Sukses

Oppo Bakal Jual HP Clamshell Lebih Murah Ketimbang Samsung dkk

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan pasar smartphone layar lipat tampaknya akan lebih menarik dengan semakin banyak perusahaan meluncurkan produk buatan mereka masing-masing.

Setelah hanya didominasi Samsung, perusahaan seperti Huawei, Xiaomi, Vivo, dan Oppo dikabarkan sudah bersiap untuk merilis HP layar lipat mereka sendiri.

Oppo adalah salah satu perusahaan yang baru saja memperlihatkan lini smartphone layar lipat pertama mereka, yakni Oppo Find N.

Baru diperkenalkan untuk pasar Tiongkok, ponsel baru Oppo itu langsung ludes dalam waktu yang sangat singkat.

Sukses menjual Find N, Oppo kabarnya sudah mempersiapkan HP clamshell pesaing Samsung Galaxy Z Flip3, Huawei P50 Pocket, dan Motorola Razr.

Tidak seperti pesaingnya, Oppo disebut-sebut akan menjual smartphone barunya ini dengan harga lebih terjangkau.

Dilansir GSM Arena, Kamis (5/5/2022), Oppo 'flip' akan dijual seharga USD 756 atau sekitar Rp 11 jutaan.

Sebagai perbandingan, Huawei P50 Pocket dibanderol USD 1,360 sekitar Rp 20 juta, sementara Galaxy Z Flip3 seharga USD 1,119 atau Rp 16 jutaan.

Berkaca dari harga Oppo Find N yang dijual dengan harga lebih terjangkau dari pesaingnya, bukan hal yang tidak mungkin perusahaan akan melakukan hal serupa di ponsel clamshell-nya tersebut.

Walau masih belum diketahui secara pasti, ponsel flip Oppo ini dikabarkan akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 1 Plus.

Bila memang bakal menggunakan Snapdragon 8 Gen 1 Plus, maka diprediksi HP Oppo ini akan diumumkan paling cepat sekitar musim panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

 

2 dari 3 halaman

Mirip Galaxy Z Flip

Paten smartphone layar lipat Oppo. (Doc: LetsGoDigital)

Lebih lanjut, ponsel layar lipat milik Oppo ini akan mengusung desain clamshell--mirip Motorola Razr hingga Galaxy Z Flip--dengan layar berukuran 7 inci.

Mengutip GSM Arena, Jumat (7/5/2021), ponsel baru milik Oppo ini akan menggunakan layar LTPO--serupa dengan panel OLED, tetapi tidak menguras baterai smartphone.

Dalam hal desain, banyak yang meyakin smartphone baru Oppo ini akan lebih tinggi dan lebar ketimbang Galaxy Z Flip dan Moto Razr.

Seperti smartphone layar lipat dengan desain clamshell, ponsel baru Oppo ini juga memiliki layar kedua yang berukuran 2 inci di bagian luar bodinya.

Nantinya, layar kedua ini berfungsi untuk menampilkan notifikasi, preview saat akan mengambil foto dengan kamera utama atau selfie, dan masih banyak lagi.

Terlepas dari informasi tersebut, saat ini masih belum diketahui mulai dari prosesor yang digunakan, sensor kamera, dan tanggal peluncuran ponsel baru Oppo ini.  

3 dari 3 halaman

Oppo Kewalahan Hadapi Permintaan Oppo Find N

Tampilan smartphone lipat pertama Oppo, Oppo Find N (Dok. Oppo Indonesia)

Di sisi lain, Oppo mengatakan kewalahan menghadapi permintaan untuk Oppo Find N yang baru saja diluncurkan ke pasaran.

Dikutip dari GSM Arema, Selasa (11/1/2022), perusahaan asal Tiongkok itu mengaku kesulitan memenuhi permintaan konsumen. Terlebih, menurut Oppo, saat ini ada 1 juta orang terdaftar yang tertarik dengan smartphone ini.

Menurut President Oppo China, Liu Bobbee, faktor utama tingginya permintaan ini adalah harga smartphone layar lipat ini yang terbilang menarik, yakni mulai dari 7.699 yuan atau sekitar Rp 17 juta.

Selain itu, faktor lain yang juga menarik dari Oppo Find N adalah bentuk yang ringkas dan lipatan yang tidak terlihat di layar bagian dalam.

Namun perlu diketahui, sistem pemesanan di Tiongkok agak berbeda. Sebab, konsumen mendaftar email mereka untuk menerima informasi saat stok masuk, sehingga belum semua konsumen nantinya akan benar-benar membeli smartphone tersebut.

Kendati demikian, Oppo Find N disebut hanya akan tersedia untuk pasar Tiongkok. Karenanya, menarik untuk menunggu informasi lebih lanjut Oppo mengenai smartphone layar lipatnya untuk pasar global.

Sebelumnya, perangkat ini juga dilaporkan laris terjual di Tiongkok. Saking laris manisnya, Oppo Find N juga ditemukan di platform e-commerce dan dijual kembali dengan banderol yang cukup tinggi, jauh melebihi harga resminya.

(Ysl/Isk)