Sukses

Fitur Close Friends Twitter Dikabarkan Mampu Memuat 150 Pengguna Terpilih

Twitter tengah mengembangkan fitur Teman Terpercaya yang mirip dengan fitur Close Friends di Instagram. Fitur ini mampu memuat 150 pengguna tertentu di dalam Close Friends.

Liputan6.com, Jakarta - Twitter tengah mengembangkan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna berbagi cuitan hanya dengan sejumlah akun tertentu. Twitter menamainya dengan Flock.

Fitur ini mirip dengan Close Friends Instagram, yang memungkinkan pengguna Instagram mengunggah IG Story hanya untuk segelintir akun yang masuk daftar teman-teman terdekat.

Sebelumnya, Twitter pertama kali memberikan gambaran sekilas mengenai fitur Close Friends-nya pada Juli lalu. Ketika itu, fitur Close Friends Twitter disebut dengan "Teman Terpercaya".

Sejak itulah, pengembang mobile Alessandro Paluzzi melacak kemajuan hasil kerja Twitter dan menyadari fitur Close Friends mulai terbentuk.

Terbaru, mengutip The Verge, Selasa (25/1/2022), temuan terbaru Paluzzi mengungkap beberapa hal tentang bagaimana fitur Close Friends Twitter ini beroperasi.

Twitter tampaknya bekerja pada halaman yang menampilkan lebih banyak informasi mengenai Flock --fitur Close Friends-- yang menjelaskan, pengguna bisa menambahkan maksimal 150 akun ke daftar teman terpercaya ini.

Hanya pengguna-pengguna yang masuk ke daftar teman terpercaya yang bisa melihat atau membalas cuitan tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Hapus Pengguna di Close Friends

Selain itu, jika pengguna memutuskan tidak ingin seseorang berada di Flock mereka, Twitter menyebut, pengguna bisa menghapus akun siapa pun dari daftar tersebut kapan saja. Teman yang dihapus dari Flock tidak akan mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi.

Paluzzi mengatakan, jika seorang pengguna berada di daftar Flock seseorang dan ia mengirim tweet, akan terlihat label yang muncul di bawah cuitan tersebut. Label yang dimaksud "Anda dapat melihat tweet ini karena penulis telah menambahkan Anda ke Flock mereka."

Hal ini akan memudahkan untuk membedakan antara teman dekat dengan semua orang yang difollow di Twitter.

Untuk mengirim tweet ke Flock pengguna, Twitter akan menampilkan opsi audiens yang dapat dipilih sebelum mem-posting cuitan tersebut. Opsi ini memungkinkan pengguna memilih antara semua pengguna Twitter dan pengguna tertentu yang ingin dipilih.

3 dari 4 halaman

Belum ada Informasi Terkait Peluncuran Fitur Close Friends

Sejauh ini masih belum ada informasi pasti mengenai kehadiran fitur mirip Close Friends Instagram ini di seluruh pengguna Twitter.

"Twitter selalu mencari cara baru untuk membantu orang terlibat dalam percakapan yang sehat. Saat ini kami sedang menjajaki cara untuk membuat orang berbagi dengan cara lebih privat," kata juru bicara Twitter Tatiana Britt kepada The Verge.

Ia mengatakan, belum punya informasi resmi mengenai kapan fitur Close Friends ini bakal dirilis. Namun menurutnya, nantinya fitur tersebut tidak bernama Twitter Flock.

"Kami dapat mengkonfirmasi bahwa Twitter Flock hanyalah nama pengganti," kata Tatiana.

(Tin/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Media Sosial

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini