan di ajang ini Apple akan berbicara tentang realityOS yang akan datang, yang akan dipakai pada headset Mixed Reality di masa depan.

Bukan hanya itu, Apple juga disebut-sebut akan merilis MacBook Air di WWDC 2022.

Lantas, bagaimana cara menyaksikan secara live streaming acara konferensi pengembang Apple ini?

Perlu kamu tahu kamu bisa menyaksikan konferensi pengembang WWDC22 secara online di laman www.apple.com yang juga bisa disaksikan lewat Apple TV.

Cara kedua adalah melalui YouTube. Ya, Apple akan menayangkan live streaming WWDC 2022 melalui kanal YouTube-nya, Apple.

Jika kamu membuka YouTube sekarang dan mencari kanal Apple, sudah ada jadwal live streaming acara WWDC 2022, yang akan tayang pada 7 Juni 2022 pukul 00:00.

Bagi kamu yang ingin menyaksikan WWDC 2022 di YouTube dan tidak ingin ketinggalan, kamu bisa menyetel pengingat yang disediakan oleh kanal tersebut.

Nantinya pihak Apple akan mengirimkan pemberitahuan atau notifikasi sebelum acara.

Berhubung masih dimasa pandemi Covid-19, Apple WWDC 2022 digelar secara online dengan sisi tatap muka yang sangat terbatas.

Rencananya, ajang WWDC 2022 ini akan dimulai pada 6 Juni 2022 pukul 10 pagi waktu setempat atau 7 Juni 2022 pukul 00.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Bakal Rilis iOS 16

Salah satu yang akan dirilis dalam WWDC 2022, menurut Macrumors adalah iOS 16. 

iOS 16

Salah satu pengumuman yang menjadi highlight dan sudah lama ditunggu di WWDC 2022 adalah iOS 16.

Dari berbagai kabar yang beredar saat ini, Apple akan menambahkan fitur Always On Display di iOS terbaru untuk perangkat iPhone ini.

Tak hanya itu, perusahaan juga dikabarkan akan melakukan perubahan terhadap sistem notifikasi dan meningkatkan fitur pelacakan kesehatan di perangkat Apple.

Selain kedua hal itu, analis Mark Gurman dari Bloomberg juga mengatakan, aplikasi pihak pertama Apple juga akan mengalami perubahan di iOS 16.

Messages akan memiliki layaknya "aplikasi media sosial" yang juga menyertakan kemampuan audio messages.

Aplikasi Health bakal memiliki kemampuan untuk manajemen obat, pengingkatan deteksi tidur, dan pelacakan kesehatan untuk wanita.

Lockscreen di iOS 16 juga akan menampilkan fungsi baru--dengan wallpaper yang berkemampuan seperti widget". Informasi, iOS saat ini sudah memiliki widget di homescreen dan menu Today.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.