Sukses

Daftar Smartphone yang Bisa Update ke Android 13 Beta Bertambah, Cek di Sini

Liputan6.com, Jakarta - Pada acara konferensi pengembang tahunan Google I/O, daftar smartphone yang bisa merasakan update Android 13 beta publik bertambah.

Di antara daftar yang baru, ada Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro. Begitu juga dengan OnePlus 10 dan Oppo Find X5 Pro dan dua tablet dari Lenovo dan Xiaomi.

Versi beta publik dari Android 13 telah tersedia sejak 24 April 2022. Hanya segelintir orang yang memiliki hak istimewa untuk menginstalnya di smartphone, hingga saat ini.

Nah nantinya para penguji beta ini akan bergabung dengan panel pengguna yang lebih luas. Pasalnya, beberapa produsen smartphone memanfaatkan konferensi Google I/O untuk mengumumkan masuknya smartphone mereka ke daftar kelayanan menjajal Android 13 versi beta publik.

Dengan begitu, beberapa perangkat, mulai dari smartphone Xiaomi hingga Oppo kini bisa menguji berbagai fitur baru di Android 13 dalam bentuk pratinjau.

Berikut ini daftar smartphone yang bisa mulai menginstal Android 13 versi beta publik:

- Asus ZenFone 8

- OnePlus 10 Pro

- Oppo Find N

- Oppo Find X5 Pro

- Realme GT 2 Pro

- Sharp Aquos Sense6

- Tecno Camon 19 Pro 5G

- Vivo X80 Pro

- Xiaomi 12 Pro

- Xiaomi 12

- ZTE Axon 40 Ultra

- Tablet Lenovo P12 Pro

- Xiaomi Mi Pad 5

Perlu diingat, Nokia juga mengumumkan bahwa smartphone-smartphone-nya bisa diinstal Android 13 beta public, namun tidak secara rinci mengungkap smartphone mana yang dimaksud.

Sebagai informasi, perangkat-perangkat di atas akan memiliki akses ke beta pertam Android 13, di saat yang sama, smartphone non Pixel biasanya harus menunggu hingga kehadiran beta kedua untuk bisa mencicipi Android 13.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3 Miliar Perangkat Android Aktif di Dunia

Google mengungkap, saat ini ada lebih dari tiga miliar perangkat Android yang aktif di seluruh dunia.

"Android tumbuh menjadi sistem operasi paling populer di dunia, mengirimkan akses, konektivitas, dan informasi kepada orang-orang melalui smartphone-nya. Ada lebih dari tiga miliar smartphone Android aktif per bulannya di seluruh dunia," kata Google dalam konferensi pengembang.

Google menyebut, tahun lalu saja, lebih dari satu miliar smartphone Android telah diaktifkan.

Sementara, smartphone kini masih jadi perangkat komputasi paling populer. Di mana, orang bisa menghubungkan teknologi ke kehidupan mereka, mulai dari TV, mobil, jam, dan lain-lain.

Ada Fitur Peringatan Dini Gempa Bumi di Android 13

Dalam konferensi pengembang tahunan Google I/O, Google tak hanya merilis sejumlah tipe smartphone Pixel baru. Google juga memboyong sistem operasi barunya, Android 13.

Ada banyak fitur baru yang ditambahkan di Android 13. Salah satu fitur yang baru ditambahkan adalah peringatan gempa bumi.

Menurut penjelasan Google, fungsi peringatan dini gempa bumi yang dikembangkan built-in di Android 13 memiliki dua bagian utama.

3 dari 4 halaman

Fitur Peringatan Gempa Bumi

Dikutip dari Gizchina, Sabtu (16/3/2022), bagian pertama adalah ponsel akan menggunakan akselerometer yang ada di smartphone saat ini. Dengan mendeteksi perubahan yang relevan bisa menentukan terjadinya gempa bumi.

Jika smartphone mendeteksi terjadinya hempa bumi, smartphone akan mengirimkan sinyal ke layanan pendeteksi gempa bumi Google dan melaporkan kemungkinan lokasinya.

Server pun akan mengkombinasikan berbagai informasi untuk menentukan apakah gempa bumi benar-benar terjadi. Kemudian sistem akan menentukan di mana lokasi gempa bumi dan seberapa besar skalanya. Terakhir, sistem akan mengirimkan peringatan atau menghubungi kontak darurat.

Meski fitur ini tergolong baru di Android 13, bagi pengguna smartphone Tiongkok, peringatan terhadap gempa bumi bukanlah hal baru.

Baik Xiaomi, Huawei, atau smartphone lainnya telah memiliki sistem peringatan gempa bumi yang ditersedia secara built-in di ponsel.

Prinsip peringatan dini gempa bumi di smartphone Xiaomi, ketika terjadi gempa bumi, seperti prinsip gelombang radio yang ditransfer lebih cepat daripada gelombang gempa.

Selanjutnya sistem akan langsung mengeluarkan peringatan dini, dari beberapa detik hingga 10 detik ke pengguna smartphone Xiaomi di area terdampak.

4 dari 4 halaman

Peringatan Gempa di Ponsel Xiaomi

Para pengguna akan memiliki waktu untuk menghindari bencana yang lebih besar dan memperkecil jumlah korban.

Jika sistem peringatan gempa bumi di smartphone Xiaomi mulai ada sejak 2019, Huawei baru memperkenalkannya pada 2020.

Fitur peringatan gempa bumi Xiaomi menggunakan kotak pop-up untuk mengirimkan peringatan kepada pengguna. Hal ini mengingatkan pengguna ketika jaringan mendeteksi gempa bumi yang akan datang, yang dapat menyebabkan guncangan yang kuat.

Selain itu, sistem juga akan mengidentifikasi lokasi gelombang seismik, daerah episentrum, dan magnitudo gempa. Setelah hitungan mundur peringatan gempa selesai, layanan bantuan darurat akan diberikan.

Sementara itu, sistem Huawei, EMUI 11, mendukung peringatan dini gempa. Ketika terjadi gempa bumi di sekitarnya, ponsel akan mengaktifkan jendela pop-up dan menyembunyikan alarm.

Model seperti ini akan memberikan waktu ke pengguna untuk menyelamatkan diri lebih awal. Sistem Huawei juga menyediakan informasi tentang tempat penampungan darurat dan informasi bantuan medis.

Hal ini pun akan membantu pengguna mendapatkan bantuan tepat waktu saat terjadi gempa bumi. Sayangnya fitur milik Huawei ini masih tersedia di kota Sichuan, Tiongkok. Dengan demikian, baik fitur peringatan gempa Huawei dan Xiaomi memiliki pengoperasian yang serupa.

(Tin/Isk)