Sukses

Pemutar Video YouTube Hadir dengan Tampilan Baru di Android dan iOS

Liputan6.com, Jakarta - YouTube meluncurkan antarmuka baru untuk pemutar video layar penuh aplikasi mobile Android dan iOS-nya. Tampilan baru ini memudahkan pengguna untuk menyukai (like) atau tidak menyukai (dislike) video, melihat komentar, dan membagikan apa yang ditonton.

Tampilan lama video YouTube layar penuh menyembunyikan sebagian besar fitur tersebut di balik gerakan geser ke atas di bagian "more videos".

Sementara, versi tampilan baru ini menempatkannya di bagian depan dan tengah. Untuk menurunkan video terkait, pengguna bisa melihat "more videos" di bagian sudut kiri bawah.

Mengutip The Verge, Kamis (3/2/2022), perubahan tampilan ini hanya muncul ketika pengguna menyaksikan video YouTube dalam layar penuh.

Sementara, sebagian tampilan aplikasi masih terlihat sama ketika pengguna menonton dalam mode potret.

Tampilan baru video layar penuh YouTube di Android (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Sebelumnya pada tampilan potret aplikasi YouTube mobile akan memudahkan pengguna ketika ingin membagikan video yang sedang disaksikan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bisa Bagikan Video dari Mode Layar Penuh

Namun dalam tampilan baru layar penuh, pengguna tetap bisa membagikan video YouTube secara langsung dalam tampilan lanskap.

Dengan tampilan baru layar penuh, pengguna juga bisa melihat komentar-komentar di samping video pada mode lanskap.

Sebelumnya di tampilan lama, pengguna harus mengetuk sesi komentar saat dalam mode potret untuk membukanya, lalu beralih ke layar penuh.

Dengan tampilan layar penuh yang baru, pengguna hanya perlu menariknya dengan mengetuk tombol komentar.

3 dari 4 halaman

Belum Merata ke Semua Pengguna

Perlu dicatat, tampilan baru ini akan hadir untuk pengguna YouTube di iOS dan Android. Menurut juru bicara Google Allison Toh, tampilan layar penuh baru ini telah diluncurkan sejak Senin lalu.

Sayangnya sejauh ini, tampilan layar penuh baru YouTube ini belum bergulir ke semua orang.

Tekno Liputan6.com telah merasakan tampilan baru di perangkat Android, tetapi di iOS tampilannya masih seperti sebelumnya meski aplikasi YouTube sudah diperbarui.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Google

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS