Sukses

Android akan Arsipkan Aplikasi untuk Hemat Memori Smartphone

Google tengah mengembangkan fitur baru pada Android yakni pengarsipan aplikasi. Dengan mengarsipkan aplikasi, Google bisa menghemat memori smartphone Android hingga 60 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Google menemukan solusi baru untuk membebaskan atau menghemat memori di smartphone Android. Dalam blog yang diunggah 8 Maret, Google menjelaskan, pihaknya mulai mengerjakan sebuah fitur baru.

Fitur ini memungkinkan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone Android untuk diarsipkan. Maksudnya?

Jadi, ketika seorang pengguna mengarsipkan sebuah aplikasi yang tak lagi sering dipakai, Android akan meng-uninstal sebagian aplikasi tersebut.

Uninstal sebagian aplikasi artinya Android tidak benar-benar menghapus aplikasi yang dimaksud dari smartphone. Google meyakinkan, aplikasi-aplikasi yang telah diarsipkan bisa membebaskan 60 persen memori yang dihabiskan untuk aplikasi tersebut.

Ambil contoh, jika kapasitas sebuah aplikasi 1GB, ketika pengguna mengarsipkannya, memori yang dihemat adalah 600MB.

Product Manager Google Lidia Gaymond dan Vicki Amin mengungkap, "Pengarsipan adalah fungsi baru yang memungkinkan pengguna mendapatkan kembali sekitar 60 persen penyimpanan dengan menghapus sementara bagian-bagian aplikasi, tanpa menghapus aplikasi sepenuhnya."

Dia menyebutkan, aplikasi yang diarsipkan akan tetap ada di Android. Pengguna bisa mudah mengembalikannya ke versi terbaru yang sudah ada di toko aplikasi.

Untuk menyimpan data yang melekat di aplikasi, Android akan membuat file APK dari aplikasi yang sudah diarsipkan. Pengguna bisa memulihkan data yang disimpan dalam aplikasi, mulai dari nama pengguna, sandi, catatan, atau foto saat mereka mengaktifkan kembali aplikasi tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bakal Rilis Akhir 2022

Fitur arsipkan aplikasi ini terbilang cukup berguna. Pasalnya pemilik smartphone Android tak perlu menghapus aplikasi secara berkala untuk memulihkan sebagian memori perangkatnya.

Mereka juga tidak perlu lagi memperluas ruang penyimpanan eksternal di ponsel mereka menggunakan kartu MicroSD atau bahkan mengganti smartphone dengan memori lebih besar.

Pengarsipan aplikasi bakal tersedia di Android pada akhir 2022. Fitur ini ditengarai menjadi fitur baru pada update Android 13 yang versi finalnya dijadwalkan akan rilis September mendatang.

Saat ini, implementasi pengarsipan aplikasi masih dalam tahap awal. Google telah mulai membuat APK yang diarsipkan tersedia bagi semua pengembang menggunakan App Bundle, format rilis untuk Google Play.

3 dari 4 halaman

Usung Manfaat Bagi Pengguna dan Pengembang Android

"Kami kini mulai membuat APK yang diarsipkan. Kemampuan ini tidak akan berfungsi hingga fitur pengarsipan tersedia untuk konsumen di akhir tahun," kata pihak Google.

Dikatakan, fitur pengarsipan aplikasi akan memberi manfaat besar bagi pengguna dan pengembang Android.

"Alih-alih menghapus instalasi aplikasi, pengguna bisa mengarsipkannya dan mengosongkan ruang untuk sementara, nantinya pengguna juga bisa mengaktifkan kembali aplikasi dengan cepat dan mudah," kata Google.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini