Sukses

Dorong Komputasi Kuantum, LG Electronics Gabung ke IBM Quantum Network

Liputan6.com, Jakarta IBM mengumumkan bahwa LG Electronics telah bergabung dalam IBM Quantum Network, yang bertujuan untuk memajukan aplikasi industri Quantum Computing atau komputasi kuantum.

Dengan penggabungan ini, IBM akan memberikan LG Electronics akses ke sistem kuantum IBM, serta ke keahlian kuantum IBM dan Qiskit, kit pengembangan perangkat lunak informasi kuantum sumber terbuka IBM.

Dalam pernyataan resmi IBM, ditulis Rabu (19/1/2022), LG Electronics mengemban misi untuk mengeksplorasi aplikasi kuantum di industri.

Hal itu guna mendukung big data, artificial intelligence, connected cars, transformasi digital, IoT, dan robotics applications yang semuanya memerlukan pemrosesan data dalam jumlah besar.

"Dengan memanfaatkan teknologi IBM Quantum, LG akan memberikan pelatihantenaga kerja kepada karyawannya," kata IBM.

Menurut perusahaan, pelatihan ini memungkinkan LG untuk mendalami bagaimana terobosan-terobosan potensial dapat diterapkan pada industrinya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengembangkan Komputasi

Byoung-Hoon Kim, CTO dan Wakil Presiden Eksekutif LG Electronics mengatakan, mereka berencana menggunakan IBM Quantum untuk mengembangkan kompetensinya dalam komputasi kuantum.

"Kami mengemban misi untuk memberi pelanggan nilai yang belum pernah mereka rasakan sejauh ini dengan memanfaatkan teknologi komputasi kuantum pada bisnis masa depan," kata Hoon Kim.

Sementara, Jay Gambetta, IBM Fellow dan VP Quantum Computing, IBM mengatakan, mereka menyambut LG Electronics dalam ekosistem komputasi kuantum yang sedang berkembang di Korea.

"Dengan terjalinnya hubungan antara IBM dan LG Electronics, LG dapat mengeksplorasi jenis masalah baru yang terkait dengan teknologi yang muncul dan akan membantu penguatan kemampuan kuantum di Korea," katanya.

3 dari 4 halaman

Komputasi Kuantum

Komputasi kuantum dinilai sebagai evolusi yang menarik dalam komputasi.Komputer klasik sendiri melakukan komputasi dalam bit yang merepresentasikan 0 dan 1.

Sementara, komputer kuantum menggunakan qubit yang memanfaatkan fenomena mekanika kuantum seperti interferensi dan keterkaitan dalam komputasi untuk memecahkan masalah yang secara fundamental tidak dapat dipecahkan komputer klasik.

Hasilnya, komputasi kuantum sangat cocok untuk membantu mengeksplorasi pendekatan baru dalam pemecahan masalah seperti yang ada dalam strategi inovasi terbuka LG Electronics.

Strategi inovasi terbuka ini termasuk big data, artificial intelligence, connected cars, transformasi digital, IoT (Internet of Things), dan robotics applications.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia