Sukses

Meta Hadirkan Deretan Konten Menarik di Facebook Watch Selama Ramadhan Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Meta Facebook mengumumkan telah bekerja sama dengan kreator konten di Indonesia untuk menghadirkan deretan konten menarik di Facebook Watch selama bulan Ramadhan tahun ini. Konten yang dihadirkan tidak hanya seru dan menghibur, tapi juga memberikan inspirasi.

"Berkolaborasi dengan kreator konten ternama di dunia, termasuk Indonesia, kami menyajikan beragam program unggulan di Facebook Watch yang dapat menjadi teman di saat sahur atau menanti waktu berbuka puasa selama bulan Ramadan tahun ini," tutur Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian dalam keterangan resmi, Senin (18/4/2022).

Menurut Pieter, konten yang hadir di Facebook Watch pada bulan Ramadhan ini sangat beragam, mulai dari inspirasi kuliner lokal, tips untuk menjaga kebugaran di bulan Ramadhan, acara bincang santai, hingga serial televisi favorit.

Salah satu konten yang hadir di di bulan Ramadhan kali ini adalah program hasil kolaborasi dengan food vlogger Tanboy Kun. Lewat program Ramadan Mukbang, Tanboy Kun akan berbagi inspirasi kuliner dan resep makanan viral khas Ramadhan.

Selain Tanboy Kun, kreator Tanah Air lain yang juga ikut meramaikan Facebook Watch di bulan Ramadhan tahun ini adalah Chef Arnold yang berbagi resep dan kiat memasak di rumah. Lalu, ada Ayu Tingting yang berbagi keseharian di Bulan Ramadhan bersama keluarga.

Pengguna juga bisa menyaksikan aksi jenaka Luna Maya menjadi ibu RT, termasuk aktivitas Atta Halilintar bersama Mama Nur dan Baby Ameena. Tidak hanya di Indonesia, Meta juga berkolaborasi dengan kreator seluruh dunia untuk menghadirkan program unggulan di Facebook Watch selama Ramadhan 2022, seperti berikut ini:

Ramadan Talks

Lewat program ini, pengguna Facebook bisa bergabung bersama kreator konten populer dari seluruh dunia untuk bertukar kiat dan berbagi cerita tentang hobi mereka, mulai dari makanan, keberlanjutan lingkungan, hingga membangun sebuah bisnis bersama komunitas mereka.

Staying Fit During Ramadan

Konten ini akan menampilkan Jordan Yeoh, seorang selebriti dan juga pelatih kebugaran dari Malaysia yang akan berbagi tips praktis dan program latihan untuk membantu pengguna tetap sehat sekaligus bugar selama Ramadhan.

Masumiyet

Masumiyet merupakan serial drama Turki yang mengisahkan kisah seorang ibu dan petualangannya menemukan kebenaran.

Iftar with as Star

Konten ini menampilkan persiapan kreator dan figur publik di Pakistan dalam menyiapkan buka puasa.

Tariq Alawda

Tariq Alawda adalah serial drama tematik dengan unsur sejarah yang menampilkan kisah yang mengambil latar belakang di Levant. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

5 Kiat Meta Facebook untuk Tetap Terhubung dengan Komunitas di Bulan Ramadhan

Bagi seluruh muslim di dunia, Ramadhan jadi momen yang tepat untuk berbagi kebaikan dengan sesama, termasuk teman-teman di komunitas.

Dengan dua miliar orang dari seluruh dunia menjalani Ramadan, banyak komunitas muslim yang menjalaninya dengan konsep pertemuan hybrid, baik tatap muka maupun daring.

Tak sedikit komunitas yang membuat berbagai cara dan pengalaman yang berkesan untuk anggota mereka merayakan Ramadan.

Untuk membantu komunitas Muslim menyambut dan merayakan Ramadan, Meta Facebook memberikan kiat bagi komunitas untuk terhubung dan membuat Ramadan berkesan.

1. Cari tahu bagaimana ciptakan kebersamaan saat Ramadan

Meta Facebook mengajak pengguna untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan komunitas mereka selama Ramadan dan bagaimana menciptakan kebersamaan, kegembiraan, dan interaksi di komunitas tersebut.

Momen ini dinilai bisa jadi momen tepat untuk memetakan beragam tipe anggota komunitas hybrid dan memahami bagaimana masing-masing kelompok di komunitas kamu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

2. Siapkan rencana untuk mencapai apa yang diinginkan

Lihat lagi apa yang aktivitas yang pernah berhasil diterapkan di komunitas dan apa yang diharapkan komunitas saat ini?

Hal ini akan membantu pengguna fokus membuat konten dan aktivitas daring maupun tatap muka yang sesuai tujuan dan harapan komunitas.

3 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

3. Cari tahu anggota komunitas yang bisa diandalkan

Lihat anggota komunitas kamu yang paling aktif baik secara offline maupun online, sebagai kandidat utama untuk membantu mengembangkan komunitas.

Ajak anggota ini untuk mendukung inisiatif komunitas selama Ramadan.

4. Manfaatkan jaringan untuk berkolaborasi

Lihat kembali jaringan pertemanan kamu, kenalan di komunitas lain, dan buat inisiatif untuk berkolaborasi dengan komunitas kamu.

Kalau kamu adalah orang yang mengelola grup publik di Facebook, periksa apakah kamu memenuhi syarat untuk menggunakan fitur Brand Collabs Manager.

Penggunaan fitur ini akan membuat komunitas kamu lebih mudah terlihat dan ditemukan oleh sebuah bisnis atau perusahaan yang mencari mitra berkolaborasi di Ramadan ini.

5. Lakukan hal-hal di bawah ini agar konten kian menarik

- Berdiskusi dengan anggota komunitas tetang bagaimana mereka menjalankan Ramadan

- Apakah ada tradisi unik dan menarik selama Ramadan di daerah kamu atau anggota komunitas?

- Rencanakan format konten yang kamu inginkan saat berinteraksi dengan komunitas.

(Dam/Ysl)