Sukses

Kemenangan Bilqis Prasista Atas Akane Yamaguchi Jadi Trending Topic di Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista kini tengah menjadi sorotan para pecinta bulu tangkis Tanah Air. Alasannya, ia berhasil membuat kejutan dalam pertandingan Piala Uber 2022 ketika Indonesia melawan Tim Uber Jepang.

Kejutan Bilqis ditorehkan setelah ia berhasil mengalahkan peringkat pertama dunia Akane Yamaguchi, pebulu tangkis perempuan asal Jepang. Ia berhasil menang dua set langsung dengan skor (21-19) dan (21-19).

Kemenangan ini kian luar biasa karena Bilqis sendiri saat ini merupakan pemain berperingkat 333 dunia. Dengan kemenangannya, Indonesia berhasil mendapatkan poin pertama dalam babak penyisihan Grup A Piala Uber 2022 yang digelar di Bangkok.

"Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak," ujar Bolqis selepas pertandingan seperti dikutip dari keterangan resmi PBSI.

Bilqis menceritakan, strategi yang diterapkan saat pertandingan ini adalah membuat Akane terus berlari, sembari ia juga tetap bertahan dan semangat. Di samping itu, ia juga menyatakan bermain tanpa beban, karena ia merasa tidak ada yang tidak mungkin. 

"Orang tua (Joko Suprianto dan Zelin Resiana), juga berpesan kalau ketemu siapa saja, jangan takut dan selalu yakin. Sebab tidak ada yang tidak mungkin sepanjang mau berusaha dan yakin kita bisa," tuturnya. 

Raihan kemenangan Bilqis di Piala Uber ini juga menjadi perbincangan warganet di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (11/5/2022), keyword Bilqis kini menjadi Trending Topic di Twitter.

Hingga berita ini ditayangkan, keyword ini sudah dicuitkan sekitar 45 ribu tweet. Kebanyakan cuitan memuji penampilan perempuan berusia 19 tahun tersebut.

Bahkan, sejumlah cuitan ada yang menyatakan harapan agar Bilqis menjadi penerus Susi Susanti. Untuk mengetahui seperti apa kicauan warganet mengenai kemenangan Bilqis ini, berikut ada beberapa tweet yang sudah kami himpun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Piala Uber 2022: Atasi Jerman, Indonesia Lolos ke Perempat Final

Untuk diketahui, tim bulu tangkis Indonesia meraih kemenangan kedua pada penyisihan Grup A Piala Uber 2022. Nita Violina Marwah dan kawan-kawan sukses mengalahkan Jerman 5-0 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Selasa (10/5/2022).

Sebelumnya pada laga perdana Piala Uber, tim Indonesia yang bermaterikan pemain muda dan belum punya pengalaman sukses mengalahkan Prancis 5-0. Dua kemenangan ini menjadi modal skuad Merah Putih untuk menantang Jepang pada perebutan juara Grup A.

"Kita syukuri, semua pemain bermain maksimal. Saya salut atas perjuangannya," kata manajer tim Indonesia Hendro Santoso usai pertandingan. "Mereka tidak punya pengalaman dan banyak yang main pertama di Piala Uber, ternyata bisa bermain optimal dan sekaligus menjawab keraguan selama ini."

Performa para atlet badminton Indonesia hari ini memang lebih baik dan terasa lebih nyaman. Tidak ada ketegangan lagi seperti saat lawan Prancis.

"Senang bisa dipercaya turun dan menyumbangkan angka pembuka bagi Indonesia. Secara permainan, saya juga lebih nyaman dan tidak tegang lagi," tutur Komang Ayu Cahya Dewi yang mengalahkan Yvonne Li 21-15 dan 21-13 di partai pertama seperti dikutip dari rilis PBSI.

"Cuma sayang, pertandingan tadi terganggu lampu yang berkali-kali mati. Lebih dari lima-enam kali lampu mati. Hal ini cukup mengganggu konsenstrasi saya. Untung saya sudah unggul jauh," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Maksimal dan All Out

Apa yang dialami Komang Ayu Cahya Dewi, juga dirasakan Amalia Cahaya Pratiwi. Bersama Febrtiani Dwipuji Kusuma, Amalia menang atas ganda putri pertama Jerman Linda Efler/Emma Moszczynski 21-11 dan 21-2.

"Alhamdulillah bisa menang dan sumbang poin yang membuat Indonesia unggul 2-0," ucap Amalia setelah laga. "Hari ini kami bisa bermain maksimal dan all out, bisa mengeluarkan seluruh kemampuan. Hari ini rasanya bisa lebih baik dibanding penampilan kemarin."

Hasil positif juga diraih Aisyah Sativa Fatetani. Pemain tunggal putri kedua ini mengalahkan Ann-Kathrin Spoeri lewat rubber game  21-7, 14-21, dan 21-14 untuk memastikan Indonesia lolos ke perempatfinal.

"Kemenangan ini bisa jadi modal saya lawan Jepang besok. Saya juga makin baik beradaptasi dengan lapangan dan tidak tegang lagi seperti kemarin. Kalau diturunkan lagi, saya akan siap dan fight," tutur Tiva.

4 dari 4 halaman

Hasil lengkap Indonesia vs Jerman

Komang Ayu Cahya Dewi vs Yvonne Li, 21-15, 21-13.

Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi vs Linda Efler/Emma Moszczynski, 21-11, 21-2.

Aisyah Sativa Fatetani vs Ann-Kathrin Spoeri, 21-7, 14-21, 21-14.

Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari vs Annabella Jaeger/Leona Michalski, 21-10, 21-10.

Bilqis Prasista vs Florentine Schoffski, 21-12, 12-21, 21-7. 

(Dam/Tin)