Sukses

WhatsApp Akan Setop Beroperasi di iPhone dengan iOS 10 dan 11 pada 24 Oktober 2022

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp berencana untuk menghentikan dukungan layanan chatting mereka untuk perangkat iPhone yang masih menggunakan iOS 10 dan 11.

Dilansir WABetaInfo, Senin (23/5/2022), sejumlah pengguna iPhone diminta untuk meng-update OS terbaru mereka bila ingin menggunakan WhatsApp.

Disebutkan, pengguna iPhone dengan iOS 10 dan 11 tidak akan bisa lagi menggunakan layanan WhatsApp setelah 24 Oktober 2022.

Dalam laman web FAQ WhatsApp, perusahan menyarankan agar pengguna HP Apple memakai iPhone dengan iOS 12--minimal.

Karena hal tersebut, pengguna iPhone 5 dan 5c diminta untuk mengganti ponsel yang dipakai ke model yang baru.

Berhubung kedua iPhone tersebut sudah diluncurkan pertama kali pada 10 tahun lalu, besar kemungkinan tidak akan banyak pengguna yang terpengaruh.

Bagi pengguna iPhone 5s, iPhone 6 atau iPhone 6s masih bisa tetap memakai WhatsApp di perangkat Apple mereka tanpa halangan.

Sebelumnya, perusahaan dikabarkan akan menggulirkan fitur baru WhatsApp. Fitur yang dimaksud adalah,WhatsApp membawa pratinjau link ke status update-nya.

Saat ini ketika orang menaruh link atau tautan di status update, pengguna lain tidak bisa mengklik link tersebut.

Namun melalui update yang dilihat WABetaInfo, laporan beta terbaru untuk berbagai perangkat klien, WhatsApp tengah bekerja menghasilkan pratinjau untuk tautan, saat dibagikan sebagai status update.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Mau Bawa Pratinjau Link ke Status Update

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Mengutip Android Police, Selasa (17/5/2022), dalam hasil screenshot di versi WhatsApp iOS, pengguna akan tetap melihat URL atau link dalam bentuk teks biasa, namun akan disertai kartu dengan gambar header (jika ada), judul situs, deskripsi, dan link.

Pratinjau link hanya akan dilihat oleh pengguna lain si pengguna yang menggunggah status update mengizinkan selama beberapa detik sebelum membuatnya.

Itu artinya, meski fitur tersebut dirilis resmi oleh WhatsApp, tidak semua link dalam update status akan menerima pratinjau. Pengguna pun diharapkan selalu berhati-hati dalam mengklik tautan yang dibagikan di status WhatsApp.

Sementara, pada versi desktop, pratinjau terlihat sama, hanya sedikit lebih banyak ruang kosong.

Perlu dicatat, aplikasi WhatsApp di Android telah menghasilkan beberapa bentuk pratinjau untuk tatutan dalam update status, namun tidak sedetail yang terlihat di atas.

Perubahan ini diharapkan akan datang ke Android di beberapa titik di masa mendatang.

 

3 dari 4 halaman

Cara Pakai Fitur Reactions di WhatsApp

Ilustrasi Whatsapp/https://unsplash.com/Adem Ay

Sebelumnya WhatsApp juga merilis fitur Reactions. Reaksi emoji atau fitur Reactions di WhatsApp baru saja resmi diluncurkan. Hal ini dikonfirmasi oleh kepala WhatsApp, Will Cathcart, dalam sebuah video di Twitter dan di blog WhatsApp.

"Kami senang mengumumkan bahwa reaksi akan datang ke WhatsApp dimulai dengan 👍❤️😂😮😢🙏 beserta semua emoji dan warna kulit yang akan datang," ujarnya saat pengumuman fitur tersebut.

Melalui fitur baru WhatsApp ini kamu akan menemukan sejumlah reaksi emoji yang intuitif. Namun sepertinya, fitur ini digulirkan secara bertahap karena tak semua pengguna langsung bisa menggunakannya.

Agar kamu tak penasaran, berikut cara menggunakan fitur Reactions atau reaksi emoji di WhatsApp.

Buka obrolan tempat pesan yang ingin kamu tanggapi.Tekan dan tahan pada pesan yang kamu terima dan ingin kamu tanggapi.Sebuah pop-up akan muncul dengan 6 emoji yang bisa kamu gunakan untuk bereaksi.Pilih salah satu dari 6 emoji itu untuk menggunakannya sebagai reaksi.Reaksi pesan kamu akan muncul di bawah pesan yang kamu pilih sebelumnya.

 

4 dari 4 halaman

Diumumkan Langsung oleh Mark Zuckerberg

CEO Facebook  Mark Zuckerberg (AP Photo/Paul Sakuma, File)

Sebelumnya, CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan kehadiran fitur reaksi emoji di WhatsApp. Informasi tersebut ia umumkan melakui akun resminya di Facebook dan Instagram.

"Reactions di WhatsApp bergulir mulai hari ini," tulis Mark seperti dikutip dari unggahan di Instagram Storiesnya, dikutip Jumat (6/5/2022). Dalam unggahan tersebut, ia juga menampilkan enam reactions yang hadir kali ini.

Ada reactions acungan jempol, hati, tertawa terbahak-bahak, kaget, serta sedih. Sebagai tambahan, ada pula reactions yang kerap diartikan sebagai ucapan terima kasih atau tos.

Dalam unggahan melalui Facebook, Mark Zuckerberg juga menuliskan dalam waktu dekat lebih banyak ekspresi akan ditambahkan di fitur ini. Namun, ada kemungkinan fitur ini akan rilis secara bertahap untuk seluruh pengguna, sehingga saat ini tidak semunya sudah bisa memakainya.

(Ysl/Isk)