Sukses

Video Seragam Satpam Baru Beredar di Medsos, Warganet Sebut Mirip Polisi India

Warganet menyebut bahwa seragam satpam yang berwarna krem mirip dengan seragam polisi India.

Liputan6.com, Jakarta - Seragam personel Satuan Pengamanan (Satpam) baru-baru ini jadi bahan perbincangan di masyarakat dan media sosial.

Pasalnya, usai diubah warnanya ke cokelat tua mirip dengan seragam polisi beberapa waktu lalu, seragam satpam kabarnya akan diubah lagi menjadi warna krem.

Di media sosial, salah satunya Twitter, beredar sebuah video yang memperlihatkan seragam satpam yang terbaru.

Memang, jika dilihat sekilas, warna atasan dari seragam tersebut nyaris mirip dengan polisi India. Meski begitu, terdapat perbedaan pada warna celana panjang.

Beredarnya video ini pun mendapatkan tanggapan dari warganet. Namun, tidak sedikit yang mengomentari bahwa seragam tersebut mirip dengan seragam polisi India.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menuai Komentar Warganet

Selain menuai komentar soal kemiripan warnanya dengan polisi India, beberapa warganet juga mengatakan keberadaan seragam baru ini akhirnya membuat masyarakat bisa kembali membedakan antara personel satpam dan kepolisian.

Sementara, ada juga yang mempertanyakan motif lain di balik gonta ganti seragam satpam ini, dan tidak sedikit yang mengatakan seragam satpam versi lawas sesungguhnya sudah bagus.

Sebelumnya, Polri akan mengubah kembali seragam satpam yang semula cokelat menjadi berwarna krem. Dilansir Merdeka.com, seragam baru ini rencananya akan diperkenalkan pada 2 Februari 2022.

"Besok pas upacara HUT Satpam baru diperkenalkan warna krem baju seragam satpam yang baru. Acara HUT Satpam diundur tanggal 2 Februari," kata Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Minggu (30/1/2022).

3 dari 4 halaman

Alasan Seragam Satpam Ganti Lagi

Pemberlakuan seragam satpam baru ini dilakukan setelah revisi Peraturan Polisi Nomor 2 tahun 2020 tentang Pamswakarsa selesai. Adapun, penerapan seragam baru tersebut sekitar setahun sejak Perpol selesai direvisi.

Ahmad mengatakan, satpam saat ini menjadi profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, sehingga perlu identitas yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya, serta seragam institusi lainnya.

Menurutnya, warna seragam satpam itu diubah lantaran diperlukan identitas sendiri agar tidak terjadi kebingungan warga masyarakat terhadap Polri dan satpam.

"Namun Satpam tetap memiliki kebanggaan dengan seragam barunya," kata dia.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Respons Komnas HAM dan Polisi Terkait Temuan Kerangkeng Manusia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.