Sukses

Manfaatkan Video Lama Elon Musk, Modus Hadiah Kripto Palsu Curi Rp 19 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Hadiah kripto palsu mencuri jutaan dolar hanya dengan memutar ulang video lama Elon Musk dan Jack Dorsey tentang diskusi panel Ark Invest di YouTube.

Skema ini adalah tipu muslihat lama, di mana mengiming-imingi investasi yang menjanjikan keuntungan dua kali jumlah mata uang kripto yang dikirimkan korban kepada scammer.

Para penipu menghasilkan lebih dari US$ 1,3 juta atau sekitar Rp 19 miliar setelah melakukan streaming ulang versi yang diedit dari diskusi panel tentang cryptocurrency dengan Elon Musk, Jack Dorsey, dan Cathie Wood di konferensi “The Word” Ark Invest, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, scammer menggunakan video lain yang terkait dengan Elon Musk, termasuk peluncuran SpaceX atau video Tesla, untuk mempromosikan hadiah palsu dan mencuri jutaan dolar saat melakukannya.

BleepingComputer menemukan, setidaknya ada 10 saluran YouTube yang mengunggah video diskusi panel tersebut, meskipun dalam format lebih kecil yang diedit untuk memasukkan elemen tambahan guna mempromosikan penipuan, termasuk tautan ke situs web hadiah crypto palsu.

"Temuan kami hanyalah sekilas dari keseluruhan skema, yang kami amati terungkap sejak Maret 2022. Namun, ada laporan bahwa itu terjadi sejak Januari 2022 dan membuat scammer menghasilkan US$ 400 ribu atau sekitar Rp 5,8 miliar hanya dalam tujuh jam," tulis BleepingComputer, dikutip Senin (9/5/2022).

Peneliti keamanan di perusahaan cybersecurity McAfee juga memantau penipuan dan menerbitkan laporan, di mana mereka mengidentifikasi 11 situs web palsu.

Kemudian, McAfee memperbarui posting-an dengan mengatakan bahwa jumlah situs web ini telah meningkat menjadi 26 hanya dalam 24 jam.

Namun, situs web ini muncul setiap hari dan scammer membuat dompet baru untuk menerima dana dari pengguna cryptocurrency yang mudah tertipu. Berikut beberapa situs web palsu yang ditemukan BleepingComputer dan McAfee:

  • ake2x[.]org
  • arknow[.]org
  • teslabtc22[.]com
  • musk-official[.]net
  • arkinvest22[.]net
  • tesla-eth[.]org
  • 2x-musk[.]net
  • elontoday[.]org
  • teslaswell[.]com
  • 2022ark-invest[.]net
  • elonnew[.]org
  • twittergive[.]net
  • 22ark-invest[.]org
  • elonnew[.]com
  • doublecrypto22[.]com
  • 22invest-ark[.]com
  • 2xEther[.]com
  • teslabitcoin[.]org
  • tesla-2x[.]org

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Aksi Jual Pasar Kripto Mulai Stabil di Tengah Sentimen Kebijakan Bank Sentral

Masih berkaitan dengan kripto, Bitcoin (BTC) secara kasar masih datar selama 24 jam terakhir dan turun 6 persen selama seminggu terakhir. Dalam kondisi ini para trader masih berhati-hati dalam mengambil keputusan. 

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu (7/5/2022), Bitcoin (BTC) stabil di sekitar USD 36.000 atau sekitar Rp 521,9 juta (asumsi kurs Rp 14.498 per dolar AS). Secara umum, cryptocurrency diperdagangkan dengan volatilitas yang lebih rendah selama 24 jam terakhir dibandingkan aksi jual yang tinggi sebelumnya. Hal ini terjadi saat pasar kripto masih berada dalam sentimen bearish.

Kripto alternatif (altcoin) juga relatif stabil pada Sabtu, meskipun mayoritas masih berada di zona merah dengan penguatan dipimpin oleh Binance Coin (BNB) yang naik 0,74 persen dan XRP menguat 0,58 persen. 

Pergerakan harga yang berombak selama seminggu terakhir terus mencerminkan ketidakpastian di antara para pedagang, terutama karena risiko makro ekonomi yang terus membayangi. 

Dilansir dari CoinDesk, Sabtu 7 Mei 2022, pada Kamis lalu, Bank of England (BOE) menaikkan suku bunga dan memperingatkan publik tentang penurunan ekonomi. Hal itu memicu kekhawatiran stagflasi, atau inflasi yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang lambat, di kalangan investor. 

Prospek suram BOE adalah kebalikan dari nada optimistis Federal Reserve AS pada Rabu, yang untuk sementara meyakinkan investor kondisi ekonomi AS dapat menahan suku bunga yang lebih tinggi.

Secara keseluruhan, pergeseran dari kebijakan moneter yang akomodatif ke langkah-langkah yang lebih restriktif telah menyebabkan meredanya aktivitas spekulatif di kalangan investor global. Itu bisa menjadi angin sakal untuk saham dan kripto tahun ini. 

Dalam jangka pendek, aksi harga tetap netral, dan beberapa altcoin sempat mendapat manfaat dari lonjakan harga singkat yang terjadi beberapa hari lalu. 

3 dari 5 halaman

Harga Kripto Sabtu Pagi 7 Mei 2022

Sebelumnya, harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas terpantau mulai kembali mengalami pergerakan harga yang beragam, Sabtu pagi, 7 Mei 2022. Namun, mayoritas kripto jajaran teratas masih terkoreksi cukup dalam.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Sabtu pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah 1,22 persen dalam 24 jam dan 6,78 persen dalam sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 35.980,74 per koin atau setara Rp 521,6 juta (asumsi kurs Rp 14.498 per dolar AS).

Ethereum (ETH) juga masih melemah hari ini. Selama 24 jam terakhir, ETH anjlok 1,85 persen dan 4,36 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 2.693,13 per koin.

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) yang pagi ini berhasil sedikit menguat di tengah kripto lain yang melemah. Dalam 24 jam terakhir BNB menguat 0,59 persen, tetapi masih melemah 3,33 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 379,97 per koin.

4 dari 5 halaman

Harga Kripto Lainnya

Kemudian Cardano (ADA) masih di zona merah hari ini. Dalam satu hari terakhir ADA melemah 0,76 persen dan 2,74 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,7845 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih melemah pagi ini. Sepanjang satu hari terakhir SOL melemah 2,74 persen dan 12,77 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 81,94 per koin.

XRP mengikuti jejak BNB yang turut menguat tipis hari ini. Dalam satu hari terakhir, XRP menguat 0,72 persen. Namun masih melemah 1,80 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,5997 per koin.

Terra (LUNA) juga masih melemah hari ini. Terra anjlok 5,38 persen dalam 24 jam terakhir dan 7,68 persen dalam sepekan. Saat ini Terra dihargai USD 78,60 per koin.

Stablecoin seperti Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah sebesar 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya USDT berada di level USD 1,00. Sedangkan USDC harus turun ke level USD 0,9998.

5 dari 5 halaman

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)